Wednesday, December 12, 2018

TANJUNG LAYAR SAWARNA DESTINASI WISATA BANTEN YANG BIKIN KANGEN

Tanjung Layar

Pemandangan Daylight
Mendengar nama Tanjung Layar yang terlintas adalah dia batu besar menjulang bak Layar sebuah perahu. Ya betul sekali, salah satu daya tarik dari tujuan wisata di Banten adalah Desa Sawarna yang memiliki deretan pantai selatan yang indah dengan karakter ombaknya yang tinggi. Salah satu destinasi wisata di Sawarna adalah Tanjung Layar. Sebenarnya saya sudah beberapa kali mengangkat tulisan tentang Sawarna namun kali ini yang akan di tulis adalah bagian dari Sawarna yaitu Tanjung Layar.

Tanjung Layar menjadi salah satu bagian penting dari geliat wisata di Sawarna. Menjadi pusat dari segala tujuan bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Sawarna. Sebagai pecinta fotografi yang paling banyak di lakukan oleh mereka-mereka yang akan 'hunting' foto di Sawarna memiliki jadwal yang hampir polanya sama. Yaitu hari Jumat berangkat menuju Sawarna , sampai di Sawarna pagi langsung memotret sunrise, pilihan pagi pertama adalah di Karang Taraje atau Karang Bodas atau sekarang pun sunrise bisa di lakukan di Cibobos (setengah jam sebelum sawarna) kemudian siangnya istirahat dan sorenya Sunset di Tanjung Layar. Kenapa Tanjung Layar menjadi pusat bertemunya sekaligus pusat geliat ekonomi rakyat? karena disinilah tempat yang paling banyak wisatawan. Kalau soal penginapan sangat berkembang pesat dari yang murah hingga yang mahal ada.
View tanjung Layar

Tanjung Layar dari sisi barat

Sisi lain Tanjung Layar

Infrastrukturnya juga sudah enak. Untuk mencapai Tanjung Layar dari Ciantir dapat di tempuh dengan menggunakan jasa ojek ataupun berjalan kaki. Panorama yang indah dengan gugusan batu Layarnya dan juga terdapat batu-batu karang di sekitarnya menambah keindahan tanjung layar. Apabila surut maka Tanjung Layar dapat di dekati oleh pengunjung meski harus tetap waspada karena ombak dapat sewaktu waktu menghempas dengan dahsyatnya.
Karakter Ombak di Sawarna seperti pada umumnya pantai laut selatan besar dan tinggi.

Untuk mengabadikan Sunset di Tanjung Layar dapat memilih view yang di inginkan meski kadang bocor oleh para pengunjung namun pandai pandailah memilih view untuk mendapatkan foto yang ciamik. Peralatan dan perlengkapan fotografi juga harus di persiapkan jangan sampai ketinggalan.

Bagi yang berniat hanya sekedar mencari sunset maka tidaklah sulit karena selepas sunset selesai dapat langsung pulang namun bagi yang ingin menginap banyak sekali homestay yang nyaman di Ciantir. Pengunjung juga tidak perlu kuatir akan kelaparan karena di sekitar Tanjung Layar terdapat banyak warung-warung milik warga sekitar yang menyediakan berbagai makanan. Penduduk Lokal sangat ramah terhadap wisatawan yang datang sehingga jangan malu malu untuk bertanya.

Umumnya sih para pemburu foto selama berada di Sawarna akan menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar 150-200rb untuk dua hari tergantung negosiasi. Jasa ojek di sini sudah merangkap sebagai guide dan porter jadi jangan sungkan-sungkan untuk meminta tolong ke mereka untuk menunjukkan spot foto yang bagus dan membawakan barang-barang yang kita bawa. Jika ingin memberi tips lebih itu tergantung masing-masing orang.
Keberadaan Langitnya yang ngangenin

Lantas apa sih keistimewaan dari tanjung layar ini? ya keistimewaannya adalah terdapat dua batu layar itu, meski sering motret namun tempat ini selalu membuat kangen, kangen dengan suasananya dan tentu saja yang di cari oleh fotografer adalah kondisi langit yang berbeda beda.

Berikut tips memotret sunset di Tanjung Layar :

1. Siapkan Kamera, Tripod, Filter, Memory Card
2. Cari Spot yang aman dan Nyaman
3. Memakai sandal yang Nyaman dan tidak licin
4. Pahami karakter awan dan langit kadang-kadang gerimis sebentar hingga menjelang magrib malah cetar tuh jadi harus sabar
5. Selalu waspada

Mau mengulangnya? yuk

No comments:

Post a Comment