Tuesday, June 20, 2023

GOA SUNYARAGI CIREBON

 




Goa Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi merupakan situs bersejarah yang terletak di kota Cirebon tepatnya di kelurahan Sunyaragi, Kesambi – Cirebon.  Konstruksi bangunan situs ini berupa taman air, sehingga Gua Sunyaragi disebut juga Taman Air Sunyaragi. Goa Sunyaragi memiliki kontruksi yang terbuat dari batu karang yang konon di ambil dari gunung Kidul yang direkatkan dengan putih telur. Batu karang sebagai pembuktian kalau hidup itu keras, tidak seperti terumbu karang aslinya yang lentur.

Kemudian, susunan terumbu karang ini dibuat dengan model batik Wadasan, atau yang sekarang dikenal dengan model batik Mega Mendung. Filosopinya “gantungkan cita²mu setinggi langit” yang artinya manusia harus dapat menahan amarah pada dirinya dalam kondisi terpuruk, sedih dan tertekan. Selalu bersikap bijaksana dalam kondisi apapun layaknya awan yang mendung dan menyejukkan suasana.

Sedangkan ma putih telur, menurut catatan sejarah, putih telur memiliki makna bahwasannya putih artinya suci, telur artinya bulatkan tekad.


Arti dari Goa Sunyaragi sendiri berasal dari kata sunya yang artinya sepi dan ragi yang artinya raga. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta. Sehingga tempat ini di percaya sebagai tempat untuk bertapa. Namun demikian Goa Sunyaragi merupakan salah satu taman Kaputren milik Kesultanan Cirebon. Sebagai taman kaputren pengganti setelah taman kaputren luhur giri saputra negara berubah fungsi menjadi taman pesarean atau pemakaman, atau sekarang taman pemakaman sunan gunung jati. Taman kaputren panyepi ingraga ini menggunakan konsep kearifan lokal, taman kaputren tempat bermain putra putri. Tapa yang dimaksudkan tidak berarti bertapa, akan tetapi lebih kepada berkhalwat, bertawasul, atau beri’tikaf.



Sejarah singkat berdirinya goa sunyaragi terdapat  dua versi yang berkembang. Versi pertama adalah berita lisan mengenai sejarah berdirinya Goa Sunyaragi yang disampaikan secara turun temurun oleh para bangsawan Cirebon. yang dikenal dengan sebutan Carub Kanda.

Menurut Caruban Kandha dan sejumlah catatan dari Keraton Kasepuhan, Goa ini dibangun karena Pesanggrahan Giri Nur Sapta Rengga berubah fungsi menjadi tempat pemakaman raja-raja Cirebon. Hal tersebut dihubungkan dengan perluasan Keraton Pakungwati yang terjadi pada tahun 1529 M, yaitu dengan pembangunan tembok keliling keraton, dan lain-lain, kemudian versi lainnya adalah Caruban Nagari yang berdasarkan buku Purwaka Caruban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon pada tahun 1720. Berdasarkan cerita yang beredar, Gua Sunyaragi didirikna pada tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen yang tidak lain adalah cicit Sunan Gunung Jati.

Anda tertarik untuk mengunjunginya?


 









Wednesday, May 24, 2023

SAUR SEPUH SATRIA MADANGKARA BAGIAN KE 7

 Lanjutan dari Bagian ke 6



Dari balik rumah penduduk, muncul penunggang kuda yang rupanya hulubalang dari tentara Pamotan yang di tempatkan di desa ini. Dua orang ponggawa mengiringinya dengan berjalan kaki adalah dua orang prajurit yang mencuri kedatangan Mantili dan Gotawa. 

Jalanan sudah sangat sepi, demikian pula rumah Wanoh, sang hulubalang melihat dua ekor kuda ditambat di samping rumah Wanoh. Mereka segera mendekati dan mencurigai apalagi melihat kuda-kuda itu bukan kuda murah. 

"Awasi mereka terus, aku curiga mereka mata-mata!" seru Sang Hulubalang. 

"Baik Den!".

Sekilas kuda hulubalang itu menlintas dengan cepat meninggalkan kedua prajurit itu yang tiba-tiba merasa menjadi sangat penting dengan tugas tersebut. 

Patih Gotawa dan Mantili mengintip dari celah-celah dinding. 

"Mereka mencurigai kita!" seru Gotawa.

"Kita lawan kalau mereka macam-macam!" bisik Mantili.

Patih Gotawa membelai rambut istrinya. Dia tahu watak isterinya yang beringas dan cepat naik darah.

"Jangan sampai tindakan kita jutru mempersulit tugas negara!" seru Gotawa.

"Sekedar memberi pelajaran kan boleh, tidak sampai membunuh. Sebab biasanya ponggawa selalu berlebih-lebihan dalam menjalankan tugas mereka,"

Gotawa hanya tersenyum sementara Mantili menyandarkan tubuhnya ke dada Gotawa yang bidang. Malam itu berlalu tanpa ada sesuatu yang istimewa. 

Penjagaan di batas desa Lung semakin ketat. di atas pohon-pohon besar di dirikan tempat tempat untuk pengintaian dan mengawasi orang-orang yang keluar  masuk desa, terutama yang menuju ke arah Majapahit. Lima orang berjaga di menara pengawas yang unik itu. Tiba-tiba salah seorang diantara mereka melihat sesuatu. Di kejauhan nampak Mantili dan Gotawa sedang mengendarai kudanya. Orang-orang di menara pengawas memberi kode pada orang yang di bawah dengan menarik tali yang dihubungkan dengan genta sapi yang digantung dekat dengan gubuk para tentara penjaga perbatasan berkumpul.

Hulubalang yang menjadi komandan regu segera menyiapkan senjatanya dan menyuruh lima orang anak buahnya mengikuti. Gotawa bersikap tenang meskipun dia melihat enam orang menghadang jalan kudanya. 

"Kalian mau kemana?" tanya hulubalang sambil menahan jalan mereka. 

"Majapahit", sahut Gotawa singkat. 

"Turun!"

Gotawa dan Mantili turun dari kudanya.

"Kalian tahu bahwa Pamotan mau memberontak dari kekuasaan Majapahit? artinya siapapun yang sudah melintas daerah Pamotan dilarang melintas ke Majapahit", seru hulubalang.

"Kenapa kami tidak punya urusan dengan masalah negara kalian. kami pengendara dari kulon yang mau berkelana melihat kemajuan negeri lain".

Hulubalang itu sinis sekali. Matanya yang di takdirkan seperti selalu curiga pada siapapun melirik nyaris menjijikan. 

"Kalian jangan mengira saya bodoh, Kalian pasti utusan dari salah satu negeri di Kulon. Kuda kalian terlalu mahal untuk pengembara".


Sementara itu dengan lancang tanpa permisi beberapa punggawa Pamotan  mau menggeledah buntelan yang menggelantung di pelana kuda. Tentu saja Mantili jadi naik pitam. 

Dengan gerakan yang cepat dia tahan tangan yang mau mengambil buntelan itu dan sebuah tamparan keras mendarat di pipi punggawa tadi. Tentu saja kejadian itu membuat Hulubalang dan anak buahnya menjadi berang. Sang hulubalang mencabut pedangnya dan berteriak "Bangsat!".

Perkelahian tak bisa di elakkan lagi. Gotawa meladeni Hulubalang sedangkan Mantili dengan enteng menghadapi  lima punggawa. Singkat sekali Mantili menghabisi lawan-lawannya dengan punggung pedangnya hingga lawan-lawannya tidak sampai mati. Orang-orang diatas menara pengawas mau melepaskan anak panah, tapi Mantili dengan sangat cepat telah mencelat keatas dan mendara tepat diatas dahan dekat menara pengawas diatas pohon. 

Tiga dari lima orang di menara pengawas itu terpelanting oleh tendangan Mantili. Sementara Gotawa meladeni hulubalang yang cukup lumayan mempunyai ilmu silat tingkat tinggi. Tapi biar bagaimanapun Gotawa adalah mahapatih yang berpengalaman sehingga hulubalang kewalahan juga menghadapinya. 

Mantili menyerang dengan pedangnya tapi dua orang sisanya segera  menggelayut di akar pohon untuk pindah ke dahan lain sambil berusaha menyelamatkan diri. Mantili menyusul dengan seuah lompatan yang bagaikan terbang dan dengan kilat dia membabat akar tadi sehingga putus. Akibat tubuh-tubuh yang menggelayut ikut terjatuh ke tanah. 

Di pihak lain hulubalang yang terdesak kini terpental oleh tendangan yang menghantam pangkal lengannya. Kesempatan itu di gunakan untuk mengambil senjata rahasia berbentuk keris-keris kecil dan dilemparkan kearah Gotawa. Keris-keris itu menancap di keempat jari Gotawa yang dipakai untuk menangkis. Dengan tenang Gotawa meremas keris-keris itu. 

Hulubalang melongo hingga sebuah tendangan menyambarnya dan membuatnya jatuh pingsan seketika. Sementara itu Mantili masih terus mengejar seorang ponggawa lagi yang masih melayang-layang diatas pohon. Orang itu berhasil turun melewati akar gantung. Tapi baru saja kakinya menginjak bumi, mantili sudah mendarat di sampingnya.  Orang itu terpana dan ketika itulah kepalan tangan kiri Manitli mengistirahatkan punggawa untuk sementara waktu. Mantili mengangkat bahu ketika menerima senyuman dari suaminya

"Terpaksa!" Sahut Mantili manja.

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju ke negeri Majapahit. Tak lama kemudian sampailah mereka di negeri yang di tuju. Dengan diantar dua orang hulubalang Majapahit mereka memasuki Keraton. Prabu Wikramawardana sedang di hadapi oleh Patih Gajah Lembana, Rake Demung, Rake Rangga, Rake Kanuruhan dan Rake Rumenggung. Rupanya keadaan semakin genting. 

Kedatangan Mantili dan Gutawa sedikit mengganggu mereka, tapi ketika mendengar bahwa yang datang adalah Patih dari Madangkara maka sang Prabu melunakkan seri mukanya. 

"Hamba Patih Gotawa utusan dari Madangkara, memberi surat untuk yang maha mulia baginda Prabu Wikramawardana. Maaf kami datang dengan pakaian menyamar! Seru Gotawa. 

Sang Prabu mengangguk dan Gotawa menghaturkan surat dari daun lontar yang di bawanya. Mantili diam-diam mengagumi keindahan istana Majapahit yang tersohor itu, Lantainya nampak terbuat daribatu pualam berwarna putih mengkilat. Kayu-kayu tiang bangunan joglo itu diukir dengan indah, semuanya serba mewah. 

Prabu Wikramawardana berkata : "Aku mengerti sikap raja. Memang persoalan Pamotan adalah masalah keluarga. Sangat bijaksana kalau Prabu Brama Kumbara memilih Majapahit bukan memihak  aku atau siapa. Raja bisa berganti, tapi Majapahit tetap Majapahit!".

"Kami mohon pamit Baginda Prabu!" seru patih Gotawa yang menyadari kedatangannya sedikit mengganggu. 

"Tentunya kalian juga akan ke Pamotan. Mudah-mudahan selamat dan titipkan salamku untuk Prabu Brama Kumbara. Semoga Madangkara tetap aman, makmur dan sejahtera".

"Terima kasih Baginda".

Patih Gotawa dan Mantili menyembah lalu pergi dengan dikawal oleh kedua prajurit Bhayangkari.

Seperginya Mantili dan Gotawa Prabu Wikrama wardana melanjutkan pembicaraanya tentang situasi genting saat ini. 

"Aku yakin Wirabumi gagal dalam mencari dukungan dari negeri-negeri kulon. Tinggal Bre Tumapel yang masih ragu".

"Ampun Gusti prabu, bagaimanapun kita haru slebih cepat bertindak. Sebab terus terang ketika paduka Bre Wengker Sri Wijaya Rajasa menduduki patih Hamengkubumi, beliau telah melakukan tindakan tindakan yang merugikan negara kepada negeri lindungan Majapahit" Gajah lembana Membuka suara. 

"Menghasut mereka untuk melepaskan diri maksudmu?".

"Mungkin tidak terang-terangan. Tapi arahnya kesana. Itu sebabnya beliau  menyusun kekuatan dan pindah dari Wengker ke Pamotan. Bre Wirabumi hanya meneruskan cita-cita itu.

"Memang sebaiknya kita cepat bertindak sebelum Pamotan itu benar-benar siap!"sambung Narapati Raden Gajah. 

Prabu Wikramawardana merenungi nasehat dari semua bawahannya. 

Demikian pula halnya di Pamotan. Malam itu Bre Wirabumi berkumpul di ruang kerja bersama para staffnya. Wirabumi kelihatan  merenung sementara Panglima Lodaya dan beberapa orang staf penasehat menunggu apa yang akan dilakukan Bre Wirabumi.  Ibu Rajasaduhitatunggadewi berjalan membawa tempat sirih yang mengkilap dan duduk di samping  putranya yang sedang merenung. 

"Akhir-akhir ini kamu sering termenung putra prabu. Ibu takut kamu mulai ragu.!" ibu angkat Wirabumi berkata. Bre Wirabumi mencoba tersenyum. "Tidak kanjeng ibu, menentukan waktu ternyata tidak gampang,".

"Asal kamu ingat bahwa keraguan selalu akan menghancurkan !" Ibu angkat wirabibumi memperingatkan. 

"Terima kasih kanjeng ibu!".

Semua tumenggung dan para Narapati cuma diam. Demikian juga ketika ibu setengahbaya itu meninggalkan tempat itu. Prabu Wirabumi menghela nafas. 

Panglima Lodaya kelihatan mulai geisah ingin menyampaikan sesuatu. Hal itu terlihat oleh Bre Wirabumi. Lalu ia memerintahkan stafnya yang sangat dipercaya itu untuk berbicara. 

"Ampun gusti Prabu, Kalau kita harus menunggu kembalinya para utusan dari negeri Majapahit akan mendahului  menyerang Pamotan", Panglima Lodaya menyampikan kekuatirannya. 

Semua yang hadir dengan serius mendengarkan pembicaraan Panglima Lodaya sementara itu Bre Wirabumi nampak tenang sekali meskipun sesungguhnya ketenangan itu hanya untuk menutupi dari kegelisahan hatinya. 

"Dan kalau sampai terjadi terus terang hamba ragu apakah kekuatan Pamotan akan mampu menahan serangan sereka!".

Brewirabumi membenarkan :

"Pendapatmu benar Lodaya! Tapi dukungan dari negeri negeri sahabat juga penting. ini yang membingungkan  pikiranku!" 

Suasana menjadi makin lengang. semua dipaksa untuk berpikir. Ketika itulah sebilah keris kecil melayang dan menancap pada tiang joglo ruang rapat itu. Semua yang hadir terkejut. Mereka menoleh kearah datangnya keris itu. Dua orang prajurit penjaga lari keluar. Panglima Lodaya dan tigak orang lainnya bergerak menuj teritisan pendopo. Tapi di sekeliling halaman itu tetap lengang, tidak ada seorangpun. Tangan Bre Wirabumi mengambil keris yang tertancap dimana ada segulung lontar diikatkan pada hulunya. 

Sambil berjalan menuju ketempat duduknya Bre Wirabumi membuka surat lontar itu. Mukanya sedikit berkerut. 

"Lodaya!" serunya

"Ampun Gusti Prabu!"

Bre Wirabumi melemparkan surat Lontar itu kedepan panglima yang baru saja duduk. 

"Urus bawahanmu!" terdengan Bre Wirabumi berseru hebat. 

Panglima Lodaya agak heran dan kurang enak mendengar nada ucapan rajanya yang agak keras. Dia segera menyembah.

"Ampun Gusti Prabu!"


BERSAMBUNG KE BAGIAN 8

Thursday, March 30, 2023

SELAMAT HARI FILM NASIONAL KE 73

Tanggal 30 Maret di peringati sebagai hari film Nasional, dan pada tahun 2023 Hari Film sudah menginjak usia yang ke 73 tahun. suatu usia yang tidak muda lagi tentu saja. 

Di kutip dari laman wikipedia.com Hari Film Nasional adalah peringatan hari film di Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 30 Maret, disamakan dengan hari pertama pengambilan gambar film Darah dan Doa (1950) yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Hal ini disebabkan karena film ini merupakan film pertama yang disutradarai orang dan perusahaan Indonesia serta dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia. Peringatan ini diresmikan oleh B.J. Habibie pada 30 Maret 1999 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1999 tentang Hari Film Nasional yang ditetapkan. Dalam Keppres itu disebutkan pula bahwa peringatan Hari Film Nasional bukan hari libur nasional.

Semoga di tahun tahun mendatang film Indonesia akan semakin ramai dan berkualitas.

Sekali lagi selamat hari film nasional

Friday, February 3, 2023

SAUR SEPUH, SATRIA MADANGKARA BAGIAN 6

 Lanjutan dari bagian 5...........


Prabu Brama Kumbara sedang bercengkerama dengan isterinya Harnum

Brama Kumbara sedang duduk di sebuah bangunan berangin-angin di sekitar padepokan di desa Jamparing yang sejuk. Suasana begitu nyaman di alam pegunungan dengan air sungai berbatu serta jeram dan air terjun yang sangat indah. Tapi bertentangan dengan suasana yang tenteram itu malah Brama nampak murka sekali. Dengan suara yang keras dia bertanya : 

"Siapa yang melakukan?" 

Anak buah tumenggung Adiguna yang menyelamatkan surat Brama untuk Raja Majapahit dan Pamotan terlihat masih segar meskipun luka-luka di tubuhnya cukup parah. Senopati Ringkin yang mengantarkan utusan itu ke Jamparing tetap diam. Patih Gootawa menahan geram, terlebih Mantili.

"Ini tidak bisa di biarkan! Orang Pamotan sudah melakukan tindakan sesenang-wenang. Gotawa dan Kamu mantili, Kuberi tugas untuk menggantikan Tumenggung Adiguna. Berikan surat ini pada Prabu Wikramawardana dan Brewirabumi. Ini tugas resmi Madangkara. Sementara pertanggungjawaban Tumenggung Bayan adalah urusanku!".

"Baik kanda Prabu!" sahut Gotawa dan mantili berbarengan. 

"Ringkin! Bawa Bentar dan isteriku Paramitha ke Madangkara, siagakan pasukan kalau sewaktu-waktu di perlukan!".

"Daulat Gusti Prabu!"

Para punggawa Pamotan

Sementara itu di padepokan, Bentar sedang menulis semacam tembang yang di salin dari kitab-kitab daun lontar. Harnum dan Paramita mengagumi kepandaian anak berusia sekitar sembilan tahun dalam ilmu alam. Bentar adalah seorang anak kutu buku. Kulitnya lembut seperti wanita tapi matanya tajam dan jernih yang memancarkan kecerdasan yang luar biasa. 

Suasana semakin lama semakin panas. Desa Lung yang cukup ramai di huni penduduk merupakan sebuah daerah kekuasaan Majapahit yang sangat berdekatan dengan perbatasan. Kelihatan kesibukan berjaga-jaga dari tentara Majapahit mulai meningkat, baik infantri maupun kavaleri mondari mandir. Jika ada yang mencurigakan mereka segera melakukan penggeledahan. 

Suatu siang di pinggir sebuah sungai Patih Gotawa menyimpan pakaian kebesaran di sela-sela batu cadas. Dia bersalin pakaian dengan pakaian pendekar biasa sementara Mantili juga telah mengganti pakaian yang serupa.

"Kita akan lebih leluasa dengan pakaian begini!" seru Patih Gotawa. 

"Tapi jangan menyesal alau tidak seorangpun akan hormat kepada kita!" sahut Mantili. 

"Artinya orang-orang itu sebenarnya cuma menghormati pakaian kita bukan kita. Mereka takut pada pakaian kita, bukan pada Mantili dan Gotawa".

Keduanya lalu kembali menaiki kuda. 

"Masih jauh Majapahit dari sini?" tanya Mantili. 

"Sebelum tengah malam mudah-mudahan kita sudah sampai ke desa Lung. Kita ke Trawulan dulu, menghadap Raja Majapahit, kemudian baru ke Pamotan", sahut Gotawa. 

Kembali kuda mereka berpacu dengan pesatnya. 

Brama Kumbara menanggalkan mahkotanya dan memasukkannya ke dalam peti kayu berukir indah. Demikian juga gelang dan kalung yang merupakan perhiasan kebesaran seorang raja. 

Harnum telah berganti pakaian dengan pakaian seorang pendekar wnaita. Dia masih tetap jelita dengan sebilah pedang yang terselempang melintang di punggungnya. 

"Ini mengingatkan masa-masa pengembaraan kita beberapa tahun lalu!" seru Harnum. 

"Terpaksa harus kita lakukan. Saya tidak melibatkan Madangkara dalam pertikaian Majapahit dengan Pamotan,".

"Kalau kakang Prabu pribadi sebenarnya lebih memihak siapa?". tanya Harnum. 

"Aku terlahir untuk membela yang benar. Tapi untuk mencari yang benar dalam masalah ini sulit sekali,"

"Masing masing pihak akan merasa dirinya benar. Sedang kebenaran harus cuma satu!" Harnum menyambung. 

Brama sudah selesai memakai pakian pendekar, bersenjatakan keris yang tidak terlalu panjang. Sebenarnya ilmu kedigdayaan Brama lebih handal daripada semua ilmu silat yang dia miliki. Mereka segera bergegas meuju ke luar rumah. 

"Itu kenapa Madangkara tidak memihak.!," kata Brama Kumbara sambil bersiap hendak berangkat. 

"Bukan kita tidak punya pendirian. Dalam sebuah pertikaian, lebih baik kita menjadi juru damai. Itu perbuatan paling mulia aku kira!".

Sampai di halaman Brama Kumbara memandang langit. Kemudian dia bersuit memanggil burung Rajawali sahabatnya. Di Langit lepas Rajawali Raksasa itu berkeak-keak menukik. 

Tak lama kemudian rajawali tu turun dengan angin besar menerbangkan daun-daun kering karena kibasan sayapnya. Brama dan Harnum segera menaiki punggung burung raksasa itu. Tak lama kemudian Rajawali mulai terbang dengan sayap berkepak-kepak. 

Seperti Raja Airlangga yang dengan gagah menaiki burung Garuda, maka Brama dan Istrinya Harnum kelihatan perkasa diatas punggung rajawali itu. 

"Dinda Gotawa dan Mantili pasti sudah sampai di Majapahit. Mudah-mudahan mereka tidak mendapatkan kesulitan", kata Brama memikirkan kedua adiknya. 

Dan saat itu kuda Mantili dan Patih Gotawa melintas diantara penduduk serta tentara Pamotan yang sedang menuju ke tempat mereka masing-masing. 

Desa ini cukup maju karena merupakan desa transit. Hal ini disebabkan banyak pedagang rempah-rempah dan hasil bumi menginap di desa itu. Selain itu banyak sekali penduduk yang membuka rumah makan. Desa Lung adalah perbatasan antara Majapahit dan Pamotan. 

Seorang Prajurit kelihatan berbisik-bisik pada temannya setelah melihat Gotawa dan Mantili. Dari agak kejauhan kelihatan Mantili dan Gotawa menanyakan sesuatu kepada salah seorang penduduk. 

Ternyata mereka ingin bermalam di sebuah rumah seseorang bernama Wanoh, kenalan Patih Gotawa beberapa tahun yang lalu. Wanoh gembiera sekali menyambut tamu yang tak  di duga kedatangannya itu. Dengan ramah dia menjamu Gotawa dan Mantili . Mereka duduk diatas tikar anyam dengan pandangan lepas ke halaman belakang yang teduh. 

"Keadaan makin gawat den, kemungkinan perang saudara tidak bisa di elakkan lagi. Tadinya desa ini tidak pernah ada tentara, sekarang ada kira-kira seratu orang tentara Pamotan ditempatkan di sini!", Wanoh Bercerita. 

"Bagaimana sikap bapak?siapa sebenarnya yang salah? Pihak Pamotankah? atau Majapahit?" tanya Mantili.

"Wah......saya tidak mengerti den, rakyat kan hanya menurut apa kata Raja. Sebab apa saja yang dilakukan raja pasti benar. Raja adalah wakil dewa di dunia, maka sudah seharusnya apa yang dilakukan adalah hanya kebenaran" sahut Wanoh. 

"Seharusnya memang begitu, tapi jaman sekarang banyak raja mengkhianati amanat Dewa Jagad Batara, Bahkan mereka merasa menjadi dewa yang berhak melakukan apa saja yang mereka suka!". Gotawa menyatakan pendapatnya. 

"Saya tidak mengerti itu den, saya rakyat, tugas saya cuma patuh pada gusti prabu. Apapun yang di lakukan berliau, pasti punya tanggungjawabnya sendir ipada Sang Pencipta Alam semesta!".

Mantili cuma tersenyum melihat kepolosan Pak Wanoh. Sementara itu Patih Gotawa hanya mengangguk-angguk . Dia merasa bahwa yang tersirat dari ucapan Wanoh adalah sebuah tuntutan maha halus kepada raja untuk berbuat paling benar. 


BERSAMBUNG KE BAGIAN 7

Thursday, January 26, 2023

BERKUNJUNG KE MUSEUM BANK INDONESIA

Tampak Samping Museum BI

Kali ini saya akan berkunjung ke Museum Bank Indonesia. Berwisata ke museum memang tidak terlihat keren seperti sekedar duduk ngopi di cafe maupun ke mall, namun dapat menambah pengetahuan kita .

Di kutip dari Wikipedia,  Museum Bank Indonesia adalah sebuah museum  yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat, berada di komplek Kota Tua Jakarta Barat, dengan menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang beraliran neo-klasikal, dipadu dengan pengaruh lokal..

Mengamati mata uang kertas
Pada tahun 1625, di tempat ini pernah dibangun sebuah gereja sederhana untuk umat Protestan.Pada tahun 1628, gereja ini dibongkar karena digunakan untuk tempat meriam besar ketika puluhan ribu tentara Sultan Agung menyerang Batavia untuk pertama kali.

Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi pula latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005. Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia.

 Selain itu terdapat pula fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan juga secara menarik.


Untuk mencapai Museum Bank Indonesia, transportasinya sudah sangat mudah dengan menggunakan KRL turun di stasiun Kota, atau juga dapat menggunakan sarana transportasi massal TransJakarta dengan tujuan akhir Kota Tua. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil juga disediakan parkir. 


Berikut liputannya dalam bentuk foto-foto dengan model Paramitha Hioe (@mimithjegeg)

















Wednesday, January 25, 2023

MEMBURU ORNAMEN IMLEK DI KAWASAN PECINAN GLODOK

 

Suasana menjelang Imlek. Model : @mimithjegeg

Glodok , Yang terlintas adalah pusat perdagangan elektronik terbesar di Asia Tenggara. Tidak salah kalau sekilas pikiran kita akan terbawa dengan pusat perdagangan elektronik di Glodok yang memang pernah mengalami masa kejayaan sebagai pusat grosir elektronik, selain juga pusat penjualan VCD yang terkenal hingga pertengahan tahun 2000an. Namun seiring berjalannya waktu, pusat perbelanjaan tersebut pun sepi dari pengunjung, dan berimbas dengan tutupnya para penyewa ruko yang ada. Berbeda sekali ketika masa keemasan glodok yang selalu ramai pengunjung bahkan bagi yang suka berburu VCD film baik original dan bajakan di Glodok, kala itu kita sering risih ketika baru masuk ke area penampungan tiba-tiba ada yang megang tangan kita dan menawarkan film-film porno. Penulis sendiri dulu pernah mengalami dan tentu saja membuat 'ngeper' kalau ke Glodok karena takut di tawarin dan kalau kita menolak takut dimarahin hehe. Maklum saya kan anak baik-baik tapi kok bisa-bisanya ya ditawarin film porno.

Gerbang China Town di Glodok Jakarta


Namun kali ini saya bukan membahas tentang penjualan elektronik maupun VCD diGlodok namun akan sedikit mengulas tentang kawasan pecinan yang ada di Glodok. Kawasan Pecinan alias China Town Glodok, dari namanya sebenarnya kita sudah tau bahwa itu adalah kawasan dengan ornamen berbau China, kuliner-kuliner dari negeri China dan segala yang berbau China. Pecinan Glodok menarik untuk di kunjungi terutama ketika menjelang Imlek tiba, karena di kawasan ini banyak di jual ornamen-ornamen yang di butuhkan untuk merayakan Imlek bagi teman-teman etnis China. 

Berbelanja aneka Kebutuhan Imlek .
Inframe @mimithjegeg

Kali ini saya akan mengunjungi China Town Pancoran Glodok, meskipun ada kawasan lain seperti Petak Sembilan yang letaknya tidak jauh dari China Town Pancoran, juga ada Petak Enam yang masih satu kawasan dengan Pancoran Glodok tepatnya di Gedung Chandra Glodok. Kawasan Pecinan Glodok biasanya juga terpusat di Pancoran Chinatown Point yang tempatnya tentu saja lebih enak dengan ornamen-ornamen yang Indah. Namun tanpa harus masuk ke Chinatown Point di sepanjang jalan juga terdapat kaki lima yang menjual berbagai macam ornamen khas Imlek. 

Memasuki Gerbang China Town Jakarta kita akan di sambut ornament-ornament merah dari penjual kaki lima yang menjual berbagai macam produk Imlek. Hukum ekonomi di sepanjang jalan ini berlaku. Dimana ada banyak permintaan maka harga akan naik, demikian juga ketika menjelang Imlek, untuk membeli barang yang diinginkan maka harus pandai-pandai dalam tawar menawar dengan penjual. Survai harga sebelum masuk kawasan ini sangat di perlukan. Selain produk Imlek jajanan maupun sayuran ataupun bucket bunga juga ada yang menjual. Bagaimana dengan harganya? ya kembali lagi ke kita, harus tahu harga barang sehingga ketika mau menawar tidak terlalu jauh dengan harga pasaran yang berlaku. 

Ada yang tertarik kesini? Aksesnya cukup mudah dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2, namun dengan transportasi massal juga lebih mudah. Cukup naik TransJakarta dan turun di halte Glodok. Tinggal jalan kaki saja untuk sampai ke China Town Jakarta. 

Memilih sebelum membeli







Membeli Bunga


Monday, January 2, 2023

Selamat Datang 2023

 Tahun 2022 sudah berlalu dan kini kita memasuki tahun 2023 masehi. Semoga apa yang kita cita-citakan terkabul dan di permudah segala urusannya ya. 

di awal 2023 ini pemberitaan yang sedang hangat adalah kasus mutilasi seorang perempuan di Bekasi, kemudian gelaran Piala AFF . Semoga Indonesia menang ya.


Salam 2023

Wednesday, December 28, 2022

SAUR SEPUH, SATRIA MADANGKARA BAGIAN 5





Sambungan dari Bagian ke 4

Tumenggung Adiguna yang muda dan gagah memimpin rombongan sembilan orang berkuda yang memacu kuda mereka dengan pesatnya. Tak lama kemudian mereka telah tiba di perbatasan antara negeri Pamotan dan Majapahit. Di perbatasan itu nampak tanda berupa tapal batas yang terbuat dari batu bata. Di sampingnya terletak batu besar dengan ukiran bertulis yang menyatakan daerah itu merupakan tapal batas antara kedua negeri. 

Cuma ada jalan setapak yang menuju ke daerah Pamotan sebab jalur ini bukan merupakan jalan utama. Tapi pinggiran hutan yang masih cukup lebat dan angker itu terlihat beberapa ekor kuda di tambat sedang makan rumput. Di Tempat itu terlihat Tumenggng Bayan sedang istirahat di bawah pohon. Tiba-tiba seorang anak buahnya berlari-lari menghampirinya. 

Tumenggung Bayan duduk sambil menguap. Dia memasang kembali pedang yang di apakai sebagai pengganjal leher tadi ke pinggangnya. Dengan sigap dia mendengarkan laporan bawahannya. 

"Orang mana?" tanyanya dengan tegas.
"Kurang jelas den, Tapi jelas mereka bukan orang Majapahit!"

Tumenggung Bayan segera bangkit. 
Rombongan tumenggung Adiguna memasuki daerah perbatasan. Tubuh mereka berkeringat dan penuh debu. Rombongan itu di paksa berhenti karena tiba tiba dari semak-semak dan balik poohon besar muncul kira-kira lima puluh orang Pamotan dengan sorot mata yang tidak bersahabat. 

"Kami utusan dari Madangkara, mau ke Pamotan membawa surat Baginda Prabu Brama buat paduka Bre Wirabumi!" seru Tumenggung Adiguna dengan Lantang. 


Tumenggung Bayan menyeruak diantara anak buahnya. Sikapnya lebih tidak bersahabat lagi. Bentakannya membuat Tumenggung Adiguna tersinggung. 

"Turun!" Siapapun yang memasuki wilayah Kedaton Timur harus di geledah!"

Tumenggung Adiguna terpaksa turun dari kudanya. Demikian juga dengan anak buahnya. Tumenggung Bayan mendekati Tumenggung Adiguna. 

"Kamu Pemimpinnya?" Mana surat itu!

"Surat ini untuk rajamu! Kamu tidak berhak memeriksa", sahut Tumenggung Adiguna. 

"Tidak usah macam macam, surat itu aku yang mengantar! sebab sementara kalian harus di periksa dulu, siapa tahu kalian mata-mata Majapahit, atau sekutu Majapahit!" Tumenggung Bayan berkeras 

Tumenggung Adiguna tidak bersedia di perlakukan seperti itu. 

"Tumenggung Adiguna pantang di hina! Rajaku menyuruh aku mengantar surat ini dengan tanganku sendiri!"

Dengan gerak kepalanya Tumenggung Bayan memberi isyarat kepada anak buahnya untuk menyerang.

"Paksa!", serunya dengan suara keras.



Perkelahianpun terjadi keadaanya sangat tidak seimbang, nyaris satu melawan lima. Tapi Tumenggung Adiguna adalah orang yang sangat ahli menggunakan pedangnya. Berpuluh kali dia terjun ke medan perang mendampingi rajanya. Maka dalam waktu singkat dia berhasil menewaskan prajurit penjaga dari Pamotan. 

Tapi Tumenggung Bayan juga buan orang sembarangan. Dia benar-benar orang kepercayaan Pamotandan pernah mengikuti pendidikan militer singkat dari perwira perwira utusan Kaisar Yang La. 

Perkelahian terjadi dengan serunya sampai akirnya kedua Tumenggung itu berhadap-hadapan satu sama lain. Keduanya sama-sama sakti dan sama-sama memiliki ilmu berkelahi yang sangat tinggi. Bedanya Tumenggung Bayan memiliki ilmu kedigdayaan. 

Setelah bertarung dengan ilmu keprajuritan, ternyata Tumenggung Adiguna cukup mahir maka Tumenggung Bayan yang jumawa mulai mengelurakan ajian Cadas Ngampar. Sebuah ajian dengan akibat yang sangat fatal kalau sampai mengenai sasaran karena hasil pukulan itu bisa menghancurkan bukit karang sekalipun. 

Tumenggung Bayang melompat mundur beberapa tindak kemudian menempelkan tangan kanannya dengan telapak kiri dalam gerakan yang sangat bertenaga di lontarkannya pukulan ke arah Tumenggung Adiguna yang secara naluriah mengerti akan bahaya pukulan tersebut. Dia segera melompat dan pukulan Cadas Ngampar itu menghancurkan tonggak tapal batas yang berdiri kokoh dari batu bata. 


Tumenggung Adiguna makin hati-hati sementara Tumenggung Bayan makin gencar dengan serangannya. Beberapa pohon tumbang ole pukulan itu karena batangnya hancur. Tumenggung Bayan seperti orang kesurupan. Gerakan-gerakan Tumenggung Adiguna yang lincah berlompatan seperti tupai segera menjadi pemikiran Tumenggung Bayan untuk memberikan pancingan. Sementara itu perkelahian antara anak buah makin tidak seimbang. Orang-orang Madangkara di babat habis, tinggal dua orang lagi yang masih bertahan. 

Ketika itu Tumenggung Bayan memancing seolah-olah dia menyerang lagi dengan ilmunya. Tumenggung Adiguna melompat seperti tupai dan baru ketika itulah Bayan melepas Cadas Ngamparnya sehingga tubuh yang melayang itu meledak, hancur berkeping-keping. Salah seorang anak buah Adiguna yang seungguhnya sudah terluka parah melihat kejadian itu. Dia segera bergulingan menyambar tas terbuat dari kulit yang ikut melayang kemudian dengan gesit melompat ke atas kudanya yang segera di pacu dengan cepat.

Beberapa orang anak buah Tumenggung Bayan hendak mengejar tapi di cegah oleh Tumenggung yang sakti tapi sombong itu.

"Tidak usah! Dia akan mati kehabisan darah! Kuburkan para korban dengan baik, bagaimanapun mereka pahlawan dari negerinya!", perintahnya segera. 

Malam hari di Kaputren Pamotan nampak seorang wanita setengah baya sedang duduk merenung di dekat lampu minyak yang menerangi ruangan itu. Dia adalah ibu angkat Bre Wirabumi yang bernama Rajasaduhitunggadewi. Bre Wirabumi duduk menunggu di dampingi isterinya yang bertubuh gemuk. 

"Tekadmu sudah bulat nak?", tanya Tunggadewi
"Kenapa ibu tanya lagi?".

"Karena tekad itu akan menentukan sebuah perang saudara yang pasti akan menghancurkan trah Narraya Sanggramawijaya. Dendam akan mengalir pada detak-detak jantung para keturunan gugur", Tunggadewi memberi nasehat kepada Bre Wirabumi. 

"Terpaksa hamba lakukan kanjeng ibu, sebab ini masalah hak. Hak yang di berikan secara keliru oleh ayahanda gusti Prabu Hayam Wuruk kepada Wikramawardana", Bre Wirabumi menyahut. 

Ibu angkat Wirabumi hanya menggelengkan kepalanya. Separuh wajahnya yang  sendu tertimpa sinar cahaya lampu. Air matanya menitik perlahan. 

"Ini cuma masalah hawa nafsu. Kamu terpengaruh oleh cita-cita kakekmu Sriwijaya Rajasa sang Apanji Waning Hyun, yang ingin melepaskan diri dari bayangan kekuasaan menantunya sendiri, ayahmu. Itulah sebabnya sang Apanji ayahku mengangkat kamu sebagai anakku untuk meneruskan keinginannya melepaskan diri dari Majapahit,"

Bre Wirabumi terdiam. Rajasaduhitunggadewi bangkit menuju ke jendela dimana di kejauhan terlihat rumah-rumah bangunan istana Pamotan yang telah gelap. 

"Sialnya kemarin aku mimpi buruk sekali",

"Tentang Apa?" tanya Bre Wirabumi

Wajah setengah tua itu berusaha untuk bisa menahan perasaan yang sebenarnya sedang menghancurkan kalbunya. 

"Singgasana Pamotan berlumur darah...."

Bre Wirabumi kaget tapi dia berusaha menenangkan sikapnya. 

"Ibu.... mimpi itu bukan untuk hamba. Banyak negeri yang mendukung Pamotan. Bre Tumapel pun berada di belakang hamba. Dan seperti ibu ketahui Kaisar Yung La dari negeri Cina telah memberikan stempel emas pada hamba. Mereka semua akan berdiri di belakang Pamotan. Percayalah mimpi itu bukan untuk hamba!"

Wajah ibu setengah baya itu kian mendung. Di elusnya rambut Bre Wirabumi. 

"Ibu tidak menghalang-halangi iatmu. Cuma cemas, sebab dalam mata hati ibu perang itu sudah terjadi. Perang yang akan mengguncangkan seluruh bumi Nusantara. Perang Paregreg!.

BERSAMBUNG KE BAGIAN 6...............................