Monday, March 4, 2019

10 KUIS TELEVISI TERHITS TAHUN 80an - 90an

Salah satu program televisi yang saya sukai adalah kuis. Menghibur tapi boleh dibilang bikin pinter. Kenapa bikin pinter karena kadang dari pertanyaan untuk kuis itulah kita bisa ikutan menebak dan menjadi bertambah banyak wawasannya. Nah kali ini ingin mengenang kembali nih kuis-kuis yang pernah ngehits pada jamannya. Sebenarnya banyak banget kuis-kuis yang ada rentang 80an hingga sekarang tapi yang melekat di hati di era 80an akhir hingga akhir 90an ada beberapa yang terkenang-kenang.  Kuis-kuis yang ada kebanyakan merupakan besutan dari Ratu Kuis Ani Sumadi. Kuis Televisi tidak terlepas dari nama tersebut.

10 kuis Televisi terhits yang saya maksud adalah sebagai berikut :
Berpacu Dalam Melodi

1. Berpacu Dalam Melodi
Berpacu Dalam Melodi adalah sebuah kuis yang di tayangkan di TVRI dari tahun 1988 hingga 1998 dengan pembawa Acara yang pas dan Khas Koes Hendratmo. Berpacu dalam Melodi merupakan kuis yang menebak lagu hingga tebak wajah.
Acara ini menarik karena selalu memberikan sesuatu yang berbeda dengan bintang-bintang tamu yang berbeda pula di tiap kuis. Berpacu Dalam melodi tayang setelah Dunia Dalam berita.  Berpacu Dalam Melodi juga pernah tayang dalam format baru dengan pemandu acara David Naif, tapi bagi saya tetap versi Koes Hendratmo yang paling tepat.
Kuis Siapa Dia

2. Siapa Dia
Kuis Siapa Dia , dari judulnya saja kita bisa tahu kalau kuis ini adalah menebak siapa dia. Acara ini dipandu oleh Aom Kusman. Kuis Siapa Dia biasanya menebak profesi seseorang dari pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan oleh peserta. Ketika profesinya tertebak biasanya peserta ada yang mengasihkan hadiah yang ia dapatkan untuk mystery guest. Kuis Siapa Dia Tayang di stasiun TVRI

Kuis Gita Remaja
3. Gita Remaja

Kuis Gita Remaja Tayang di TVRI. Saat awal Gita Remaja , TVRI masih menjadi satu-satunya stasiun Nasional sebelum muncul RCTI di tahun 1989. Gita Remaja merupakan kuis yang memadukan tebak lagu, mengenali alat musik hingga pengetahuan umum. Tantowi Yahya merupakan pemandu Gita Remaja yang tayang setelah Dunia Dalam Berita. Karena tayangnya bukan di akhir pekan biasanya saya hanya nonton sekali dua kali saja. Gita Remaja boleh dibilang merupakan Berpacu Dalam Melodinya versi Remaja. Kuis ini bertahan di TVRI hingga tahun 1994.
Apa Ini Apa Itu

4. Apa Ini Apa Itu

Kuis Apa Ini Apa itu merupakan kuis yang ditayangkan oleh Stasiun TV swasta pertama di Indonesia yaitu Rajawali Citra Televisi Indonesia atau RCTI. Kuis Apa Ini Apa itu merupakan kuis biasanya peserta akan menebak gambar yang terpampang di layar besar yang ada di depan . Dan sang pemandu acara Jefry Waworuntu dengan suara yang khasnya akan menunjuk peserta untuk menebak setelah memencet tombol. Apa ini............ apa itu.......,
Kata Berkait

5. Kata Berkait

Satu Lagi kuis yang tayang di RCTI yaitu kuis merangkai kata yang sambung menyambung menjadi sebuah kata. Kuis ini biasanya tayang menjelang magrib dibawakan oleh Nico Siahaan dari hari senin sampai Jumat. Kata berkait menebak sebuah kata. Biasanya setiap sore menjadi asyik di depan televisi untuk menanti kuis ini dan tentu saja ikut menebaknya.
Tak Tik Boom

6. Tak Tik Boom
Kuis Tak Tik Boom juga tayang di RCTI tiap Jumat Malam. Pemandu acara Dede Yusuf dengan 9 layar di depan yang merupakan pilihan untuk hadiah-hadiah. 6 Hadiah dan 3 kata Tak Tik dan Boom.
Piramida

7. Piramida
Kuis Piramida merupakan kuis yang tayang di SCTV, pertama kali kuis ini di pandu oleh Roni Sianturi. Mengikuti kuis ini harus memiliki wawasan yang bagus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan hingga ada istilah juga piramida emas. Siapa ingat dengan kuis ini?

8.Sang Juara
Sang Juara merupakan kuis dengan peserta dari anak-anak SMP atau SMA yang di tayangkan di TPI  yang kini sudah tidak ada lagi. Mengikuti kuis sangjuara menjadikan kita pintar hehe karena ikut-ikutan menebak apalagi dengan gaya Helmy Yahya yang berapi-api dan pertanyaan-pertanyaan yang belum selesai kadang-kadang sudah terjawab oleh peserta. Ini mungkin satu-satunya kuis yang membuat semangat belajar kian membara apalagi jingle kuisnya menggunakan lagu yang ujungnya....kau murid budiman..... (oh ibu dan ayah selamat pagi...kupergi sekolah sampai kau nanti... dst)
Kuis Dangdut

9. Kuis Dangdut
Apaan Tuuuh! ini yang paling melekat dari si Jaja Miharja sang pembawa acara dengan matanya yang satu di tutup. Kuis Dangdut merupakan kuis tebak lagu-laku dangdut dan juga ada jogetnya. Kuis ini tayang di TPI siang hari.
Famili 100

10. Famili 100 
Kuis Famili 100 merupakan kuis yang tayang di ANTV dengan pemandu acara Sony Tulung. Kuis ini menebak hasil survai dari 100 orang dengan nilai yang akan terpampang di layar kalau tertebak. Kuis ini tayang dari senin hingga jumat jam 19.30an dan di akhir pekan biasanya ada kuis Famili 100 bintang-bintang yang pesertanya adalah artis. Melalui kuis ini pun kita ikut ikutan menebaknya kan. Kuis ini pun di format ulang dengan pembawa acara Tukul Arwana dan Ananda Omesh tapi bagi saya Sony Tulunglah yang paling tepat.

So dari 10 kuis ini mana yang paling di kenang dan mana yang pengin sekali mengenangnya.






Sumber foto : istimewa

No comments:

Post a Comment