Thursday, January 23, 2020

FILM INDONESIA JADUL "BINTANG KEJORA"

Bintang kejora

JUDUL FILM        : BINTANG KEJORA
SUTRADARA       : CHAIRUL UMAM
PRODUKSI           : PT. ARIYO SAKANUSA FILM
PRODUSER          : ISMED D TAHIR
TAHUN PROD    : 1986
JENIS                     : FILM DRAMA KOMEDI
PEMAIN               :  EL MANIK, RINI S BONO, MANG UDEL, IKRANEGARA, RONNY M TOHA, PAUL POLLI, AMI PRIYONO, NETTY HERAWATI, MANG DIMAN

SINOPSIS : 

Musim kemarau yang panjang melanda, membuat orang-orang mendambakan hujan. Adalah Bintang Kejora (El Manik) seorang penjual obat yang pandai sekali bersilat lidah datang ke sebuah desa yang di landa kemarau. Ketika ia menawarkan untuk menjual Hujan akibat kemarau yang melanda setelah mendatangi sebuah keluarga, maka Rusdi (Mang Udel) ayah dari Dahlia (Rini S Bono), Sobrat (Ikranegara) dan Sopan (Ronny M Toha) pun langsung menerima tawaran bintang Kejora dan bersedia memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Bintang Kejora.  Namun demikian, Jualan hujan yang di lakukan oleh Bintang Kejora di anggap aneh oleh anak-anak Rusdi, dan tidak ada yang percaya sama sekali. 

Dahlia adalah seorang perawan tua yang tidak laku-laku, berkali-kali laki-laki di kenalkan dengan Dahlia namun tidak ada yang mau karena sosok dahlia yang seperti laki-laki dan tomboy. Sementara itu Sobrat adalah juru keuangan keluarga yang akan mencatat seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh anggota keluarganya. Sedangkan Sopan adalah adik Dahlia yang selalu merindukannya karena ketika Dahlia pergi, maka sopanlah yang akan merasa kehilangan karena Sobrat terlalu pelit dengannya, tidak seperti Dahlia.

Sementara itu Sobrat dan Sopan berusaha memperkenalkan Dahlia pada seorang juru pertanian (Ami Priyono) seorang duda yang sudah tidak memiliki istri. Namun Juru pertanian tersebut lebih tertarik pada tanaman dibanding pada Dahlia yang perawan tua. Sobrat dan Sopan pun kecewa dan segera pulang setelah berkelahi dengan juru pertanian tersebut.

****
Kedatangan Bintang Kejora ke keluarga tersebut sedikit demi sedikit memberi pengaruh, meski pada awalanya tidak ada yang percaya. Bintang Kejora pulalah yang pertama kali bilang pada Dahlia kalau ia cantik.  Sejak saat itu pulalah Dahlia menjadi gembar mengaca dan dandan untuk kecantikannya. Bintang Kejora pulalah yang membuat kakak beradik Sobrat dan Sopan berbaikan setelah Sobrat dibuat bernyanyi oleh Bintang kejora ketika sedang menarik sapinya.  

Dahlia pun akhirnya percaya diri dan berdandan cantik seperti perempuan pada umumnya, yang akhirnya dilihat oleh Juru pertanian. Ia pun tertarik pada Dahlia.

Sedangkan Bintang Kejora termenung di kamar karena batas waktu perjanjian untuk mendatangkan hujan hampir tiba namun hujan belum juga datang. Ketika batas waktu itu tiba, Bintang kejora berniat melarikan diri, namun Dahlia mengikutinya, dan tidak mempermasalahkan hujan atau enggak. Pada saat itulah hujan datang, semua pun senang. Disaat yang bersamaan datanglah Juru pertanian membawa bunga untuk Dahlia yang pernah ditolaknya, namun sekarang telah terlambat, karena Dahlia merasa telah menemukan jodohnya bersama Bintang Kejora.

No comments:

Post a Comment