Friday, October 6, 2023

KASET SOUNDTRACK LAGU UNTUK SERUNI - 1991


 Original Soundtrack dalam sebuah film menjadi sebuah nyawa yang satu kesatuan tidak dapat terpisahkan dengan sebuah film. Soundtrack film terbit bersamaan dengan film yang ditayangkan di bioskop atau sebelum tayang soundtrack filmnya biasanya sudah beredar dengan media promosinya adalah radio, kemudian dalam bentuk kaset pita dan CD untuk saat ini meskipun saat ini Original Soundtrack sudah jarang di buat dalam kepingan CD. 

Namun kita kali ini menyelami film-film lawas seperti Lagu Untuk Seruni yang di bintangi oleh Tio Pakusadewo dan Nia Zulkarnaen sebagai pemeran utamanya dengan di dukung oleh pemain-pemain lain seperti Asteria Dania Mangi, Cok Simbara, Yasni Aziz dengan Sutradara Labbes Widar. Film tahun 1991 ini merupakan film dengan genre drama. 

Soundtrack Lagu Untuk Seruni ini dibuat di bawah label Loggis Record dengan pendukung seperti Hilda Ridwan Mas, Alukard, Nia Zulkarnain dan Didi Bofa, nama-nama yang sudah tidak asing lagi dalam blantika musik Indonesia. Suara yang khas dari Didi Bofa dan Alukard tentu saja menjadi sebuah daya tarik tersendiri kemudian Nia Zulkarnain , gadis yang tengah naik daun meski biasanya bergenre pop namun di kaset Soundtrack ini, ia mampu menjadi rocker seperti halnya Hilda Ridwan Mas yang suaranya.

Kaset OST Lagu untuk seruni ini berisi  10 track yaitu : 

Side A

1. Syair Kehidupan - Hilda Ridwan Mas

2. Kandas - Alukard

3. Tergoda - Nia Zulkarnain

4. Ikrar - Nia Zulkarnain

5. Ambisi/Emosi - Nia Zulkarnain. 


Side B

1. Belenggu Cinta - Alukard

2. Air Surgawi - Alukard

3. Sinar Terang - Alukard

4. Menanti Hadirmu - Didi Bofa

5. Syair Kehidupan - Minus One

 

Dari 10 trak diatas, ada perbedaan antar yang di dalam film dengan dalam bentuk kaset OSTnya. . Film dibuka dengan alunan lagu yang di bawakan oleh Nia Zulkarnain dengan Ambisi Emosinya, kemudian di akhir film Syair Kehidupan mengalun dengan syahdu. Namun sayang sekali Syair kehidupan yang ada dalam film tidak masuk dalam list kaset OST Filmnya. 



Dalam Film Syair kehidupan dinyanyikan oleh Adolf Wemay, Kemudian lagu Doa Seruni yang di ciptakan oleh Areng Widodo dan dinyanyikan oleh pemeran kecil Asteria Dania Mangi juga tidak terdapat dalam kaset OSTnya, Kemudian Lagu Tergodan dan Ikrar dalam film dinyanyikan oleh Hilda Ridwan Mas sedangkan dalam kaset dinyanyikan oleh Nia Zulkarnain. 

Namun demikian isi keseluruhan kaset OST ini saya kasih bintang lima sih, karena bagus bagus.


Berikut Lirik dari Syair Kehidupan 

Syair Kehidupan

Di saat ini ingin kuterlena lagiTerbang tinggi di awanTinggalkan bumi di sini
Di saat ini ingin kumencipta lagiKan kutuliskan laguSambil kukenang wajahmu
Reff:Malam panjang, remang-remangdi dalam gelap aku dengarkanSyair lagu kehidupan

No comments:

Post a Comment