Wednesday, February 5, 2014

MENIKMATI INDAHNYA PESONA 7 CURUG DI CILEMBER BOGOR







Pintu Masuk Curug Cilember
Air Terjun atau juga di kenal curug merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berwisata tak harus jauh, kenali sekitar kita yuk. Kali ini yuk kita kenali Curug 7 Cilember. Curug 7 Cilember terletak di desa Jogjogan kec. Cipayung Bogor, merupakan salah satu dari curug yang memiliki pesona keindahan alamnya yang menyegarkan, asri dan sejuk.  Untuk mencapai Curug 7 Cilember dapat di tempuh melalui perjalanan dari Jakarta sekitar 2,5 jam untuk perjalanan dengan kendaraan sepeda motor sedangkan dengan mobil membutuhkan waktu sekitar 1,5jam untuk mencapai lokasi. Dari arah Jakarta, perjalanan di lanjutkan menuju Puncak di daerah Cipayung.  Setelah Chimory dan Taman Matahari kita akan melihat plang hijau penunjuk Arah menuju Curug Cilember, tinggal diikuti petunjuk tersebut.  Untuk menghindari salah jalan, ada baiknya bertanya ke penduduk sekitar. 

Curug 7 saat debit airnya tinggi

Curug 7 Saat Kemarau
Lokasi curug ini juga mudah di jangkau karena infrastruktur menuju lokasi cukup baik dengan jalan beraspal, meski jalannya cukup sempit. Untuk mencapai lokasi kita akan menemui jalan masuk menuju lokasi yang menanjak dan terus menanjak hingga ditemukan pintu gerbang Curuh CIlember. Dari kejauahan sudah terlihat kabut tipis diatas pegunungan nan hijau seolah mengundangnya untuk segera sampai ke tujuan dan ikut bercengkerama dengan mereka. 

Di pintu masuk tersedia lokasi parkir yang cukup nyaman, yang menampung mobil sedangkan bagi pengendara sepeda motor biasanya ditaruh di tempat yang berbeda meski masih satu lokasi. Bagi pengendara motor parkir tanpa menginap ditambah dengan penitipan helm dikenakan tariff 10rb sekali parkir.  Selesai? Belum…, masih belum afdol kalau belum berpose di pintu masuk CIlember. Setelah berpose sejenak maka dilanjutkan dengan membeli karcis masuk. Untuk weekend Rp. 12rb perkepala sudah termasuk asuransi kecelakaan. Dilokasi Curug Cilember sinyal handphone lumayan susah dan kadang blank sama sekali. Namun bagi yang terbiasa eksis di jejaring social jangan kuatir, karena pengelola menyediakan area hotspot sekitar curug sehingga cukup membantu bagi para pengakses internet dengan mudah.

Area Curug 7, tempat orang-orang mendirikan kemah

Spot untuk foto yang cukup bagus

slow speed sangat bagus di area ini

Pinus
Selepas loket penjualan karcis, langsung menuju pintu masuk . Begitu masuk langsung disuguhi oleh gemericik suara air pegunungan. Udara sejuk menambah adem. Hilang semua penat yang terjadi selama perjalanan dan digantikan dengan suasana yang segar.  Bagi pecinta fotografi ini merupakan salah satu surge karena dapat memotret keindahan alamnya yang masih alami serta jernihnya air yang mengalir melalui alur di sela-sela bebatuan. Filosofi Slow Speed bagi fotografer menjadi alas an utama untuk memasuki area ini karena terdapat banyak spot yang dapat di pakai untuk memotret.

Sebelum memasuki area Curug 7 dan selepas pintu masuk pengunjung dimanjakan dengan jalanan yang sudah rapi, meski hanya berkisar 1meter lebarnya, namun bukan jalanan tanah yang dilalui. Di dalam area tersebut juga disewakan tenda untuk berteduh atau bagi beberapa petualang di gunakan untuk menginap dengan diselingi api unggun bagi pengunjung yang menyewanya. Dikiri dan kanan jalan akan ditemui tenda-tenda yang didirikan untuk disewakan. Pohon pinus yang menjulang tinggi sepanjang perjalanan menuju curug 7 turut menambah indahnya pemandangan. Seolah tak bosan memandang dan melihatnya dengan kesejukan alamnya.  Hijau dan sejuk. 

Cuaca di sekitar Cilember sering di selimuti kabut tipis yang kerapkali turun dengan tiba-tiba dan menghilang lagi, hanya numpang lewat saja. Apalagi bila kondisi hujan tiba, acapkali puncak pepohonanpun tak kelihatan akibat tebalnya kabut yang turun. Kita di bawa seolah-olah sedang mendaki gunung yang tinggi. Bagi sebagian orang, turunnya kabut cukup menakutkan karena jarak pandang yang terbatas membuat imaginasi kita langsung sirna. Rasa takut segera menghampiri entah apa rasa yang dirasakan namun segera sirna ketika kabut tersebut lewat dan suasana temaram akibat kabut kembali cerah. Rasa takutpun berubah menjadi rasa optimis. Optimis untuk menggali lagi lebih dalam keindahan curug. 

Sesampai di curug 7 rasanya belum afdol kalau kaki tidak masuk air. Nyes, dingin sedingin air es…, jernih air pegunungannya sangat terasa. Tak kuasa tanganpun mengambilkan air untuk di basuhkan ke muka. Sungguh segar seluruh tubuh dibuatnya. Penat dan capai selama dalam perjalanan terbayar sudah.  Cuaca di sekitar Curug 7 juga kerap sekali di selimuti oleh kabut tipis yang kadang-kadang turun, apalagi ketika cuaca sedang hujan, maka kabut akan turun. Hal ini menambah suasana sejuk dan nyaman di hati. Kesejukan yang mampu menghunjam kedalam hati sanubari. Tenang, damai di buatnya. 

Di lokasi Curug 7 juga di sediakan penyewaan tenda bagi yang ingin sekalian camping tak jauh dari pintu masuk Curug.  Tidak perlu kuatir dengan area sanitasi karena sudah tersedia toilet, dan kalaupun mau mencoba mandi dan berendam di bawah curug 7 dengan airnya yang jernih juga bisa. 

Tracking menuju Curug 5

Tracking Menuju Curug 5
Penampakan Curug 5

Penampakan Curug 5 saat debit air sedang besar

Penampakan Curug 5 saat musim kemarau
Di Cilember, sebenarnya terdapat keseluruhan 7 curug kalau mau di telusuri. Namun kekuatan fisik untuk menyusuri satu persatu perlu di pertimbangkan mengingat jalannya yang terus menanjak.  Setelah kita mencapai Curug 7, agak keatas ada Curug 6, namun saat ini jalan untuk menuju Curug 6 sudah di tutup mengingat medannya yang cukup sulit untuk mencapai Curug 6.  Pengunjung biasanya langsung menuju ke curug 5 yang tak kalah indahnya.  Di sekitar Curug 5 pengunjung yang tidak membawa bekal juga tidak perlu kuatir karena sudah tersedia warung tempat menjual gorengan sehingga ketika kita lapar dapat membelinya disitu. 

Kalau mau kita telusuri satu persatu Curug demi curug hingga sampai ke curug 1 tidaklah mudah, karena di atas Curug 5 terdapat peringatan jika ingin menuju curug berikutnya untuk meminta ijin dulu ke pengelola. Penulis sendiri perjalanan dihentikan hingga curug 5 dan mencoba untuk berpuas diri sambil melihat pemandangan sekitar yang pada saat itu dalam kondisi berkabut sehabis turun hujan. 

Warung tempat istirahat di area Curug 5

Perjalanan Lanjutan

Kali ini setelah beberapa saat mengunjungi Curug Cilember dalam keadaan hujan, saya menyempatkan diri untuk datang kembali ke sana dengan keadaan yang cerah. Akhirnya setelah pada perjalanan pertama hanya sampai ke Curug 5, kali ini mengingat cuacanya bagus perjalanan dilanjutkan ke curug 4 dan Curug 3.
Jalanan yang cukup terjal membuat saya tidak mudah untuk menaklukkannya, namun Karena kondisi tanah yang bagus dan kering akhirnya setelah saya menyempatkan beristirahat sejenak di warung yang terletak di seputar Curug 5, perjalananpun cukup mudah untuk menjangkau curug 4. Curug 4 tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan Curug 5 yang lebih tinggi. Keadaan kemarau yang panjang menyebabkan debit airnya sedikit sehingga sayapun tak sungkan untuk bermain-main dengan air tanpa takut datangnya air bah.
Dingin dan jernihnya air membuat saya tertegun sejenak. Memperhatikan aliran air dan menikmati suasana sunyi alam pegunungan, dengan sesekali terdengar disana-sini suara ‘cenggeret’ yang membuat suasana meriah. Sejenak tersadar, untuk selanjutnya rasa penasaran ini membawa kakiku untuk melangkah mencari jalan untuk menuju ke Curug 3. 

Setelah cukup beristirahat di area Curug 5 perjalanan dilanjutkan ke Curug 4, kompak adalah hal utama

Penampakan Curug 5 saat debit airnya kecil

Bersantai sejenak dengan air yang dingin

Perjalanan dilanjutkan ke Curug 3
Ada dua jalan untuk dapat mencapai curug 3, yaitu balik arah seperti ketika sebelum sampai curug 4 untuk mengikuti petunjuk jalan selanjutnya, atau bisa juga menyeberangi aliran air kalau kondisinya memungkinkan. Kali ini saya mencoba menelusuri jalan dengan menyeberangi aliran air.  Setelah melewati semak belukar dengan mengikuti jalan setapak, akhirnya sampai juga ke Curug 3. 

Penampakan Curug 3 Cilember

Berpose sejenak di Curug 3 Cilember

Bersantai sejenak di area Curug 5

Saatnya turun dari Curug 3
Dibandingkan dengan curug 4, Curug 3 memiliki panorama yang lebih indah dan lebih tinggi, dengan bebatuan dibawahnya. Namun sayangnya karena debit airnya yang sedikit akibat kemarau curug ini jd kurang indah.  Akhirnya sejenak kita bermain di curug tersebut, tak terasa waktupun kian sore, dan saya memutuskan untuk kembali turun kebawah. Curug 2 dan Curug 1 sementara masih menjadi PR untuk selanjutnya dapat berkunjung kembali kesana.

Jadi, kapan lagi kita kunjungi objek wisata di sekitar kita. Tidak perlu mahal, kenali dan cintai objek sekitar kita. Line @totoandromeda

No comments:

Post a Comment