Wednesday, March 6, 2024

OONG MARYONO , SALAH SATU PEMERAN "PEMERKOSA" LASMINI DALAM SAUR SEPUH 3


Masih tentang saur sepuh ya, kali ini adalah tentang sosok pemerkosa Lasmini dalam film Saur Sepuh 3. Dalam film Saur Sepuh 3 Kembang Gunung Lawu yang di perankan oleh Murtisaridewi sebagai Lasmini sebagai tokoh sentral dari film ini. Di ceritakan Lasmini adalah istri dari Saudagar ternama bernama Juragan Basra. Namun karena Lasmini justru juga mencintai laki-laki lain yang lebih gagah seperti Ranggawuni, terlebih Juragan Basra juga gagal menahan kepergian Lasmini karena bosan mengikuti juragan Basra sebagai pedagang, maka timbul niat jahat juragan Basra untuk membunuh Lasmini. 

Di tengah jalan , Lasmini di cegat oleh begundal Juragan Basra, kemudian ramai-ramai memperkosa Lasmini dan kemudian Lasmini di buang ke jurang dengan harapan Lasmini akan mati. Namun siapa sangka Lasmini di tolong oleh nenek Lawu yang kelak setelah menerima ilmu yang di ajarkan nenek Lawu di perguruan Anggrek Jingga, Lasmini akan menuntut balas dan membunuh satu persatu pemerkosanya. 

Salah satu dari sosok pemerkosa Lasmini di perankan oleh Oong Maryono. Siapakah Oong Maryono? di kutip dari Majalah Film edisi 089/57 tahun VI , 25 Nov - 8 Des 1989, dia adalah seorang atlet yang pernah dua kali juara dunia silat untuk kelas bebas dan empat kali juara nasional Tae Kwon Do untuk kelas yang sama. Lelaki kelahiran Bondowoso 28 Juli 1957 ini terjun ke dunia film setelah Robert Santoso menariknya  dan memperkenalkan pada Imam Tantowi, sang Sutradara film Saur Sepuh 3. 

Oong Maryono berperan sebagai Ande, anak buah juragan Basra yang ikut memperkosa Lasmini . Ande akhirnya mati ditangan lasmini setelah di tusuk pedang.  Bermain film hanya menjadi ajang percobaan saja bagi Oong karena jika prospeknya cerah maka ia edan terus bermain film namun jika tidak maka ia akan kembali ke pekerjaanya selama ini. 

Pendekar di perguruan silat Nusantara dan Penyandang DAN III Tae Kwon Do serta pemegang sabuk Coklat Jui Jit Su, selain punya prestasi gemilang di seni bela diri yang ditekuninya, juga punya ribuan murid di Brunei Darussalam. 

Oong Maryono juga tercatat pernah bermain di Tutur Tinular dan Jaka Swara. 

No comments:

Post a Comment