Friday, December 5, 2025

TONY HIDAYAT, WIRO SABLENG BIKIN GENDENG

 


TONY HIDAYAT, WIRO SABLENG BIKIN GENDENG. Ingat film Wahyu Sihombing "Istana Kecantikan?". Ingat Nurul "Siska" Arifin yang nyeleweng dengan pembantunya sendiri? Sang pembantu itu adalah Tony Hidayat, cowok tampan kelahiaran 24 Desember 1964. Dalam film itu, Tony kebagian peran sebagai pemuda b i s e k s. Bayangkan, dia harus melayani nafsu s e k s kedua majikannya. Tahan Ton? Dan cowok blasteran Sumatera-Jawa ini hanya tersenyum. 

Tony, sejak SMP merasa minder. Cemburuan. Soalnya sejak kecil Tony dididik secara prihatin. Syukurlah seorang gurunya menganjurkan dirinya untuk menekuni seni akting. Alhamdulillah usaha itu menampakkan hasilnya, ujar Tony yang merupakan mahasiswa IKJ. "Bergelut dengan  seni peran memang secara perlahan mampu mengembalikan rasa percara diri".

Di film sendiri, adalah Wahyu Sihombing yang mula-mula menawarnya untuk ikut main dalam film "Gadis Hitam Putih" tahun 1985. Langkah pertama itu kemudian diikuti oleh permintaan Dasri Yacob untuk ikut bermain dalam film "Suka Sama Suka". Kemudian PT Inem Film mempercayainya untuk menjadi pemeran film "Wiro Sabling" yang di sutradarai Lilik Sudjio. 

"Tapi film Wiro Sableng ini nyaris membuat aku gendeng (gila) dan kropos. Disipling sutingnya terlalu keras. Berat badan saya sampai turun 5 kg. Ini karena aku sendiri terlalu berambisi dalam mengejar karirku", keluhnya. "Wiro Sableng juga menyita waktuku untuk bercinta-cintaan. Apa yang saya sintai sepertinya enggak mungkin tercapai. Padahal di depan kamera aku adalah pendekar gagah yang tak terkalahkan. Tapi diluar film, aku limbung dan sempoyongan," kata adik sepupu Ida Royani ini. 

Dalam keterlibatannya di film, Tony mengaku beberapa kali tergelincir. "Tapi syukurlah, aku ini menyadari kesalahan itu. Aku mendapat petunjuk dari Tuhan,"katanya. "Ini karena film "Wiro Sableng" juga. Sebagai pendekar yang tak terkalahkan, aku kemudian berpikir Wiro Sableng pasti punya ilmu putih yang berasal dari Tuhan. Aku terpengaruh. Meskipun cerita film ini fiktif, "" tambahnya. 

Mengaku banyak belajar dari dunia film, Tony pun siap menerima resiko. "Dalam hal suting, saya tidak mau digantikan stand-in. Meskipun itu berbahaya," tuturnya. "Pak Lilik Sudjio bukan saja menyutradarai aku di depan camera, tapi alam kehidupan sehari-hari," kata cowok yang mulai sadar menabung ini. "Wiro sableng memangbenar-benar telah membuat saya teler. Karenanya saya mau istirahat dulu main film biar stamina tubuh saya fit kembali," katanya kemudian.


~MF 069/37/TahunV / 18 Feb - 3 Maret 1989

Tuesday, December 2, 2025

NIKE ASTRINA, MAIN FILM GADIS FOTO MODEL

 


NIKE ASTRINA, MAIN FILM GADIS FOTO MODEL. Jawa Barat memang "gudang"nya cewek cakep, pemain film dan penyanyi. Dari propinsi terdekat dengan Jakarta ini terus mengalir artis-artis muda dan berbakat. Diantara yang sedang kondang saja kita bisa mencatat beberapa nama antarai lain Meriam Bellina dari Buah Batu Bandung, Paramitha Rusady yang juga titisan darah Sunda, Yurike, Nicky Astria, Betharia Sonata, Vina Panduwinata, Hetty Koes Endang dan seabrek nama lainnya. Belum lagi pendahulu mereka seperti Chitra Dewi, Conny Sutedja, Alcia Djohar, Tuty S, Lenny Marlina dan sebagainya. 

Nike Astrina hanyalah satu dari sekian banyak gadis Bandung yang mencoba menekuni dunia tarik suara dan layar putih. Sudah dua film yang sempat dibintangi oleh pelajar SMP Negeri 30 Bandung ini. Pertama berperan sebagai adik Ida Iasha dalam film "Kasmaran"nya Slamet Rahardjo dan yang kedua "Gadis Foto Model" . Dua film yang berbeda tema dan cita rasanya. 

Kesan sepintas, Nike Putri bungsu keluarga RE Kusnadi yang karyawan Pusdiklan PJKA Bandung ini mirip dengan Paramitha Rusady. Baik postur tubuhnya, warna kulitnya bahkan garis-garis wajahnya. Dalam usianya 14 tahun (Lahir di Bandung, 27 Desember 1975) Nike sekarang memang sedang ngebut menuju tangga popularitas. 

Giat nyanyi di panggung, di samping terus karir main flm. Juga di bidang rekaman sekarang ini. Nike sedang bersiap-siap melemparkan album pertamanya. Dalam film kedua ini Nike berperan sebagai salah satu Gadis Model kelompok Susy (Cut Irna). Cukup banyak juga di amuncul tapi belum dituntut akting yang berat. Tapi pemunculannya di film kedua ini lumayan banyak. Ada sekian scene dan dia melewati hari-hari suting dengan penuh antusias dan disiplin. Selama suting Nike dan Cut Irna tinggal di sebuah hotel di sekitar Jl. Kramat Raya. Mereka pulang balik ke Bandung dan Tasikmalaya untuk menyesuaikan sekolahnya. 

Lumayan juga repotnya menghadapi bangku sekolah dan suting film apalagi cukup berjauhan. Sebagian besar pembuatan film tersebut dilakukan di Jakarta. Makanya selama dua bulan terakhir ini Nike terpaksa mondari mandir Jakarta Bandung. Tak terganggu sekolah? "Sedikit banyak terganggu juga dong, tapi saya selalu berusaha mengejarnya," kata Nike Astrina di sela-sela suting di daerah wisata , Puncak-Bogor. Kalau sedang di Jakarta dia tak lupa membawa buku-buku pelajarannya dan kalau break suting satu dua hari dia langsung ke Bandung. 

Cukup Sulit mengatur waktu antara sekolah, main film, nyanyi dan bahkan rekaman. "Apa boleh buat resiko, say aharus mengatasi semua itu, saya berusaha untuk tidak melewatkan kesempatan yang ada demi karir dan cita-cita, " katanya. 


~MF 069/37/TahunV/28 Feb - 3 Maret 1989.

Saat di wawancara, namanya belum berganti Nike Ardilla , nama Nike Ardilla muncul setelah album pertama Seberkas Sinar beredar 

Monday, December 1, 2025

NASIR, DENGAN SATU ISTERI TIDAK CUKUP?


NASIR, DENGAN SATU ISTERI TIDAK CUKUP?

Bokir dan Nasir dua orang pemain film yan gberangkat dari kesenian Betawi. Bokir dari Topeng Betawi dan nasir dari Lenong yang dua duanya aktif meramaikan produksi film nasional. Namun demikian tetap aktif melayani panggung untuk Lenong maupun Topeng Betawi. Mereka ternyata tidak cukup satu istri. masing-masing hidup dalam keadaan rukun, tentram dan bahagia. 

Nasir yang lahir tahun 1935 mengaku bikin grup Lenong sejak kecil. Pertama main film dalam "Pinangan" yang di sutradarai oleh Sjumandjaya dengan pemain utama Benyamin S . Kemudian disusul film-film berikutnya Macan betawi, Kembang Semusim, Setan Kredit, Pengemis dan Tukang Becak, Duyung Ajaib, Wanita Harimau/Santet II serta Titisan si Pitung yang di sutradarai oleh Tommy Burnama dan Si Gondrong Lawan Bek Marjuk yang di sutradarai oleh Atok Suharto dan lain-lainnya. Lebih dari 20 film ia mainkan. 

Tarif di lenong antara Rp. 500rb sampai 1 juta, satu grup. Sedang main film santet II, Nasir menerima honor 1 juta, perbandingan yang cukup besar.

"Saya merasa senang main film, walaupun enakan di Lenong. Sebab di Lenong penonton nguber akting kita, sedang di film kamera yang nguber akting kita," kata Nasir di rumahnya di Ceger, dekat Taman Mini didampingi Tonah isteri kedua dan 2 orang anaknya. Isteri pertamanya dengan 6 anak ada di Jatinegara. "Gue enggak repot kok punya 2 bini, sebab mereka masing-masing sudah saling tahu dan saling mengerti," tambah Nasir yang selain main film dan lenong juga sering muncul di TV. 


~MF 093/61/tahunVI 20 Jan-2Feb 1990

Sunday, November 30, 2025

DEVI PERMATASARI, KABAR DUKA DAN BAHAGIA

 


Di saat isak tangis dan kesedihan menyelimuti keluarganya pada tanggal 30 Juli 1990, Dewi Fortuna tiba tiba datang saat kepergian Abdullah Musa, papa tercinta Devi Permatasari ke haribaanNya.

Singkat cerita via anak Djun Saptohadi yang orang film, Devi Permatasari, maka jadilah ia tokoh Garnis, kakak kandung Raden Bentar anak tiri Brama Kumbara raja dari kerajaan Madangkara yang dalam film saur Sepuh IV di perankan oleh Denny Porlen. Dalam film Saur Sepuh IV akan menumpas pemberontakan Dursila Cs. Bersama sutradara beken Imam Tantowi, Devi langsung mendapat peran utama dalam film Titisan Darah Biru. 

Sutingnya berlokasi di daerah Garut, Pangandaran dan Gresik. Devi, kelahiran Jakarta 11 Juni 1974, kontraknya pada PT. Kanta Indah Film selama satu tahun dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. 


~MF 120/88 TH. VII 2 - 15 Feb 1991

Saturday, November 29, 2025

PENATA LAGA EDDY S. YONATHAN, INGIN SEJAJAR DENGAN SUTRADARA


PENATA LAGA EDDY S YONATHAN

Kurang begitu sukses menempuh karir sebagai pemain, dan gagal mendirikan grup band, Eddy S Yonathan kini lebih hndal sebagai penata laga. Menggarap sinetron laga tradisional lebih sulit dibanding modern, katanya. Eddy memimpikan penata laga sejajar profesinya dengan sutradara. 

Sudah lebih 70an judul film laga yang ditangani oleh Eddy S Yonathan, penata kelahi yang cukup di segani di lapangan. Ia pernah mengarahkan bintang bintang laga handal seperti Barry Prima, Yoseph Hungan, Advent Bangun, Johan Saimima dan lain-lain. Murid terbaik Sutrisno Wijaya(sesepuh bintang dan fighting director film laga nasional) yang belajar ilmu beladiri di perguruan Porbikawa selama 6 tahun lebih , sedang menagani adegan laga sinetron kolosal Tutur Tinular tayangan AN-Teve. Kendati baru pertama terjun ke sinetron namun Eddy mengaku tidak mengalami kesulitan dalam mengarahkan para pemainnya untuk adegan eksyen klasik. Bahkan ia mengaku merasa semakin mudah untuk memperoleh adegan laga yang maksimal. 

Memulai karirnya sebagai pemain merangkap fighting instructur lewat film Tangan Besi tahun 1971. Tapi kemudian Eddy lebih mendalami tata laga. Dia ingin menjadi fighting director, mengikuti jejak sang guru Sutrisno Wijaya.

Termasuk keras di lapangan suting, lebih tepat dibilang disiplin. Tak pilih bulu, apakah pemain sekaliber Barry Prima sekalipun, sampai pada figuran-figuran, mereka yang susah diarahkan segera posisinya digantikan, atau di hapus sama sekali. Karena disiplin itulah Eddy cukup disegani sebagai fighting director dimata para pemain dan kru. Dia juga tidak mau didikte oleh sutradara drama. itu karena Eddy merasa posisi fighting director sejajar dengan sutradara. Masing-masing punya kekuasaan sendiri. Dia tidak segan-segan mengambil sikap tegas jika ada sutradara drama yang ingin campur tangan dalam satu adegan laga yang ditanganinya. 

Pria berpostur tinggi 170 cm ini menikah pada tahun 1977 dengan Maria Wahyu Raharjo dan dikaruniai dua orang anak, Amalia Yonathan yang sudah menulis skenario beberapa film seperti Rawing II, Macho II dan Pedang Ulung, sedangkan bungsunya bernama Danie Lahenda Yonathan. 

Eddy S Yonathan pernah menekuni dunia musik sebagai gitaris, tapi tidak bertahan lama. Grup bandnya bubar. Eddy menekuni dunia ilmu bela diri dan film laga, karena dia merasa berkembang disitu. 

Meski sinetron jenis eksyen belum dihargai di ajang festival, Eddy tidak mau ambil pusing. "Dari dulu memang begitu. Inilah kejelekan para pekerja seni kita, tidak bisa menghargai karya orang lain hanya karena terbentur aturan yang belum dikembangkan, " kata putra ke lima dari enam bersaudara kelahiran Malang, 20 Juni 1950 ini. 

Saat wawancara ini dibuat, Eddy sedang sibuk menggarap sinetron kolosal Tutur Tinular tayangan AN-Teve (kemudian pindah Indosiar) yang berlokasi di bumi perkemahan Cibubur, pantai pangandaran dan Beijing, China. "Saya konsentrasi dulu disini, dikontrak oleh Pak Budi Sutrisno, bos PT. Genta Buana Pitaloka. Saya baru keluar dari satuperusahaan film, karena kontraknya sudah habis," ujar Eddy. 



berikut petikan wawancara dari Majalah Film dengan Eddy Es Jonathan. 

"Tutur Tinular adalah yang pertama bagi anda sebagai fighting director untuk tayangan layar kaca. Ada tidak perbedaan adegan laganya dibanding ketika anda menggarap film layar lebar?"

Pada Dasarnya sama saja, karena yang dimaksud laga atau eksyen itu adalah pukulan, tendangan dan tangkisan yang digarap secara filmis. Hanya di sinetron terasa agak mudah untuk membuat adegan , karena hasilnya bisa dilihat langsung lewat monitor. Peralatan kameranya juga lebih baik. Sementara film laayar lebar sampai sekaran gmasing menggunakan peralatan yang konvensional. 

Artinya menurut Anda eksyen film layar lebar itu lebih sulit dibanding eksyen film layar kaca?

Menurut saya tingkat kesulitan ada dua macam. Pertama dari segi fasilitas pengadaan peralatan dan kedua segi pengadeganan. Dari segi fasilitas, sinetron memang lebih modern. Karenanya lebih mudah mengambil gambar adegan eksyen yang menarik ketimbang film layar lebar. Masalah pengadeganan saya rasa sama sulitnya antara sinetron dan film. Kita dituntut mencape adegan eksyen terbaik. 

Apakah karena Anda merasa gagal jadi bintang laga sehingga menetapkan posisi fighting director sebagai profesi hidup anda?

Sebagai pemain, dibilang gagal sih nggak juga. Pertama main, saya langsung peran utama lewat film "Tangan Besi". Hanya kemudian saya lebih menekuni tata laga. Itu sesuai dengan latarbelakang keahlian saya sebagai 'orang perguruan' yang ditempa ilmu bela diri silat di Porbikawa. Saya merasa lebih leluasa berkreasi menampilkan adegan-adegan laga. Saya lebih suka disebut sebagai kreator eksyen. Tapi sekali-sekali bila dibutuhkan saya ikut main juga. 

Bagaimana proses karir Anda sampai menjadi fighting director?

Pertama kali di film Tangan Besi, selain jadi pemain utama saya merangkap fighting instructur. Darisini saya mulai mengenal bagaimana proses teknik pengambilan gambar. Kemudian saya mulai melangkah ke fighting director lewat film Cakar Maut, film saya yang ke tiga tahun 1975. Sampai sekarang saya tetap mempertahankan posisi di film sebagai fighting director. Sebagai kreator eksyen saya banyak belajar dari pak Sutrisno Wijaya, guru saya di perguruan Porbikawa yang juga banyak terlibat didunia film eksyen,baik sebagai pemain maupun fighting director. 

Apa saja referensi Anda sebelum menggarap sebuah adegan eksyen hingga mencapai hasil yang maksimal?

Yang utama bagi saya adala skenario itu sendiri. Saya selalu mempelajari unsur filmisnya dulu. Dari pengalaman kerjasama dengan beberapa sutradara merangkap kameramen yang cukup handal seperti Liu Chun Bok. Antara gambar dan pengadegaan bebeda. Dalam gambar seperti ada distorsi dengan asli yang dlihat oleh mata telanjang. Bisa saja yang tadinya olahraga beladiri di dalam film bisa menjadi ilmu bela diri. Film bisa menjadi 'ilmu' bela diri. Demikian juga sebaliknya, itulah filmisnya. Bagaimana kita menginterprestasikan pengadeganan yang ada di skenario. Sementara skenario itu sendiri bukanlah skenario yang utuh, karen adi abukan merupakan director shoot, melainkan skenario yang sifatnya tergantung sutradara di lapangan entah itu bagian drama atau eksyen. Misal seperti Tutur Tinular ini banyak pengadeganan eksyen. Tapi menurut saya plotnya kurang mengena, sehingga say aharus melakukan perombakan bekerjasama dengan penulis skenario. 

Saya juga mengambil refernsi dari film luar, jika ada peran yang karakternya orang luar. Seperti beberap atokoh dalam sinetron Tutur Tinular yang memerankan tokoh pendekar dari daratan Cina, Saya harus menerapkan konsep, karakterdan ilmu yang ada di Cina untuk pemainnya. 

Apa bedanya antara olahraga bela diri dengan 'ilmu' bela diri yang anda maksud.?

Ilmu itu dengan senirinya kita menggunakan bela diri dari mampu mengantisipasi problem. Tapi yang di sebut olahraga, semaa kekuatan fisik aja, ada lagi yaitu seni bela diri yang mengutamakan bentuk keindahan. 

Apa kesan Anda selama mengarahkan para bintang  laga kita?

Wah, bermacam-macam mulai yang susahdi arahkan , bandel sampai yang gampang diarahkan . Bervariasi. 

Anda menekuni ilmu bela diri hampir 32 tahun, ditambah ketika Anda masih kanak-kanak juga sudah latihan silat. Sejauh mana peran Anda dalam mengontrol beraneka ragam emosi pemain yang kata anda bervariasi itu?

Sangat membantu sekali, dimana saya harus menguasai mereka secara kejiwaan. Saya berupaya untuk bisa memahami seluruh kepribadian dan kebiasaan mereka. Itu memang harus di kuasai oleh seorang sutradara drama dan sutradara eksyen. 

Pernah berseteru dengan mereka?

Seingat saya belum pernah terjadi. 

Jika ada yang bandel, biasanya apa yang Anda lakukan?

Saya ganti dengan pemain lain atau mengganti adegan. 

Apa saja bekal utama untuk bisa menjadi fighting director?

Selain yang saya bilang tadi, yaitu menguasai ilmu, olahraga dan seni bela diri, juga harus menguasai musik. Paling tidak harus mempelajarinya. Karena musik merupakan gabungan pengadeganan yang bersentuhan langsung pada efek, sound, nuansa dan ilustrasi. 

Diantara bintang-bintang laga Indonesia, siapa yangpaling sulit anda arahkan?

Hm.... (diam sejenak) kayaknya nggak ada, sebab saya selalu memberikan peran yang sesuai dengan kemampuanpemain. Saya tidak akan memberikan peran yang kira-kira adegannya tidak bisa di lakukan pemain. 

Diantara puluhan film laga yang sudah Anda garap, film apa saja yang benar-benar maksimal Anda mengerjakannya?

Tentang maksimal minimal film yang saya hasilkan, tergantung pada budget produksi yang disediakan. Misal Saur Sepuh V, itu budgetnya tiga ratus juga. Hasilnya lebih baik dari film Pedang Ulung yang hanya seratus juta. Tapi jujur saya katakan, dalam setiap bekerja di lapangan saya berupaya maksimal. 

Antara Eksyen Klasik dengan Modern, bagi Anda mana yang lebih sulit?

Dalam kondisi seperti ini, saya merasa lebih sulit membuat adegan Eksyen modern karena untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan peralatan yang modern, juga, mulai dari peralatan di lapangan maupn untuk proses editing di laboratorium. Sementara eksyen klasik cukup dengan peralatan konsvensional. Namun pada dasarnya kedua jenis itu punya tantangan dan kesulitan tersendiri. 

Kalau tidak salah, eksyen dunia terdiri dari eksyen Amerika style, eksyen Mandarin dan Eksyen India. Anda lebih cenderung kemana?

Saya lebih tertarik ala Amerika, karena biasanya film-film laga Amerika selalu menjaga keseimbangan cerita dengan adegan laganya yang selalu terkait dengan jurus-jurus ilmu bela diri. 

Sebagaian fighting director pernah mengatakan gerak ilmu bela diri silat sulit mengambil angelnya dan kurang menarik untuk ditampilkan ke bahasa gambar. Sehingga eksyen kita lebih banyak menampilkan jurus-jurus ilmu bela diri asing seperti Karate dan Tae Kwon Do. Apakah itu benar?

Ah, itu tidak benar. Tergantung pada penggarapnya, siapa fighting directornya. Jenis ilmu beladiri apapun kalau digarap baik dan sungguh-sungguh, pasti akan menghasilkan eksyen yang indah, karena masing-masing aliran punya keistimewaan dan keindahan sendiri. Tinggal bagaimana kita menggali dan menampilkan keistimewaannya itu. 

Ada yang mengatakan untuk menjadi bintang eksyen itu gampang ketimbang jadi bintang drama, Apa pendapat anda?

Ha ha (tertawa) justru eksyen itu jauh lebih sulit. Karena eksyen itu jelas ada dramanya. Tapi kalau drama, belum tentu ada eksyen. Maknya pernah sutradara kita Fritz G Schadt bilang, bahwa sutradara yang belum pernah bikin film eksyen belum sah jadi sutradara.

~MF 299/265/XIV 29NOV-12DES 1997



Friday, November 28, 2025

ERIK "GOBANG" SOEMADINATA

 


ERIK "GOBANG" SOEMADINATA. Kesuksesan film serial SI Gobang di pasaran ternyata tak mengubah keseharian Erik Soemadinata, pemeran si Gobang pendekar berbudi luhur. Lelaki pemalu kelahiran 7 Januari 1965 ini masih tetap Erik yang kemana-mana naik bis dan suka nongkrong di toko buku dan majalah untuk melampiaskan kegilaannya membaca. 

Anak pertama dari lima bersaudara putra pak Soemadinata, wartawan harian Pikiran Rakyat ini sejak kecil memang hobi membaca, terutama komik cerita silat yang sedikit banyak merasuk dalam kehidupannya. Makanya waktu dites untuk memerankan Gobang, ia tak menemui banyak kesulitan. Apalagi ditunjang dengan penguasaan tiga cabang olahraga yang di gelutinya dengan tekun, Silat Tinju dan Bina Raga. 

Dewi Fortuna memang segera merangkul terhadapnya yang sempat menggeluti berbagai macam pekerjaan mulai dari Security, demonstrator alat-alat olahraga, supervisor sampai jadi pelayan di sebuah restoran internasional. Sutradara Atok Suharto dan Liliek Sudjio memasangnya sebagai pemain andalan untuk film seri Si Gobang dan Misteri dari Gunung Merapi.

Sukses yang diraihnya terhadap pemuda yang sempat bercita-cita jadi seorang psikoog ini tak lepas dari kerja kerasnya dan semakin mantap kalau film adalah nafas hidupnya. "Apapun yang terjadi saya akan menggeluti film". Walau t idak sebagai pemain, mungkin sebagai kru film;" kata Erik yang mungkin tertarik sebagai kru film " tekad Erik yang hanya mendapat hono Rp. 25.000 untuk tampil sekian detik dalam film "Istana Kecantikan dan Kelabang Seribu".

Walau belum bergeser dari film-film laga, Erik tetap untuk berprinsip tidak akan menerima tawaran main film yang ada adegan panas. 


#eriksoemadinata

Thursday, November 27, 2025

RINA LIDYA RAWIT

 


RINA LIDYA RAWIT  anggota Srimult pertama main film di gaet oleh Nya' Abbas Akub untuk mendukung film "Cintaku Di Rumah Susun" . Di susul film-film berikutnya Kipas-Kipas cari Angin, Nyoman Dan Merah Putih, Wanita Harimau atau Santet II serta Makelar Kodok. 

"Pertama saya main di depan kamera rasanya seperti di uber setan gitu, lihat kamera kayak lihat setan, takut. Tapi lama-lama ya enggak," kata Rina. 

Setelah jadi pembatu dalam Cintaku Di Rumah Susun, Rina jadi isteri Pak Tile dalam Kipas-Kipas Cari Angin, kemudian jadi keponakan tokoh yang dimainkan oleh Roy Marten dalamfilm Nyoman dan merah Putih. Sedang dalam Wanita Harimau atau Santet II jadi pacar Bokir, dan dalam Makelar Kodok jadi hostes. 

"Jadi apa saja, diajak siapa saja saya mau, asal tidak diajak nyebur sumur aja," ungkap Rina yang lahir 19 Februari 1960 yang merupakan saudara kandung dari Neni Ribut Rawit yang juga main di Srimulat. 

Selain ikut dengan Srimulat, Rina juga sering melawak dengan grup-grup lainnya seperti grup Srimulat, Grup Tarzan, dan Grup Eddy Gombloh. Tarif sekali manggung Rina mengantongi Rp. 400.000,-.

Setelah sekali main film, Rina mengaku ketagihan. Kalau akting di panggung merasa leih bebas an spontan sedang di film selalu berdasar skenario dan petunjuk sutradara. 


~MF 095/63 Tahun V, 17  Feb - 2 Maret 1990

ANAS ROIZAEN, MURID MANTILI


INILAH PEMERAN MURID MANTILI YANG BERSAMA GARNIS DALAM SAUR SEPUH 4. ANAS ROIZAEN, Pada jaman Sultan Agung dan Diponegoro  para pendekar bergabung menentang kolonial, para empu menciptakan ajang di Timur Tengah untuk menyalurkan para pendekar modern dengan senjata otomatisnya. Para pendekar di jaman kerajaan dulu , telah mewarisi sisa-sisa kepatriotan dan budaya. Silat adalah salah satu warisan budaya yang terus berkembang menjadi seni olahraga bela diri. Pendekar-pendekar silat tidak sedikit yang berangkat ke medan laga untuk menyalurkan lewat dunia film, Anas Roizaen adalah salah satu diantaranya. Pria asal Tegal ini berniat berlaga di film. Di Tegal, ia aktif di organisasi film club, selepas SMA dalam masa-masa pencarian jati dirinya ia sempat nongkron di IAIN Sunan Gunung Jati Cirebon, itu terjadi pada tahun 1987, pada tahun yagn sama pula ia lari dari Sunan Gunung Jati dan mengeram di Pondok Pesantren Kadu Sumur Banten. Akan tetapi tidak lama kemudian kembali lagi ke Tegal dan memperkuat perguruan Silat Trenggani yang di pimpin oleh Benhur. 

Benhur sangat percaya pada bakat anaknya, maka Anas panggilan akrab yang bernama lengkap Mokhamad Nasucha bin Zaenudin Benhur ditugasi menjadi instruktur di perguruan Trenggani. 

Pertama kali bertemu dengan Ki Dalang Imam Tantowi pada acara Film Club di Jakarta. Pada tahun 1989 ia langsung bergabung dalam film "Pancasona" kemudian disusul dengan "Ajian Nyimas Gandasari" "Pertarungan" , "Saur Sepuh III dan berlaga di Saur Sepuh IV. Sampai dengan film kelima tersebut ia belum pernah mendapat kesempata untuk memegang peran utama , kecuali peran peran pembantu. 

Sesuai dengan nama aslinya Nasucha, ia tidak mau meninggalkan sholatnya dan dimana ada kesempatan ia selalu berusaha untuk membaca kitab suci Al Quran baik itu dirumah , masjid maupun di lokasi suting. Ia pernah mengalami kecelakaan kecil di lokasi suting, justru ketika ia hendak menjalani ibadah sholat. Di waktu subuh, ia terpeleset dan masuk kolam comberan, untung ada yang menolong sehingga ia cuma pingsan. Mungkin pagi itu masi cukup gelap sementara kabut menghalangi pemandangan di Sukabumi, sehingga ia tidak bisa melihat daerah yang rawan. Kali ini si jago silat tak bisa berkutik menghadapi comberan. 

"Ya jika mungkin saya ingin menjadi instruktur" tuturnya malu-malu . Anas setiap usai subuhan ia langsung berlatih silat secara rutin serutin sholat itu sendiri. "Menurut saya pesilat jika menjadi instruktur justru akan semakin maju, karena disana mau tidak mau dia dituntut mengembangkan jurus-jurus baru seperti layaknya kerja seorang koreografer", jelas Imam Tantowi. Barangkali itulah yang embuat ia semakin bergairah. 

~MF 120/88 Tahun VII 2 -15 Feb 1991