Wednesday, November 14, 2018

CURUG MARIUK, SPOT INDAH YANG MASIH PERAWAN



Penampakan Curug Mariuk, Keadaan cukup ramai agar tidak bocor maka hasilnay seperti ini

Sebelum Pulang pose dulu. KiKa : Gw, Angga, Nisa, Finsa , Depan Utik

Ritual
Bising dan jenuh dengan kerjaan sehari-hari? Saatnya melepas penat. Kemana? ngemol? ah itu sih sudah biasa bukannya pikiran makin segar malah makin ruwet dengan rutinitas di mall yang itu itu saja. Nah kali ini saya akan membawa pengunjung blog nih ke spot indah dan menyegarkan.

Curug Mariuk. Ya kali ini saya akan ke curug Mariuk. Perjalanan di mulai dari Bekasi menuju Sentul Bogor. Dari bekasi saya berdua dengan Utik untuk selanjutnya janjian sama teman-teman Utik di rest area 34 arah Bogor. Sesampai di rest area jam masih menunjukkan pukul 8.15an kurang lebih sembari menunggu mereka yang konon sedang membeli kopi yang terkenal itu (eit gak sebut merek ya tar dikira promosi secara gw gak di endorse hehe). Tidak berapa lama muncullah teman-teman Utik bertiga Nisa, Angga dan Finsa. Akhirnya speak speak sebentar di sepakati untuk naik keatas menggunakan satu mobil saja. Deal berangkat , mobil mereka di parkir di ruko seputaran keluar tol Sentul Selatan.


Untuk mencapai Curug Mariuk sebenarnya terdapat dua jalur yang dapat di tempuh jika berangkat dari Jakarta yaitu melalui Citeurep atau melalui jalan arah Curug Leuwi Hejo. Karena saya hafalnya melalui Curug Leuwi Hejo maka di pilihlah jalan ini. Dari arah Jakarta kendaraan keluar melalui pintu tol Sentul Selatan, selanjutnya maka arahkan perjalanan menuju ke Curug Leuwi Hejo. Bagai yang belum pernah gunakan saja google maps. Menuju Curug Leuwi Hejo perjalanan masih terbilang enak karena jalanan tidak sempit-sempit amat. Selepas Gerbang Curug Leuwi Hejo maka ikuti saja jalanan. Sepanjang jalan pemandangannya begitu indah juga sawah-sawahnya yang indah. Jalan terus hingga menemui  pertigaan, belok kiri dan lurus. Nah kita ambil lurus. Di pertigaan tersebut terdapat plang arah curug Hordeng. Mungkin Mariuk belum ditulis hehe. Ikuti jalan tersebut. Mulai dari pertigaan ini, jalanan lumayan lumayan sempit . Hanya cukup di lalui oleh satu mobil. Bahkan ketika berpapasan dengan motor, maka motorpun harus mengalah .
Melewati Gerbang Utama

Pemandangan

Tracking menuju Curug

Meski jalanan beberapa sudah di aspal namun sebagian besar di cor oleh warga sih kelihatannya. Cukup jauh menyusuri jalan setapak yang naik turun juga ternyata dan beberapa belokan tajam membuat hati deg degan. Hampir putus asa namun akhirnya sampailah kita di gerbang Curug Mariuk. Kendaraan di parkir dan bersiap untuk tracking. Begitu turun dari mobil udara sejuk terasa dan wow pemandangan nun jauh disana indah sekali. Di pintu kami diminta 15rb per orang untuk masuk ke Curug Mariuk juga di tawarkan untuk ngojek dengan tarif 'seikhlasnya' kata mereka karena mereka gak mau nyebutin angka. Namun kami berlima sepakat untuk jalan kaki. Cukup optimis sih karena jalan yang kami lalui cukup lebar meski masih berupa jalan tanah. Mengikuti plang yang di buat oleh warga hingga sampai ke parkiran motor. Oh iya parkiran mobil dan parkiran motor berbeda. untuk Mobil ada di pintu gerbang pertama sedangkan motor ada di tengah-tengah. Namun kemungkinan kalau nanti jalannya di perbaiki mobilpun bisa masuk karena jalanannya lumayan luas.

Tracking belum selesai, terlihat wajah lelah Utik, Angga, Nisa dan Finsa namun semangatnya masih berkobar untuk melanjutkan perjalanan. Hingga kami sampai pada titik ketinggian yang terdapat sebuah warung, kami berhenti. Melihat kebawah Pemandangannya cukup indah dan terdengar air mengalir. Sejenak kami berhenti untuk melepas lelah berfoto ria dan selanjutnya melajutkan kembali perjalanan. Meski air mulai terdengar tapi eh tapi ternyata curugnya masih jauuuuh hehe. Sebelum Curug Mariuk ada plang menuju Curug Romantis. Kami terus berjalan melewati perkebunan kopi hingga akhirnya setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam kurang sampailah kami ke Curug Mariuk.
Sebelum melanjutkan Perjalanan

Kira Kira Mereka Lagi Ngapain ya

Melanjutkan perjalanan, disini suara gemericik air terdengar lho. tapi ah penipuan ternyata masih jauh
Ada Plang di pohon kopi nih, pilih mana? lurus atau ke bawah. Nah itu curug mariuk tulisannya 100 m, ah itu hoax lebih jauh dari 100 m hehe.

Butuh Perjuangan

Hampir Sampai Curug

Saling bantu

Menuju Warung Pak Nur

Seketika itu berasa lega sekali karena satu tahap telah selesai. Curugnya Indah dengan air yang sangat jernih sehingga terlihat hijau. Meski kelihatannya dangkal namun Curug Mariuk memiliki kedalaman hingga 5 meter. Sehingga harus berhati-hati. Jepret sekedarnya rekam sekedarnya akhirnya saya pun akan melalukan ritual nih. Selama ini kalau hunting foto ritual ini tidak pernah saya lakuin, namun kali ini saya pun tertarik untuk berendam dengan airnya yang jernih. Nyess, adem banget badan langsung segar  bugar. Akhirnya kami berlima pun mencemplungkan diri ke air.

Kondisi curug hari ini lumayan ramai sehingga kami kurang begitu leluasa. Akhirnya setelah puas main air dan waktu kesepakatan untuk turun hampir usai, maka kami sudahi sembari mengisi perut di warung Pak Nur, kami sempat berbincang kalau Curug Mariuk sebenarnya baru di buka kembali sekitar 5 bulan ini. Artinya ini sebelumnya pernah dibuka dong ya karena menurut pak Nur mereka membukanya menunggu kayu-kayu pada busuk. Sebenarnya diatas Curug Mariuk masih ada curug lagi namun oleh warga tidak boleh di buka karena dijadikan sumber air minum yang di salurkan ke warga melalui pipa pralon. Dan cukup mengejutkan ketika kami mendapatkan informasi kalau sebelumnya ada warga asing yang ingin membeli Curug Mariuk 10 Juta namun warga menolaknya. Ah saya sebagai penikmat sekaligus Cinta Indonesia otomatis sangat setuju dengan sikap warga tersebut. Jangan sampai curug sebagus itu jatuh ke tangan asing.
Curug Mariuk
Bocor

Low Angle tapi curugnya jadi bantet ya

Ada yang Selpi
Perjuangan berat ditengah hujan

Curug Mariuk boleh di bilang masih perawan, disini masih minim fasilitas karena memang baru di buka namun keindahannya tak ternilai karena selama perjalanan kita di suguhi pemandangan indah karunia Ilahi.

Selanjutnya setelah kami membayar maka kami bergegas turun menuju parkiran mobil. Keadaan saat kami turun terlihat matahari menyinari, namun di tengah perjalanan kabut turun dengan cepat. Suasana cukup Syahdu dengan alunan angin yang membuat bulu kuduk berdiri. Tidak berapa lama kami sampai ke warung tempat pertama kami singgah. Kabut masih turun dan tidak berapa lama hujan turun. Namun sayang sekali saya tidak membawa jas hujan, sebenarnya sih sudah beli namun lupa naruh hingga tidak dibawa. Sambil menunggu hujan reda kami berteduh sambil terkantuk-kantuk. Ketika hujan mulai reda maka kami turun menuju parkiran mobil, beruntung saya dapat pinjaman payung sementara angga hanya menggunakan plastik buat menutup kepala, sedangkan Utik dan Finsa memakai jas hujan tersisa Anisa memakai payung. Kondisi jalanan sangat licin karena tanahnya tanah liat. Akhirnya diujung sana terlihat pintu gerbang parkiran mobil. Yess akhirnya kami sampai . Dan bergegas mencari toilet namun tidak tersedia akhirnya kami di pandu oleh warga untuk ke mushola yang tidak jauh dari parkiran. Setelah bersih-bersih dan berganti pakaian dan tak lupa tunaikan sholat dong, akhirnya pulang. Sayonara........

Ingin mengulangnya kesini lagi? Kalau saya iya..........mau mengulangnya.

Oh ya sedikit tips kalau ingin ke Curug Mariuk :

1. Berdoa, jangan sendirian [kurang kerjaan ], ini wajib deh kayaknya biar ada teman
2. Siapkan Fisik, Jangan maksain diri karena hanya menyusahkan teman kalau sudah maksain diri.
3. Siapkan perbekalan makanan dan minuman yang cukup
4. Bawa jas hujan ketika musim hujan
5. Pakailah sandal/sepatu yang nyaman, karena meski saya menggunakan sandal gunung merk lokal yang sangat terkenal itu namun saya tetap lecet. Sakit euy...... boleh kalau ada yang mau endorse
6. Bawa Kamera buat motret
7. Bawa Tripod
8. Bawa Obat obatan pribadi
9. Bawa ganti siapa tahu mau berendem juga kan
10. Dan jangan buang sampah sembarangan. Jagalah alam tetap indah.

Ingin mendapatkan foto-foto tersebut? hubungi via email ya.
Jangan lupa add Instagram di @totoandromeda dan @totoandromeda.id dua duanya ya. Subsribe Youtube di Toto andromeda.

No comments:

Post a Comment