Saturday, November 10, 2018

TELAGA PRAMUKA & TELAGA SAAT , PESONA 'HIDDEN PARADISE' DI PUNCAK BOGOR

Keindahan Telaga Pramuka

Telaga Saat kala mendung dan berkabut
Pernah berkunjung ke puncak Bogor? atau setidaknya melewati jalur puncak dari atau ke Cianjur? Apa yang terlihat ? Hamparan kebun Teh? atau villa villa cantik? kali ini saya ingin membawa untuk mengenal kembali Pesona Keindahan Puncak Bogor dan Cianjur. Kawasan Puncak lebih di kenal sebagai tempat peristirahatan bagi warga terutama kota Jakarta untuk melepas lelah dan menginap di kawasan puncak yang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin sehingga sangat cocok di gunakan sebagai tempat beristirahat bagi keluarga.
Hamparan Kebun teh

Pagi yang Indah

Namun demikian, Puncak juga menjadi pilihan sebagai tempat untuk melakukan rapat-rapat ataupun training bagi perusahaan maupun pemerintah. Di kawasan puncak banyak sekali tempat Diklat atau training bagi karyawan-karyawan baik BUMN maupun swasta dan juga dari kalangan Pemerintah. Terdapat banyak gedung-gedung yang memang sengaja di bangun sebagai tempat Diklat bagi instansi terkait. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat dan juga diklat, kawasan puncak juga memiliki tempat wisata seperti Taman Safari, wisata kebun teh dan sebagainya.

Seiring berkembangnya tekhnologi terutama sosial media yang berkembang sangat pesat, kawasan puncak termasuk kawasan yang jarang sekali tersentuh medsos padahal tempat tersebut tidak jauh dari Jakarta. Saat ini perkembangan media sosial sangat berpengaruh terhadap salah satu pariwisata bagi sebuah daerah, karena informasi yang di sampaikan di medsos utamanya instagram cepat tersebar. Bagi pecinta fotografi, menjadi hitsnya sebuah tempat maka menjadi buruanlah tempat tersebut untuk di kunjungi dan di potret. Selama ini kita hanya mengenal puncak sebagai tujuan untuk berakhir pekan bersama keluarga padahal banyak sekali spot-spot tersembunyi yang belum di eksplore lho.
Keindahan kebun Teh Puncak

Salah satu akses jalan menuju Telaga saat

Sebagai daerah perlintasan yang menembus hingga ke Cianjur , kawasan puncak memiliki daya tarik tersendiri dengan kesejukannya dan hamparan luas kebun tehnya. Namun kita jarang sekali untuk melihat lebih jauh ada apa sih di balik semua. Ada keindahan apa? Selain taman safari tentunya. Atau masjid Attaa'wun menjadi daya tarik tersendiri seolah itu berada di puncak tertinggi sebelum puncak Pass. Atau ada juga kawasan curug Cilember di Cisarua? naik ke atas lagi hinggi turun ke arah Ciloto kita akan melihat plang menuju Taman bunga Nusantara yang juga indah. Namun Tahukah anda kalau ada spot kecil namun indah di balik kebun teh itu? Tentu saja ini menjadi hidden area karena letaknya yang memang tersembunyi dan tidak mudah untuk di ketahui.

Saya akan membawa ke sebuah danau kecil bernama Telaga Pramuka. Letaknya tidak jauh dari Masjid Atta'awun berada di sebelah kiri arah Puncak pas. Disitu akan terlihat patung Pramuka bagi yang memiliki kendaraan motor dapat masuk ke area ini langsung dengan membayar Rp. 10.000 untuk masuk ke kebun Teh yang terdapat telaga Pramuka, namun bagi pemilik mobil bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. Telaga Pramuka akan terlihat kala kita turun dari kendaraan, Memang tidak terlalu besar namun memiliki keindahan dan panorama indah dengan balutan perkebunan teh dan perbukitan yang indah.
Telaga Pramuka nan Indah

Sisi Lain Telaga Pramuka

Sering kali tempat ini di jadikan tempat nongkrong anak-anak muda untuk sekedar menikmati keindahan alamnya dan angin pegunungan yang sejuk. Selain ke danau dengan biaya 10rb tersebut kita juga masih bisa untuk berkeliling perkebunan teh nan indah sambil menghirup udara segar.
Dari Telaga Pramuka ada satu spot tersembunyi lagi yang patut di kunjungi yaitu Telaga saat, letaknya jauh kedalam perkebunan Teh, Panoramanya juga Indah.
Telaga saat ketika mendung

Telaga Saat Puncak

Telaga Saat Puncak

Namun sayang sekali saat saya kesana kondisi sedang mendung dan turun kabut sehingga tidak mendapatkan foto yang cerah. Suasananya syahdu kala sore itu. Untuk mencapai telaga Saat kalau masuk dari telaga pramuka hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki ataupun dengan kendaraan roda dua. Eit tapi untuk berjalan kaki tidak rekomen deh karena letaknya jauh banget hehe saat itu saya juga niat berjalan kaki namun baru beberapa ratus meter mengurungkan diri karena jauuh hehe.

Akhirnya saya mengulangnya dengan menaiki ojek dari masjid Atta'awun, tarifnya lumayan sih 150rb untuk bolak balik dan ditungguin. Tapi itu sesuai lah dengan effort yang harus di capai menuju kesana karena jalanannya berbatu-batu dan harus ekstra hati-hati, saya sendiri sampai menahan nafas namun lega setelah sampai tujuan. Biasanya tukang ojek akan membawa kita melalui jalan yang menuju telaga warna namun belok kiri di pesimpangan pertama. Kalau melalui jalan ini sih mobil bisa masuk namun lebih aman naik ojek karena kita tinggal duduk manis sambil menahan nafas karena takut jatuh hehe. Perjalanan menuju telaga saat sekitar 30 menit dari masjid Atta'awun.

Lega sudah sampai meski hasilnya tidak sempurna karena kondisi cuaca tidak mendukung. Tempat ini sangat cocok untuk melepas lelah sambil menikmati udara pegunungan nan sejuk.
Geliat Pertanian di Ciloto

Geliat Pertanian di Ciloto

Sebenarnya kearah Ciloto kita juga dapat melihat geliat tanah pertanian dengan perkebunan sayurnya lho. Saya sempat mengabadikan keindahannya juga.

Nah bagaimana? tertarik bukan untuk berkunjung kesini? Next saya akan menulis kembali curug Cilember yang terletak di kawasan puncak juga walau sebelumnya pernah di tulis .

Tertarik dengan foto foto saya? atau mau endorse saya? hubungi saya ya jika ingin membelinya.

Instagram @totoandromeda

No comments:

Post a Comment