Thursday, January 11, 2024

SAUR SEPUH : DARI RADIO KE LAYAR PERAK


Saur Sepuh sebuah serial sandiwara radio yang fenomenal pada era 80an yang diangkat ke layar lebar. Kali ini saya akan menuliskan tentang Saur Sepuh yang diangkat ke layar perak dari Majalah Sarinah Nomor 156/29 Agustus sd 11 September 1988. Meski beritanya sudah basi namun agar para pembaca dapat kembali mengingatnya dan membaca kisahnya. 

Berikut petikannya.

 Cerita Saur Sepuh yang meminjam latar sejarah Majapahit di gemari jutaan pendengar sekitar 250 pemancar radio. Lalu diangkat ke layar perak. Dapatkah gambar yang tampil di film Saur Sepuh sesuai dengan imajinasi pendengar drama tersohor itu?

Gerbang benteng Majapahit terbuka. Pasukan gajah yang di pimpin Raden Gajah berderap di iringi pasukan berkuda dan prajurit yang meluap seperti bah dan perang tandingpun berkobar. Pekik kesakitan baur dengan denting beradunya bermacam senjata. Pedang dan tombak bercuatan diantara kibaran umbul-umbul. Pasukan gajah terus merangsek maju, menggilas prajurit kerajaan Pamotan yang memberontak. 

Sementara kedua prajurit kerajaan itu berperang, Imam Tantowi terus menyimak jalannya pertempuran. Imam Tantowi, kita tahu adalah salah seorang sutradara film action yang selama ini mampu menyuguhkan adegan-adegan menegangkan namun juga artistik. Di tangan Imam Tantowi, film action bukan sekedar gambar hidup yang menyuguhkan orang berkelahi atau baku bacok, "Carok" umpamanya. Film "Carok" yang berlatar tradisi Madura, di tangan Imam Tantowi, hadir sebagai film berbobot. Setidaknya El Manik menyabet PIala Citra melalui film "Carok" itu. Dan kini Imam Tantowi kembali menggarap film action Saur Sepuh seri pertama berjudul "Satria Madangkara".

Film yang konon menghabiskan biaya sekitar satu milyar rupiah ini, "Ceritanya, sebagai drama radio, sudah demikian populer. Bagi saya, hal itu justru menyulitkan. Sebab,saya di batasi oleh Imaginasi mereka yang selama ini menggemari drama radio Saur Sepuh. Maka, dalam pengadegan dan visualisasi, yang dapat saya lakukan hanyalah mencoba mendekatkannya dengan bayangan yang selama ini ada di dalam imajinasi penggemar Saur Sepuh," kata Imam Tantowi dalam nada rendah. 


Perahu Raden Gajah

Brama, Mantili, 

Latar Sejarah

Saur sepuh seri "Satria Madangkara" ini meminjam latar sejarah kerajaan Majapahit yang sedang dilanda kemelut. Alkisah, Bre Wirabhumi putra Prabu Hayam Wuruk dari istri selir, berniat menuntut hak sebagai raja Majapahit yang ketika itu di perintah oleh Prabu Wikramawardana, menantu Prabu Hayam Wuruk. 

Bre Wirabhumi berusaha menandingi kekuasaan Majapahit dengan mendirikan kerajaan Pamotan. Dan ia meminta pengesahan pada Kaisar Yung Lo di Negeri Cina. Selain itu, ia juga mencari dukungan dari negeri tetangga antara lain Pajajaran, Tanjung Singguruh, Sumedang Larang dan kerajaan kecil Madangkara. 

Hingga disini, latar sejarah yang di pinjam pembuat cerita Saur Sepuh, yakni Niki Kosasih, mulai bergeser pada fiksi. Syahdan Brama Kumbara, raja Madangkara, enggan membantu Pamotan, Sebab Brama Kumbara menganggap pertikaian Bre Wirabhumi dengan raja Majapahit itu sebagai perselisihan keluarga. Ia tak hendak memihak, dan bahkan mengirim surat berisi imbauan agar kedua belah pihak menghentikan pertikaian dengan musyawarah. 

Akan tetapi, utusam Brama Kumbara terbunuh oleh Tumenggung Bayan, punggawa kerajaan Pamotan. Hal itu tentu saja membuat Prabu Brama Kumbara kurang berkenan. Ia meminta kepada Bre Wirabhumi agar Tumenggung Bayan di serahkan untuk di hukum. Tatkala meminta penyerahan itu, Brama Kumbara menyamar sebagai Satria Madangkara, dan mengaku sebagai utusan raja Madangkara. 

Jalinan cerita perebutan tahta Majapahit itu , lantar bergeser lagi ke dalam alur pengembaraan Satria Madangkara serta tokoh-tokoh Saur Sepuh yang selama ini di kagumi penggemar drama radio. Yakni Mantili, Gutawa, dan tokoh wanita antagonis Lasmini.  Selain perang kolosal, Satria Madangkara juga menyuguhkan duel dan sekaligus memvisualisasikan kehebatan tokoh-tokoh Saur Sepuh.

"Jika di dalam drama radio, imaginasi pendengar di bangkitkan dengan narasi, maka saya mencoba menggambarkan secara visual, " kata Imam Tanowi. 

Namun itu bukan hal mudah, Jika dalam drama radi kesaktian Mantili diutarakan dengan kata-kata umpamanya saat berperang, narator dengan leluasa mengisahkan kesaktiannya. Dan Mantili dalam imaginasi pendengar radio, mampu meloncat-loncat dari pucuk pohon ke pucuk pohon tanpa pernah terjatuh. 

"Hal semacam itu tentu sulit di capai dalam film," kata Imam tersenyum. Akan tetapi  dalam usahanya mendekati imaginasi yang sudah terlanjur terbentuk itu, Imam Tantowi tampak bersungguh-sungguh. Ia misalnya, bersusah payah menggambarkan kesaktian Mantili mampu berdiri diatas tombak yang dilemparkan kepadanya. Dan sambil tetap beridri di batang tombak itu. Mantili pun berputar arah mengejar dan kemudian menikam musuhnya. 

Atau juga visualisasi Brma kumbara yang menungang garuda mampu di ambarkan Imam Tantowi secara cerdik. Meskipun, "Dengan teknologi sederhana, saya berusaha untuk tidak mewujudkan gambaranyang terlalu jauh dari apa yang selama ini dibayangkan penggemar Saur Sepuh," kata Imam lagi. 

Adegan lain yang juga merupakan upaya berdamai dengan bayangan Saur sepuh yang terlanjur terbentuk lewat drama radio, adalah visualisasi kolosal pertempuran prajurit Pamotan dan Majapahit. Untuk itu Imam Tantowi memboyong peralatan dan crew film  ke pulau Sumba. Selama lima belas hari, Imam Tantowi menyewa sekitar dua ribu penduduk setempat yang mahir berkuda. 

Sutradara Saur Sepuh

Artikel dari Majalah Sarinah


Di Buka dengan Iklan

Saur Sepuh yang meminjam latar sejarah sesungguhnya dapat menjanjikanbanyak hal. Untuk menyelami kedalaman hati manusia, misalnya, seperti yang pernah di lakukan Rendra dengan dramanya "Panembahan Reso", yang juga meminjam latar sejarah kerajaan. Namun membaca skenario yang juga di tulis Imam Tantowi, sulit menemukan usaha pendalaman ke arah itu. 

Memang ada, umpamanya, usaha untuk mrelevansikan Saur Sepuh dengan situasi mas akini. Namun itu cuma terbatas pada dialog verbal seperti "Perang hanya akan menyengsarakan, mematikan perdagangan dan memiskinkan rakyat, baik yang menang maupun yang kalah."

Akan tetapi kita tahu, Imam Tantowi adalah seorang sutradara muda berbakat. Darinya lahir film-film yang enak ditonton. Dan Imam Tantowi pula yang mampu membuat film action layak di perhitungkan dalam Festival Film Indonesia. Padahal selama ini film-film action cuma di pandang sebelah mata oleh para kritisi. 

Sutradara yang mengawali karirnya di film sebagai penata artistik itu, sungguh dapat di harapkan. Dan ia telah membuktikannya lewat film "Carok" yang menyabet piala Citra. "Carok" yang sebagai film nyari sempurna, skenarionya di tulis Arifin Sempurna, Skenario di tulis Arifin C Noor. Bagi saya sebetulnya, lebih enak membuat film yang skenarionya di tulis oleh orang lain. Sebab dengan begitu saya masih punya kesempata mengembangkannya. Itu tentu berbeda dengan jika saya membuat film yang skenarionya saya tulis sendiri. Imaginasi saya sudah tercurap pada skenario, sehingga ketika suting, tak banyak lagi yang berkembang," kata Imam Tantowi yang dalam soal teknis tampak sudah melampaui. 

Selain itu, Imam Tantowi sesungguhnya juga "Ingin memnggarap film yang  bukan action, lama-lama tentu jenuh dan kering Tetapi cerita yang di sodorkan produser pada saya, sampai sekarang saya yang action melulu'" kata Imam Tantowi ayah enam anak-anak yang kabarnyajuga akan menyutradarai "Senopati Pamungkas diangkat dari novel laris Arswendo Atmowiloto.

Adegan Perang Tanding

Pasukan Gajah


Film Saur Sepuh di dukung oleh muka-muka baru," Mengingat ceritana sendiri sudah begitu populer, saya kira pemeran baru itu tidak akan berpengaruh. Malah menurut saya ini merupakan kesempatan untuk melakukan regerenrasi , menghadirkan sosok baru di pentas film nasional", kilah Imam Tantowi. 

Sebagai tontonan, Saur sepuh boleh jadi akan di banjiri pengunjung. Terutama dari kalangan menengah ke bawah," kata Imam. Yang agak aneh mungkin adanya iklan sponsor di awal film. Produk Kalbe Farma yang empunya hak cipta cerita, akan mengawali kiprah Brama kumbara dan Mantili. Agak lucu, tentunya, melihat kedua tokoh dari kerajaan masalampau itumempromosikan produk jaman modern. 

Demikian di tuliskan di Majalah Sarinah. Salam buat penggemar Saur Sepuh. 

Saturday, January 6, 2024

LOKASI SYUTING SAUR SEPUH 1 SATRIA MADANGKARA DAN CERITA DI BALIKNYA - BAGIAN 2 (SELESAI)

 

Syuting di Pangandaran

Dalam tulisan sebelumnya Klik Disini, lokasi suting Saur sepuh berada di Sumba, selanjutnya adalah liputan syuting di tempat lain. 

2. Lokasi Syuting Saur Sepuh di Pangandaran, Dari Peperangan di Laut Sampai Pembakaran Mayat

Syuting di Pangandaran tak kalah serunya dengan di Sumba. Sebab di kawasan Hutan Lindung dan Areal Pariwisata ini, seluruh pemeran utama dan pembantu tampil. Adegan-adegan penuh trik (tipuan) pun merupakan tontonan tersendiri. 

Adegan yang paling menarik adalah perang tanding antara dua putri cantik, Mantili dan Lasmini (diperankan oleh Murtisaridewi). Uniknya, Elly Ermawati pemeran Mantili sama sekali tak mau digantikan oleh stand in (pemeran pengganti) walaupun dia harus melakukan adegan-adegan berbahaya. Untuk adegan terbang ke atas pohon misalnya, tubuh Elly di ikat dengan kawat baja sedemikian rupa, lantas dikerek keatas pohon. Bahkan dia juga diayun-ayunkan keberbagai jurusan sesuai dengan arah gerak silatnya. Adegan berbahaya itu perlu di ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik. 

"Elly memang berani dan cepat menguasai keadaan," bisik Tantowi. "Padahal saya sendiri mungkin takut melakukan adegan itu", lanjutnya tertawa.

Peristiwa lucu terjadi ketika Mantili dan Lasmini bertempur menggunakan pedang. Baru saja pedang diambil Lasmini, langsung patah. Dua pemain yang sudah pasang aksi serius itu jadi terpana, lantas tawa pun meledak. Syuting terpaksa break sebentar menunggu diambilnya pedang pengganti yang lebih canggih. 

Adegan perang tanding antara Brama Kumbara melawan si Mata Setan pun tak kalah serunya. Ada kilatan cahaya ledakan mercon, asap berwarna warni, pohon-pohon tumbang dan sebagainya. Semua itu dikerjakan dengan trik-trik yang dirancang oleh ahlinya yakni El Badrun dan kawan-kawan. 

Ada kecelakaan kecil ketika berlangsung adegan perang tanding antara Brama dan Jagatnata. Brama mengeluarkan ajian andalannya "Serat Jiwa", lantas meremas tubuh Jagatnata sampai hancur jadi debu. Untuk itu telah di persiapkan boneka yang dibuat persis dengan tubuh Jagatnata. Bahannya fiberglass. Ketika Brama meremas tubuh buatan itu, Fendy (Pemeran Brama) meringis kesakitan. Tangannya berdarah terkena goresan fiberglass. Awak filmpun panik sebentar merawat tangan yang terluka. Ketika akhirnya Fendy tersenyum sambil bilang "Nggak apa-apa kok, Kita teruskan,", semuanya pun lega. 

Yang lucu mungkin adegan Lasmini berpacaran dengan Tumenggung Bayan. Akting Baron Hermanto yang memerankan Bayan tak ada masalah. Yang repot justru mengatur Murti pemeran Lasmini. Dia tampak kaku, kikuk dan berkesan dingin. Tokoh Lasmini harusnya agresif, sensual. Padahal ketika melakukan adegan perang tanding, Lasmini tampak gagah perkasa. Usut punya usut, Murti akhirnya mengaku.

"Habis saya kan nggak pernah pacaran. Jadi, belum tahu bagaimana caranya," katanya lirih. Tentu saja jawaban itu membuat sutradara dan awak film lainnya tertawa geli. Setelah latihan berulang kali Murti akhirnya dianggap bisa melakukan adegan mesra. Uniknya selama latihan sampai pengambilan gambar, kedua sejoli itu tetap berpelukan. Bukan karena bandel, alasan mereka "Kalau kami melepaskan diri, buyarlah konsentrasi." Yang terang sejak itu, Murti dan Baron sering di goda oleh rekan-rekan mereka. Lebih-lebih ketika adegan Lasmini mencium Brama di batalkan. Fendy tentu saja menyesal.

"Mas Towi, Adegan ciuman di jadiin dong. Kalau nggak, ya latihan saja cukup deh, " ujar Fendy dengan maksud menggoda Murti. Memang diantara ketegangan seringkali canda ria mewarnai suasana Syuting.

Di Pangandaran penduduk setempat pun mendapat bagian menjadi figuran. Terutama untuk adegan peperangan di laut. Untuk itu, di kerahkan puluhan perahu yang di hias menjadi kapal perang. Itu artinya, para nelayan setempatlah yang mendapat prioritas menjadi prajurit-prajurit pengemudi kapal tersebut. 

Adegan lain yang membutuhkan banyak figuran adalah saat pembakaran mayat Tumenggung Bayan. Enam puluh orang penduduk setempat di kerahkan menjadi prajurit dan penduduk kerajaan Pamotan. Mayat Tumenggung Bayan yang di buat dari boneka di bakar diatas api unggun yang besar. Istri Tumenggung Bayan ikut "mati labuh geni" terjun dari panggung setinggi 7 meter, ke dalam kobaran api. Tentu saja yang masuk ke dalam api cuma boneka buatan. Adegan yang mencekam ini menjadi perhatian besar masyarakat setempat. Mereka berduyun-duyun datang. Suasana pun seperti Pasar Malam. Banyak pedagang berjualan makanan di sekitar lokasi syuting. Apalagi malam itu udara cerah di terangi sinar bulan. 

Memang selama syuting di Pangandaran penonton tak pernah sepi. Mereka berteriak kaget bila terdengar ledakan mercon atau melihat kepulan asap yang mewarnai udara. Merekapun bertepuk tangan riuh bila adegan-adegan berbahaya terselesaikan dengan selamat. Para pedagang makanan dan jurufoto amatirpun laris. Sebab penduduk beramai-ramai minta foto bersama artis-artis pendukung film, lewat kamera polaroid sekali jepret langsung jadi. Kalau nasib lagi baik, para pedagang atau tukang foto itu juga kebagian peran figuran. Honor Rp. 5.000,00 sehari dianggap cukup lumayan. Turis-turis asing yang berkeliaran di arena wisata pun terheran-heran melihat keriuhan syuting. Mungkin baru kali itu mereka menonton orang Indonesia bikin film. 

Syuting film selama 10 hari di Pangandara, diakhiri dengan "pesta perpisahan" antara pemain utama dan kru film dengan para figuran. Pestanya ramai-ramai makan kambing guling diteruskan dengan ajojing sampai pagi. 



3. Lokasi Syuting di Lampung : Lima Ekor Gajah tapi berkesan Ratusan

Syuting selama 3hari dilakukan di Sekolah Gajah Way Kambas, Lampung Tengah. Maksud di pilihnya lokasi itu jelas, agar bis amenggunakan gajah-gajah yang sudah terlatih. Di Sini ingin di gambarkan kebesaran kerajaan Majapahit denga pasukan gajah dan kudanya. Karena pasukan berkuda sudah diambil gambarnya di Sumba, di Lampung hanya belasan ekor kuda yang di gunakan. Padahal mencari kuda di Lampung termasuk sulit. Maka, apa boleh buat diangkutlah kuda-kuda yang pernah di gunakan di Pangandaran, termasuk para penunggang kuda sekaligus pemilik kuda itu. 

Sebenarnya sekolah Gajah Way Kambas memberi keluasan menggunakan gajah-gajah yang sudah jinak sebanyak 48 ekor. Tapi, Tantowi cuma meminjam 5 ekor. Alasanya jumlah kuda yang ada tak memadai bila disandingkan dengan pasukan gajah. Kalau jumlah gajah terlalu banyak, akan kelihatan timpang. Namun dengan trik tertentu pasukan gajah dan pasukan kuda tampak ratusan jumlahnya. Caranya, kuda dan gajah yang sudah di tembak kamera, berputar lagi lewat di depan kamera secara berkseinambungan . Kesannya jumlah kuda dan gajah itu banyak sekali. 

Dalam show of force tentara Majapahit itu tentu harus di sertau set atau latar belakang bangunan kerajaan. Untuk itu bagian artistik film membangun dinding yang merupakan pintu gerbang kerajaan. Dinding buatan setinggi 8 meter denga panjang30 meter itu berhasil memberi kesan kemegahan Majapahit. Padahal bahan untuk dinding itu sederhana. Terbuat dari styro foam (bahan yang biasa untuk mengepak alat-alat elektronik). Bahan-bahan itu di potong-potong seukuran bata merah, lalu di lekatkan pada papan penyangga kemudian di cat sewarna dengan bata merah. Dari balik dinding itulah pasukan Majapahit keluar di saksikan oleh Brama Kumbara, Mantili, Patih Gutawa dan Harnum.

Mencoba naik gajah menjadi kesibukan tersendiri diluar syuting. Para artis ramai-ramai minta diajari naik gajah. Elly Ermawati termasuk yang paling nafsu. Pelatih gajah asal Thailand dengan sabar meladeninya. "Naik gajah kecil rasanya seperti naik mobil Honda, Paling enak naik gajah besar serasa naik Baby Benz," ujar Elly yang centil itu. 

Namun di hari lain, awak film dan pemain pun sempat panik ketika mendengar kabar bahwa sekawanan gajah liar mendatangi lokasi syuting. Memang di sekitar Way Kambas masih berkeliaran gajah-gajah liar. Suasana semakin mencekam ketika malam harnya lampu harus di padamkan karena terjadi kebakaran kecil pada generator listrik. Suasana tetap mencekam meskipun polisi khusus telah di datangkan dan paa pawang gajah membesarkan hati semua orang. Ketika rombongan meninggalkan tempat keesokan harinya, tetap dalam pengawalan ketat para polsus. Siapa Tahu gajah-gajah liar mencegat di tengah jalan. Untungnya tak terjadi apapun. "Pasukan" Saur sepuh sampai di Jakarta lagi dengan Selamat. 

4. Lokasi Syuting di Studio Cengkareng : Naik Rajawali Raksasa

Sebenarnya, awal syuting telah di mulai di studio milik PT. Kanta Indah Film yang berlokasi di daerah Cengkareng Jakarta Barat. Di studio tersebut di buat set-set yang menggambarkan kerajaan Pamotan, Madangkara dan Majapahit. Jelasnya semua adegan interior di lakukan di studio ini. Misalnya adegan Prabu Bre Wirabumi sedang pesta pora bersama para punggawa kerajaan. Atau adegan Prabu Brama Kumbara bersama istrinya Dewi Harnum dan adiknya Mantili, menerima tamu di Istana Madangkara. 

Namun demikian, ada pula adegan eksterior yagn di lakukan di studio. Yakni adegan rajawali terbang. Rajawali raksasa itu adalah kendaraan milik Brama Kumbara. 

Seekor Rajawali raksasadi tenggerkan di ruang studio. Badan Rajawali yang di buat dari kerangka besi baja itu, di balut dengan bulu burung sungguhan. Kepala burung itu pun bis adi gerakkan, menoleh ke kiri dan kekanan. Dengan teknis tertentu, sayap burung raksasa itu juga bisa di gerakkan ke atas dan ke bawah menyerupai burung yang mengepakkan sayapnya. 

Ketika syuting di mulai, setelah Brama naik keatasnya, burungpun di gerakkan. Sementara latar belakang yagn berwarna putih disorotkan gambar-gambar yang di geserkan ke samping, Gambar-gambar ituantara lain pemandangan sawah gunung, hutan juga kerajaan-kerajaan. Gambar yang ditangkap kamera secara keseluruhan adalah Brama naik burung rajawali terbang, melintasi sawah, gunung, sungai dan sebagainya.

Tekhnik yang di sebut Front Projection ini termasuk teknologo tinggi  yang memerlukan ketrampilan khusus bagi pelaksananya. Dalam hal ini tim artistik dan ahli efek khusus bekerja keras berbulan-bulan sebelumnya. 

Tak terasa syuting yang keseluruhannya berlangsung 5bulan itupun usai.Syuting yang hiruk pikuk dan gegap gempita, merupakan tontonantersendiri . Sekarang tinggal bagimana filmnya setelah di Mampukan film Saur Sepuh, Satria Madangkara menandingi popularitas sandiwara radionya?

Demikian Liputan tentang syuting saur sepuh Satria Madangkara.


Friday, January 5, 2024

LOKASI SYUTING SAUR SEPUH 1 SATRIA MADANGKARA DAN CERITA DI BALIKNYA - BAGIAN 1

Suasana Syuting Saur Sepuh di Sumba dengan Prajurit Warga lokal

Dalam sebuah film kadang-kadang kita sebagai penonton film penasaran dengan lokasi suting yang ada dalam film. Di beberapa film lokasi suting di tulis ketika film sedang di putar seperti dalam film Sumpah si pahit lidah. Memang sedikit menggangu sih tapi sebagai penonton film kita menjadi tahu lokasi yang sedang di tonton. 

Nah kali ini saya akan menulis lokasi-lokasi yang di gunakan untuk suting film Saur Sepuh 1 Satria Madangkara. Sebagaimana yang pernah saya tulis sebelumnya tentang  Saur Sepuh (Klik Disini) kalau film ini di angkat dari serial sandiwara radio yang di perdengarkan di nusantara tahun 80an dan menjadi salah satu sandiwara radio yang fenomenal dengan tokoh sentral Brama Kumbara, Mantili dan Lasmini karya Niki Kosasih. 

Dalam Sandiwara radio tokoh tersebut di perankan oleh Ferry Fadly, Elly Ermawatie dan Ivonne Rose, namun ketika di angkat ke layar lebar, Brama Kumbara di perankan oleh Fendy Pradana, Lasmini oleh Murtisaridewi dan Mantili tetap diperankan sesuai pemain dalam serial sandiwara radionya. 

Satria Madangkara sendiri tayang perdana pada 1 September 1988 artinya tahun 2024 menginjak 36 tahun pada September Mendatang. Pada September 2023 Satria Madangkara genap berusia 35 tahun seperti dalam artikel yang pernah saya tulis 35 Tahun Saur Sepuh.

Film Saur Sepuh sendiri merupakan film terlaris pada tahun 1988 dengan meraih penonton sebanyak 2.275.887 . Saur Sepuh film terlaris 1988 (Klik Di Sini).

Dari persiapannya memang film saur sepuh memiliki persiapan yang matang dengan pilihan-pilihan lokasi suting dan juga studio yang di gunakan untuk syuting film tersebut sehingga tak heran film kolosal dengan latar belakang runtuhnya kerajaan Majapahit ini menjadi film laris pada jamannya, disamping juga publikasi dari sponsor utama PT Kalbe Farma yang masif. 

Lokasi-lokasi syutingpun tidak melulu hanya di pulau jawa namun juga hingga menyeberang hingga Sumba.  Berikut adalah lokasi-lokasi yang di gunakan untuk syuting film Saur Sepuh 1 Satria Madangkara. 

1. Pulau Sumba : Adegan Peperangan dan Bulan Madu

2. Pangandaran : Dari Peperangan di laut sampai Pembakaran Mayat

3. Lampung : Pasukan Gajah

4. Studio Cengkareng Jakarta Barat

Di kutip dari Majalah Femina No. 36/XVI tanggal 15 - 21 September 1988 berikut ini petikannya yang dapat kita ambil manfaatnya .

1. Pulau Sumba : Adegan Peperangan dan bulan Madu

Pulau Sumba terkenal dengan padang rumputnya yang luas dan kuda-kudanya yang gagah. Karena itulah pulau Sumba dipilih untuk pengambilan adegan peperangan. Lokasi yang tepat adalah Desa Wanakoke dan Lamboya di Sumba Barat. Membawa puluhan pemain dan kru film beserta perlengkapan film (lampu-lampu, kamera, seragam prajurit termasuk tombak, tameng dan pedang) yang amat banyak dan berat tentu bukan pekerjaan yang mudah. 

Dari Jakarta pemain dan kru naik kereta api ke Surabaya sementara barang-barang diangkut truk. Dari Surabaya mereka naik kapal ke Waingapu, Sumba Timur. Perjalanan membutuhkan waktu sepekan, sebab kapal mesti mampir dulu ke Ujung Pandang. Pokoknya Syutung belum mulaipun rasanya badan sudah capek. 

Syuting di Sumba Barat menggambarkan peperangan  antara prajurit Kerajaan Majapahit di bawah  Raja Wikramawardhana melawan prajurit kerajaan Pamotan dengan Raja Bre Wirabumi. Raja Pamotan ini ingin merebut kekuasaan Majapahit. Prajurit-prajurit itu di perankan oleh 1200 figuran yang terdiri dari penduduk Sumba Barat. Mereka di kenal ahli menunggang kuda, termasuk bergelayut hanya dengan sebelah kaki. 

Setahun Sekali di Sumba selalu diadakan upacara "Pasola" yakni semacam atraksi perang tanding di atas kuda. Maka begitu mendengar bahwa di butuhkan banyak penunggang kuda untuk Saur Sepuh penduduk pun berdatangan dari segenap pelosok desa. Ada yang puluhan kilometer jauhnya. Mereka datang dengan menunggang kuda milik masing-masing. 

Ratusan penunggang kuda itu pun menunjukkan kemahiran. Duduk di punggung kuda tanpa pelana, mereka bisa ngebut dalam kecepatan 60 kilometer per jam. Namun mengatur ratusan orang berkuda semacam itu tidaklah mudah. Sutradara Imam Tantowi bersama para asistennya kewalahan. Misalnya saja, mestinya para prajurit  itu membentuk formasi perang yang di sebut "Supit urang" Tapi sayang gagal. Semula Tantowi dan kawan-kawannya bingung. Mengapa orang-orang mahir berkuda, bahkan melempar tombak sekaligus menghindar tombak lawan itu tak bisa membentuk sebuah formasi? Lama-lama mereka sadar bahwa penduduk Sumba adalah penunggang kuda alam. Mereka jelas tak tahu apa itu formasi perang. Apalagi untuk memberi aba-aba, perlu di terjemahkan dulu oleh yang tahu bahasa Indonesia. Mungkin saja komando sutradara di terjemahkan lain oleh si penterjemah. Maklum sebagian dari mereka  tak mengerti bahasa Indonesia. 

Lucunya lagi, mereka pun tampak kikuk naik kuda dengan berpakaian prajurit Majapahit. BEgitu di dandani oleh make up man, mereka tertawa-tawa geli. Demikian pula ketika di komando untuk bertempur , mereka malah menari-nari, seperti layaknya melakukan upacara Pasola. Yang lebih sial lagi, jika mereka diminta memerankan prajurit yang terluka atau mati kena tombak lawan, mereka tak mau. Kok Mati, gengsi dong! Sekali lagi sutradara dan krunya cuma bisa mengelus dada, Gondok campur geli. 

Untuk merekam adegan hiruk pikuk itu sutradara menggunakan 3 camera sekaligus. Tentu saja kerja ini rumit. Terutama karena masih sangat awamnya masyarakat setempat. Tak jarang para figuran itu mendekati salah satu kamera, lalu menari-nari sambil tertawa-tawa. Selain itu, padang rumput tempat adegan peperangan itu berlangsung sangat terbuka, sehingga  menyulitkan penempatan kamera. Sebab kamera yang satu tak boleh terlihat oleh kamera yang lain. 

Untuk menyelesaikan syuting di Sumba hanya dua orang pemain utama yang pergi, yakni Elly Ermawatie yang memerankan Mantili dan Hengky Tornando yagn menjadi Patih Gotawa. Menurut Cerita, Gutawa dan Mantili yang pengantin baru ini melakukan perjalanan bulan madu. 

"Sebenarnya adegan ini bisa dilakukan di studio Jakarta", kata Imam tantowi. "Tapi saya pikir Sumba sangat ekstis untuk di pakai sebagai latar belakang perkampungan zaman Majapahit. Karena itu saya putuskan memboyong Gutawa dan Mantili ke Sumba," lanjutnya. 

Akhirnya setelah bersusah payah, adegan kolosal yang megah pun didapat juga. Para awak film cukup puas. Demikian pula para figuran yang mendapatkan honor Rp. 10.000,- perh hari. Termasuk sewa kuda. Tapi waktu kembali ke Jakarta, ratusan pasang pakaian dan peralatan terpaksa di tinggal. Untuk menghemat biaya angkutan dan tenaga, tentunya. 

Bersambung...........

Thursday, January 4, 2024

SINETRON "KETULUSAN KARTIKA", KETULUSAN SEORANG ISTRI PRAJURIT BAGIAN 2






Sambungan dari artikel sebelumnya..

Episode 4

Setelah Pelantikan, Satria dan teman-teman di tugaskan di luar Jawa. Ramalan orangtua angkat Kartika terbukti. Akan tetapi Kartika telah siap lahir batin. 

Dengan segala ketulusan dan ketabahan, kartika membesarkan anak-anaknya, aktif di organisasi dan terlibat sepenuhnya untuk masa depan suaminya. Kartika telah berubah dari seorang remaja menjadi seorang istri dan Ibu. Menjadi istri prajurit. 

Suka duka, haru lucu silih berganti, dirasakan bersama, menunggu surat, atau antri lama menelpon suaminya secara bergantian, tenggelam dalam kenangan...., semua campur aduk jadi satu ketika pada saat yang sama para suami sedang berjuang antara hidup dan mati. Di hutan yang angker, sungai yang lebar, menghadapi pemberontak. Semua merupakan wujud nyata dari bentuk ketulusan dari pengabdian.

Di samping masalah lama yang kadang tak selesai..

Kartika masih harus menerima godaan, bahwa keluarga belum sepenuhnya menerima kehadiran Satrio. Dalam suatu adegan di gambarkan kekikukan Satrio menenangkan anaknya yang menangis. Tapi adalah Kartika, seorang istri prajurit dan sekaligus seorang ibu bisa mengatasi semua ini. 



Episode 5

Seiring dengan prestasi, karier Satrio naik. Artinya tanggungjawab yang lebih luas dan tugas yang lebih berat. Tugas di pelosok tanah air sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Masa-masa yang berat justru dihadapi ketika salah seorang teman akrabnya gugur dalam tugas. 

Gemblengan semasa taruna menemukan manfaat disini. Lebih dari itu kearifan di lapangan. Satrio yang sejak kecil melihat arti perang, makna perjuangan dengan dukungan dan doa restu ibunya, meneruskan tugas... dan menyelesaikan. 

Gambaran pasangan suami istri prajurit mengental. Saling pengertian satu sama lain, saling mendorong semangat dan kepercayaan diri merupakan modal utama. 


Episode 6
Kartika yang aktif di organisasi Persit Kartika Candra Kirana, bersama para ibu yang lain menghadapi masa-masa sulit, menyampaikan kabar duka. Sedemikian trenyuh hatinya, seolah berbicara untuk diri sendiri. Sedemikian "mencemaskan" sehingga kehadirannya ke suatu anggota, disangka akan menyampaikan kabar duka. 

Kartika tetap Kartika. Dengan matanya yang bulat ia menyaksikan anak-anak prajurit yang menunggu kabar dari ayah yang bertugas, menyaksikan istri prajurit yang menyadari suaminya tak akan kembali, dan meneruskan kegiatan yang bermanfaat, makin memperteguh sosoknya. 

Tidak gampang, karena disana sini penuh konflik. 
Tidak ringan, karena disana sini kehadirannya tidak hanya untuk bersenang menerima pujian dan penghargaan. 

Namun setiap langkahnya tetap cerminan ketulusan pengabdian seorang wanita, seoran gibu dan seorang istri prajurit. 

Ada masa-masa berkumpul dengan ibu, dengan mertua, dengan anak tapi juga ada masa-masa penantian.


Episode 7

Kepindahan keluarga Kartika dan Satrio dari kota ke kota dari satu tempat ke tempat yang lain membawa konsekuensi tersendiri. Anak-nak lelaki Kartika harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Justru pada saat-saat pertumbuhan. 

Dalam Banyak Hal, Kartika mengganti peran "bapak" di rumah. Dialah yang menjaga keselamatan di rumah, dan sekaligus juga dalam organisasi. Hobi lama menjahit, bergaul akrab dengan sesama anggota Persit, Kadang menempatkan diri sampai jauh malam. 

Namun ujian dan kemantapan hati kartika semakin menemukan bentuknya. Keluarga menjadi inti tumpuan untuk kebahagiaan. Dalam keluarga, dalam karier dalam pengabdian. 



Episode 8

Dalam suatu pesta selamat sederhana namun hangat. Satrio kini menjadi jendral. Kartika, ibu Satrio, Ibu jenderal bukan saja makin sibuk tapi juga makin terbagi perhatiannya. Karea ia tetaplah seorang istri dari suami yang lebih luas tanggung jawabnya, juga seorang ibu yang anak-anaknya mulai tumbuh dan menemukan hakekat hidup. Konflik utama yang harus di selesaikan ibu Satrio justru ini : bagaimana menghibur istri prajurit yang suaminya ketika berjuang menghadapi masalah, bagaimana seluruh kegiatan bisa terpadukan, bagaimana menyaksikan dan mendengar anak-anak temannya dulu mulai memasuki masa pendidikan sebagai taruna. 

Sejarah seakan terulang
dalam kemajuan
Itulah pengabdian dan ketulusan Kartika. Potret istri prajurit, yang tetap berlangsung terus. Sejak zaman revolusi mempertahankan kemerdekaan, sampai dengan mengisi pembangunan. 

Ketika bersyukur bisa merasakan gelaran HUT ke 50 Persit Kartika Candra Kirana

Tamat


Begitulah ceritanya di kemas secara singkat . ada yang ingin bernostalgia?

SINETRON "KETULUSAN KARTIKA", KETULUSAN SEORANG ISTRI PRAJURIT

VCD Ketulusan Kartika

 KETULUSAN KARTIKA

Produksi : Persit Kartika Candra Kirana Pengurus Pusat

Skenario : Satmowi Atmowiloto

Sutradara : Dedi Setiadi

Pelaksana Produksi : PT. Atmochademas Persada

Produser : NY. Utari R. Hartono

Pemain : Novia Kolopaking, Derry Drajat, Linda Sulaeman, Deddy Mizwar, Gito Rollies, Him Damsyik, Lenny Marlina, Renny Djayusman, Eeng Saptahadi dll


Masih ingat dengan sinetron di akhir tahun 90an? Ketulusan Kartika? saat sinetron ini tayang di Indosiar, dulu tidak bisa ngikutin tiap hari meskipun jam tayangnya sore. Ketulusan Kartika bercerita tentang ketulusan seorang istri prajurit TNI yang di perankan oleh Novia Kolopaking. 

Ketulusan Kartika terdiri dari 8 episode yang bercerita tentang seorang gadis yang di perankan oleh Novia Kolopaking dalam perjalanan hidupnya di persunting oleh prajurit yang di perankan oleh Derry Drajat. Perjalanan dari masa-masa  bujang dan gadis hingga menikah dan menua bersama. Kita akan melihat kala Novia Kolopaking masih muda hingga saat beruban. 

Ke 8 epiosde tersebut dapat pula di saksikan melalui media VCD yang pernah beredar. 

Berikut Sinopsis dari Sinetron Ketulusan Kartika.

Episode 1

Jatuhnya bom atom di Hirosima mengakhiri penjajahan Jepang. Akan tetapi ternyata justru membuka peluang kembalinya penjajah Belanda yang membonceng Sekutu. Peperangan kembali terjadi dan kengerian merampas kehidupan. Terutama mereka yang tak bersalah, yang harus menjadi pengungsi.

Diantara puluhan ribu pengungsi yang terkocar kacir itu, Ibu Rahayu (Renny Djajusman) bersama si kecil Satrio ikut larut dalam keganasan perang yang membabi buta. Mereka di tampung oleh Ibu Astuti (Linda Sulaeman), pengantin muda yang mengambil inisiatif bersama istri prajurit yang lain, berjuang di garis eblakang. Secara tidak langsung mereka terancam, karena sebagai istri prajurit bisa setiap saat ditangkap. Itu artinya di periksa, disiksa, dihina dan bisa di tembak.

Hubungan Astuti dengan suaminya, Pratomo (Deddy Mizwar) terbatas lewat kurir Kadir (Gito Rollies), yang harus menghindar dari sergapan Belanda. Juga dari prajurit yang berkhianat, diantaranya yang di pimpin  oleh Kampret (Eeng Saptahadi).

Kemesraan, saat Astuti ngidam ayam goreng, menghadapi pengkhianatan dari dalam maupun serbuan dan dari luar, membuat Pratomo berhasil merumuskan bahwa sebenarnya masalah utama adalah perut. Siapa yang berani menahan lapar, menahan godaan hidup bergelimpang materi dari hasil "Menjual bangsa dan negara" adalah orang yang berani. Termasuk berani dan tegas kalapun harus memutuskan mengeksekusi keponakan atas bekas anak buahnya. 


Episode 2

Perjuangan Astuti dan istri prajurit yang lain, secara tidak langsung memberi pendidikan nyata pada Satrio Kecil. Ia bahkan ikut naik pohon mengawasi layang-layang yang bila layang-layang merah di naikkan, pertanda ada tentara Belanda Patroli. 

Pasukan Belanda memang sedang menggasak habis, sebab kota Yogya di rebut oleh tentara Republik Indonesia. Perang, perpisahan, pengungsian terjadi lagi, lebih hebat dari sebelumnya. 

Pratomo dan prajurit lain membuktikan kegigihan di medan perang. Sementara Astuti dan para istri prajurit berjuang tulus di garis belakang, bahu membahu mereka semua mengorbankan apa saja yang bisa di korbankan. 

Termasuk pertemuan kecil, yang harus berpura-pura menjadi abdi dalem keraton. Hanya karena Astuti ingin memperlihatkan bayinya. Mengharukan!


Episode 3

Satrio (Derry Drajat) tumbuh sebagai remaja dan meneruskan cita-cita almarhum ayahnya yang gugur di medan perang. Masuk AMN, dan mulailah suasana pendidikan militer yang keras, penuh disiplin, tapi juga penuh harapan dan berseminya cinta. 

Satrio sebagai taruna, menyadari persahabatan dengan taruna lain dari berbagai daerah, yang mempunyai cita-cita yang sama. Satrio yang lebih lugu sering di permainkan oleh Alex, anak keluarga mampu, di candai Budi dan di besarkan hati oleh Marijo, anak keluarga miskin ayahnya penarik becak. 

Saat itulah Satrio mulai tertarik pada Kartika (Novia Kolopaking). Sampai mencuri pandang lewat koran di sebuah kantin. Sayang kedua orang tua angkat kartika (Di perankan oleh Him Damsyik dan Lenny Marlina) kurang menyetujuinya. Mereka berdua tak menginginkan putrinya menikah dengan tentara yang akan ditinggal tugas, di samping sudah ada calon lain. Sementara Kartika yang pintar menjahit itu, agaknya juga patah hati dengan taruna. 

Tetapi jika cinta tulus murni bicara, siapa yang bisa menghentikan?. Satriopun kalau perlu sebagai mayoret drum band, embawa anak buahnay muter-muter di depan rumah kartika. 


Bersambung ke bagian lain


Sunday, December 31, 2023

SELAMAT TINGGAL 2023 dan SELAMAT DATANG 2024

 Tahun 2023 akan segera berakhir dalam hitungan jam. Segala daya upaya dan kejadian selama tahun 2023 telah mewarnai kehidupan kita. Ada sedih, ada suka dan ada juga duka, semua menjadi bagian dari perjalanan hidup yang tak bisa di ulang kembali. 

Tahun 2023 tentu saja masih banyak hal-hal yang belum dapat kita capai dengan baik, atau bahkan masih jauh dari harapan namun demikian, ketika nafas ini masih bisa bertahan dan ketika denyut nadi kita masih terdapat gerakan maka kita bisa memulai kehidupan kembali.

Tak lupa saya memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang telah saya perbuat semoga di tahun depan kita bisa lebih baik lagi. 

Mari kita kubur segala kenangan buruk di tahun 2023 dan menyongsong tahun 2024 dengan harapan dan semangat baru, semoga tahun 2024 kita semua mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam kehidupan ini. 


Salam, 

Toto

Friday, December 22, 2023

MAJALAH FILM COVER YESSY GUSMAN

Cover depan dan belakang

 Majalah film pada edisi ini menghadirkan Yessy Gusman sebagai Sampul Majalahnya. Majalah Film No. 057/25 Tahun V, 3 September - 16 September 1988. Foto yang di ambil adalah saat Yessy Gusman sedang dalam pembuatan film Sumpah Pocong Lintang dan Bayu. Yessy Gusman kembali di pasangkan dengan Rano Karno, pasangan serasinya dari film Romi dan Yuli, kemudian Gita Cinta dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati dan juga Selamat Tinggal Duka. Sebelum Film Romi dan Yuli, Yessy Gusman juga pernah bermain di film Rio Anakku meski sebagai figuran. Hingga akhirnya mereka di pertemukan kembali dalam film Sumpah Pocong Lintang Dan Bayu. 

Antara Rano Karno dan Yessy Gusman memang memiliki chemistry yang pas saat sedang berakting dalam film sehingga seolah-olah mereka memanglah pasangan yang sangat serasi hingga dunia nyata, namun demikian mereka sebenarnya sudah memiliki keluarga masing-masing pada saat film ini di produksi. Yessy Gusman setelah film terakhir selamat tinggal duka , ia melanjutkan pendidikan ke Amerika dan memperoleh gelar MBA kemudian nikah dengan pujaan hatinya Oki Tjakra sedangkan Rano Karno memiliki rumah produksinya Karnos Film dan Rano pun sudah menikah dengan perempuan pujaan hatinya bernama Dewi. 

Setelah vakum cukup lama, akhirnya Rano Karno dan Yessy Gusman di pertemukan kembali dalam sebuah film Sumpah Pocong Lintang dan Bayu.





Selain berita tentang Yessy Gusman, berita-berita lain dalam Majalah film ini juga sangat menarik, salah satunya adalah pada halaman belakang terdapat poster film Saur Sepuh -Satria Madangkara, sebuah film yang diangkat dari serial sandiwara radio yang sangat populer di seluruh nusantara. Poster Saur sepuh dengan bentuk lain karena official posternya ada di edisi lainnya. 

Selain poster Saur Sepuh yang menarik juga terdapat poster Komedi lawak 88 yang di perankan oleh Benyamin S. Komedi Lawak 88 dalam kepingan VCD yang beredar dengan judul Benyamin Koboi Insyaf. Selain juga berita-berita tentang artis film yang layak di baca.

Ada yang penasaran? selengkapnya bisa beli yang bekas biasanya ada yang jual di market place. 

Tuesday, December 19, 2023

MEI SHIN DAN LASMINI, DUA PENDEKAR WANITA JADI COVER MAJALAH FILM

 

Dua pendekar Wanita

Masih ingat dengan tokoh Lasmini dalam film saur sepuh yang di perankan oleh Murtisaridewi? atau masih ingatkah juga dengan Mei Shin, salah satu tokoh dalam film Tutur tinular? Meskipun Meishin di perankan orang berbeda dalam film tutur tinular yaitu oleh Elly Ermawatie dalam Tutur Tinular 1 dan Linda Yanoman dalam Tutur tinular 2 dan 4. Baik Murtisaridewi yang lekat sekali dengan tokoh Lasmini meskipun dalam film Tutur Tinular pun Murti turut main sebagai Sakawuni dalam Tutur Tinular 3 dan 4, maupun Linda Yanoman sebagai Mei Shin, keduanya tokoh tersebut menjadi sampul majalah Film. 

Unik karena kedua wanita tersebut menjadi sampul majalah dengan tetap berpakaian sebagai pendekar, meskipun di lain kesempatan Murtisaridewi juga menjadi sampul majalah film dengan pakaian kasual. Tentu saja Dua pendekar wanita ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri karena sampul majalah tersebut menjadi lebih unik dan menarik dengan pakaian pendekarnya. 

Dua pendekar wanita menjadi sampul Majalah film dalam edisi yang berbeda. 

Linda Yanoman berperan sebagai Mei Shin, wanita yang terdampar ke tanah jawa dwipa yang berasal dari negeri China. Ia terdampar bersama Pendekar Lou suaminya, namun mereka harus berpisah karena pendekar Lou menemui ajalnya di tanah Jawa setelah menyerahkan pedang Naga Puspa. Akhirnya petualangan Mei Shin di mulai dengan kisah cinta yang tidaklah pernah berakhir bahagia hingga iapun di perkosa oleh arya Dwipangga kakak dari kekasihnya sendiri Arya Kamandanu. Penderitaan Mei Shin yang harus ditanggung sendiri. Hingga akhirnya Ia mengundurkan diri dari dunia persilatan dan mengabdikan dirinya sebagai tabib dengan nama samaran Nyai Paricara.

Sedangkan Murtisaridewi berperan sebagai Lasmini dalam film Saur Sepuh dan menjadi sosok yang sangat menarik. Kisah cinta Lasmini juga tidaklah mulus, namun ambisi dan dendam serta nafsu membuat Lasmini bisa berbuat semaunya karena Lasmini ditakdirkan sebagai Wanita penggoda meski ia sebenarnya menderita. Dendamnya pada Mantili tidak pernah berakhir. Lasmini sendiri sebenarnya digambarkan bukanlah sebagai tokoh jahat saja namun sisi baiknya juga ada. 

Dari dua paparan tersebut tentu saja menjadi menarik ketika Lasmini dan Mei Shin menjadi sampul majalah Film. 

Mei Shin menjadi sampul Majalah Film No. 139/106 Tahun III/26 Oktober - 8 November 1991 dengan satu halaman full wawancara dengan Linda Yanoman alias Mei Shin sedangkan Lasmini menjadi Sampul Majalah Film pada edisi 171/138 TH. IX, 23 Januari - 5 Februari1993 dengan wawancara khusus MF dengan Murtisari Dewi yang berperan sebgai Lasmini. 

Linda Yanoman sebagai Mei Shin

Sampul Belakang

Artikel Ali Shahab dan Film Pengantin Remaja

Gosip

Linda Yanoman

Isi Artikel di dalam Majalah film tersebut tentu saja beraneka ragam yang di sajikan dalam dua Majalah tersebut. Sehingga menjadikan Dua Pendekar Wanita menjadi sampul Majalah merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi penikmat Majalah Film pada Khususnya. 

Dari Majalah Film dengan sampul Linda Yanoman, pada halaman pertama berisi artikel wawancara dengan Linda Yanoman, Kemudia Lembaran Gosip di halaman berikutnya, juga liputan tentan film Selir Seriti dan pada Sampul Belakang terdapat poster Pengantin Remaja dan Ekspedisi Harta Karun. 

Sementara itu dari Majalah Film dengan sampul depan Murtisaridewi , pada halaman pertama berisi artikel tentang Murtisaridewi, di sebalik sampul pertama terdapat kalender tahun 1993 dengan sampul Nike Ardilla, kemudian artikel berikutnya tentang Iwan Fals sebanyak 2 halaman dan juga artikel Saur Sepuh V Istana atap langit. 

Cover Murtisaridewi


Artikel Murtisaridewi
dan Kalender Nike Ardilla






Ada yang memiliki majalah tersebut? menarik untuk di baca sebagai nostalgia.