Friday, September 19, 2025

PACAR KETINGGALAN KERETA, FILM TERBAIK FFI 1989


PACAR KETINGGALAN KERETA, FILM TERBAIK FFI 1989

Produksi : NV PERFINI

Pemeran utama Wanita : Tuti Indra Malaon

Pemeran utama Pria  : Rachmat Hidayat

Pemeran Pembantu Wanita : Niniek L Karim, Ayu Azhari, Nurul Arifin, 

Pemeran Pembantu Pria : Alex Komang, Didi Petet, Iwen Darmansyah

Penata Suara : Iwan Mauritz

Penata Musik : Idris Sardi

Penata Fotografi : Herman Susilo

Penata Artistik : Adji Mamat Borneo

Penyunting Gambar : Karsono Hadi

Penulis Cerita Asli : Arswendo Atmowiloto

Penulis Skenario : Teguh Karya, Arswendo Atmowiloto

Sutradara : Teguh Karya

Produser : Irwan Usmar Ismail


Cerita : 

Ibu PADMO (Tuti Indra Malaon) sangat cemburu pada sekretaris suaminya, RETNO (Niniek L Karim), seorang janda muda. Mula-mula Pak Padmo (Rachmat Hidayat) menganggap kecemburuan itu biasa dan kurang memperdulikannya. Hal itu mempengaruhi persahabatan anak-anak mereka. HERU (Onky Alexander) dan RIRI (Ayu Azhari) dengan ARSAL (Iwen Darmansyah), putera tante RETNO dan tidak sulit diterka bahwa sumbernya adalah karena sikap cemburu istrinya pada Tante RETNO. 

Pangkal mulanya adalah pada waktu Bu PADMO tidak menyetujui hubungan HERU dengan IPAH (Nurul Arifin) yang menurut anggapannya tidak cocok menjadi pacar puteranya. Tapi waktu ARSAL akrab dengan IPAH karena punya perasaan senasib, HERU cs salah faham sehingga terjadi perkelahian  besar dengan ARSAL cs yang tadinya sahabat mereka. 

Beruntung masih ada MARTUBI (Alex Komang), supir keluarga yang setiap kali menjadi korban karena berusaha membela pada apa yang benar meskipun penuh dengan persoalan pada dirinya terutama dalam menghadapi KANG SAMINGUN (Didi Petet) yang datang dari kampung hendak merampas calon isterinya JUMINTEN (Nani Vidia), Pembantu rumah Tante RETNO.  

Catatan Khusus : 

Pada Festival Film Indonesia tahun 1989 diunggulkan untuk : Film terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, 3 (tiga) Pemeran Pembantu Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Penyunting Terbaik, Penata Fotografi Terbaik, Penata Musik Terbaik, dan Penata Suara Terbaik. 

Pemenang 8 Piala Citra untuk : 

1. Film Terbaik

2. Sutradara Terbaik (Teguh Karya)

3. Pemeran Utama Wanita Terbaik (Tuti Indra Malaon)

4. Pemeran Utama Pria Terbaik (Rachmat Hidayat)

5. Pemeran Pembantu Wanita Terbaik (Niniek L Karim)

6. Penata Artistik Terbaik (Adji Mamad Borneo)

7. Penyunting Gambar Terbaik (Karsono Hadi)

8. Penata Suara Terbaik (Iwan Mauritz)

PEREMPUAN DI PERSIMPANGAN JALAN, Kemesraan Sutradara dan Artis Seksi


FILM PEREMPUAN DI PERSIMPANGAN JALAN, Kemesraan Sutradara dan Artis Seksi.

Gita, dara remaja dari desa kecil. Wajah ayunya malah mengundang kemalangan. Ia dinodai ayah tirinya. Akibatnya, pacarnya, Tono tak sudi menerimanya lagi. Rasa aib membuat Gita tak sanggup tinggal terus di desa. Merantau ke ibukota untuk mencari kerja. 

Dengan modal Ijazah Sekolah Lanjutan, ia cuma diterima bekerja sebagai pelayan toko di supermarket. Namun berapalah gajinya?. Cuma pas pasan untuk makan. Terpaksa sering nunggak bayar kost. Indusksemangnya sudah mengancam mengusirnya kalau belum juga melunasi tunggakan uang kost. 

Temannya, Arini membujuk 'Cari uang dengan cara apa saja, sekali kali, bolehlah'. Tergoda bujukan Arini yang nampak cukup mewah, Gita merelakan tubuhnya dinikmati Pak Usman. Inilah pengalaman pertama menjual diri. 

Pulangnya Gita membawa sejumlah uang yang cukup lumayan. Malang tak dapat di tolak ia di cegat dua pemuda berandalan. Dibekap, diseret masuk jip. Di perko sa dengan brutal. Di rampok, lalu di buang begitu saja di persimpangan jalan. 

Untung lewat fotografer Tigor menolong perempuan malang ini. Di bawa ke klinik. Di obati, dirawat. Tigor yang berwajah sikap kasar ini justru berhati mulia. Ia bukan saja menlong dengan tulus, juga membukakan profesi baru untuk Gita, Fotomodel. 

Dimulai dari model iklan berlanjut ke main film. Gita cepat naik daun. Berbarengan dengan ketenaran namanya, ia pun sempat mereguk kemewahan materi. Sutradara Dani tertarik pada bakat dan kecantikan alami Gita. Hubungan pemain dengan pengarah ini cepat berkembang menjadi percintaan. Ada juga Pak Wondo dua tua pemilik gedung bagus yagn sering di jadikan lokasi suting. Pak Wondo pernah membisikkan, bersedia menerima Gita bila ia ingin meninggalkan dunianya sekarang. 

Gita yang lagi asyik masyuk dengan Dani, mana sempat memikirkan usul si tua. Apalagi Dani serius hendak menikahinya. Membawa sang kekasih kerumah untuk dikenalkan pada orangtuanya. Ibu Dani senang menerima Gita. Giliran ayah Dani pulang dari kantor, Gita terperangah. Ayah Dani bukan lain daripada Pak Usman yang pernah menikmati tubuhnya. 

Walau cuma sekali Gita berbuat itu, kini ia harus menaggung beban dosa. Tak mungkin lagi melanjutkan hubungannya dengan Dani. Nampaknya ia harus kembali jadi perempuan di persimpangan jalan... atau masih mungkinkah menerima tawaran pak Wondo?

Produksi Andalas Kencana Film, dengan sutradara Acok Rachman. Menampilkan wajah-wajah baru, berani yang kian memarakkan dunia film. Tokoh utamanya di perankan oleh Ayu Yohana yang baru saja menjanda (Saat itu). Pasangannya , si sutradara muda oleh James Sahertian yang mulai dikenal sejak film Gadis Metropolis dan Gairah yang Nakal. Di dukung Dorman Borisman sebagai Tigor, WIndy Chindyana sebagai Arini, Steven Sakari sebagai Tono dan  aktor kawakan Muni Cader sebagai ayah Dani, dengan penata musik Fariz RM, dan kamerawan Sadeli HS. 


Thursday, September 18, 2025

NADA & DAKWAH, AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR

 


NADA & DAKWAH, AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR,

Jadi juga K.H Zainuddin MZ main film bersama Rhoma Irama. Mubaligh masyhur iu akhirnya bersedia untuk bermain dalam sebuah film drama dakwah produksi PT. Bola Dunia Film. 

Berintikan satu ayat yang di petik dari Kitab Suci Al Quran "Amar Ma'ruf Nahi Munkar" yang maknanya adalah 'Menuju Kebaikan, Meninggalkan Kebathilan', cerita dan skenariopun di tulis oleh Drs. H. Asrul Sani. Judul filmnya semula di reka "Huru Hara di Pandanwangi" namun kemudian oleh berbagai pertimbangan disederhanakan menjadi "Nada & Dakwah". 

Sedangkan penyutradaraan diarahkan oleh Chaerul Umam. Sutradara asal Tegal yang biasa di panggil dengan nama kecil Mamang ini sudah membuktikan kepiawaiannya menggarap film drama dakwah berbobot dan filmis seperti, "Al Kautsar" yang dibintangi Rendra dan Titian Serambut Di Belah Tujuh dengan El Manik sebagai guru agama. 

Mamang memilih Harry Susanto sebagai kamerawan dan Teuku Rusian sebagai Penata Artistik sedangkan Penata Musik Didi AGP bekerjasama dengan Rhoma dan Soneta Groupnya untuk mengisi ilustrasi musik. 

Setelah melalui proses berulangkali , maju mundur, pendekatan yang panjang akhirnya memang sang Ustad menyetujui juga untuk menjajal berakting di depan kamera. "Tapi saya bukan bermain sebagai orang lain," tegasnya.  Tetap sebagai diri seutuhnya. Itu sebabnya dibuat perubahan-perubahan tertentu pada beberapa bagian skenarionya, khususnya pada adegan yang menampilkan KH Zainuddin MZ. 

Sayangnya, sepanjang film sosok KH. Zainuddin MZ tampil sebagai figur ulama, dengan nasihat-nasihatnya yang di bawakan dengan suara khas. Sama sekali tak di perlihatkan tentang keluarganya, atau bagaimana caranya menjalin hubungan yang harmonis dengan anak istrinya. Padahal rasanya penonton ingin mengetahui juga perihal kehidupan sehari-harinya. 

Kalaupun kemudian sutingnya rada tersendat, bisa dimaklumi oleh produser Jiwat K.K yang mempercayakan segala kegiatan di lapangan pada produser pelaksananya, Hasrat Djoeir. Semuanya juga memahami kalau jadwal dakwah sang Kyai memang kelewat padat. Kendati demikian disela-sela seribu kesibukannya K.H Zainuddin MZ, berusaha keras meluangkan waktu untuk bisa datang ke lokasi suting. Pada bagian awal filmpun diselipkan dialog penyesalannya. "Sebenarnya saya ingin sekali menghadiri setiap undangan, namun apa daya saya cuma manusia biasa...," lalu diselipkan pula adegan saat ia sudah siap berangkat untuk menghadiri tabligh, tapi bertepatan diminta segera datang ke pesantren Pandanwangi untuk meredakan amukan penduduk, "Wah kalau saya batal datang lagi, bisa di sumpahin orang sejagad Ji, " keluhnya pada Rhoma, betapapun ia menjanjikan, "Insya Allah saya akan datang, meskipun terlambat," .

Maka Mamang mengambil inisiatif, memanfaatkan waktu yang luang bila sayng Kyai tak hadir, dengan lebih dulu merampungkan adegan pergelaran dan nyanyian Rhoma yang keseluruhannya terdiri dari lima lagu. Suting berlanjut dimulai dari Rhoma terus kebintang-bintang beken lainnya seperti Ida Iasha sebagai Latifah, Deddy Mizwar sebagai H. Murad, WD Mochtar sebagai Bustomi, konglomerat ibukota. Serta pemain teater kawakan Amak Baljun sebagai Samir, tangan kanan Bustomi, Pemain wayang orang "Bharata" Kies Slamet sebagai Marseli yang ingin menguasai tanah penduduk desa dengan segala macam cara. Abduh Mursyid sebagai Pak Sukarya yang selalu ribut dengan anaknya, Jaja (Amin Ansari Dewata). Juga ada Salim Bungsu dan Fuad Alkhar sebagai makelar tanah yang licik. 

Di selipkan pula adegan khotbah saat KH Zainuddin MZ tampil sebagai Khotib dan Rhoma Irama memimpin takbir di depan luapan massa jamaah sholat Ied.

Di sebut-sebut bujet film ini lebih besar dari film-film kolosal seperti "Tjoet Nja Dhien" atau "Saur Sepuh" sekitar Rp. 1,2 Milyar. Namun karena diedarkan secara serentak di banyak kota besar diluar ibukota pada event yang sangan jitu, menyambut Hari Raya Idul Fitri 1412 H yang jatuhnya pada Minggu 5 April 1992, maka yakin mendapatkan sambutan luar biasa dari penggemar KH. Zainudding MZ dan Rhoma Irama khususnya serta seluruh umat pada umumnya. 


MEMBELA TANAH PENDUDUK

Al Kisah Pandanwangi adalah nama sebuah desa subur di kaki sebuah gunung. Penduduknya yang sebagian besar terdiri dari kaum petani, mengenyam hidup damai tenteram. Desa ini juga tersohor dengan pesantren yang didirikan KH. Zainuddin MZ dan Rhoma Irama, lalu di pimpin oleh H. Murad dan H. Tajuddin. 

Zainuddin dan Rhoma sepasang mubaligh yang dengan cara-cara khas masing-masing mengajarkan ilmu di pesantren tersebut. Ketentraman desa mendadak terguncang. Diawali dengan niat Bustomi, konglomerat ibukota, untuk mendirikan sebuah pabrik tepung tapioka di desa tersebut. Maka managernya yang licik, Samir mengerahkan anak buahnya yang di motori Mursali, berusaha memborong tanah penduduk dengan segala macam cara, kalau perlu menghalalkan segalanya. Antaranya si Abu yang dengan kelicikannya mengintimidasi, menakut nakuti penduduk tentang adanya proyek jalan toll hingga tanah bisa dibeli dengan harga semurah-murahnya. 

Timbullah keresahan demi keresahan. Apalagi ketika bibit-bibit maksiat mulai di sebar masuk desa, perjudian, minuman keras, sedikit demi sedikit meracuni jiwa anak muda desa.  KH Zainuddin MZ, Rhoma dan H. Murad sudah barang tentu berdiri di pihak penduduk. Dibantu lagi oleh Roma Irama bahkan sebenarnya Latifah, putri kandung Bustomi sendiri pun menentang keserakahan ayahnya. Apalagi memang Latifah bukan lain daripada pacar Rhoma. Gadis cerdik ini memimpin rombongan tujuh gadis berjilbab menyebarkan penerangan pada rakyat desa. 

Konflik antara para santri desa Pandanwangi dengan kawanan Mursali terus berkembang. Mencapai puncaknya saat bagian tanah di ukur dan di patok. Penduduk merasa sangat di rugikan dalam proses jual beli tanah warisan orang tua mereka. Nyaris terjadi perkelahian massal yang bisa meletuskan huru hara, kalau saja H. Murad tak segera melerai. Bahkan dengan kebijaksanaanya ia berusaha mendamaikan. Meminta semua surat tanah yang sudah di pegang oleh Abu. 

Rhoma di bantu Latifah mendidik muda mudi desa dengan ketrampilan bertani serta kesadaran hukum. Semakin banyak penduduk yang menjadi sadar serta berani menentang cara kotor. Mursali dan kawan-kawannya. Terbongkarlah kecurangan Samir di depan Bustomi yang langsung memecatnya. 

Bustomi sendiri bisa di sadarkan oleh Latifah. Orang kaya ini berjanji untuk merubah sikapnya yang salah. Bahkan mengajak penduduk untuk bekerja sama membangun pabrik tepung tapiokanya. Bagaimanapun juga berdirinya pabrik tersebut bisa mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi mereka semua. 

Klimaks berlangsung saat seorang ayah Pak Sukarya di bu nuh oleh anaknya sendiri, Jaja, gara-gara memperebutkan surat tanah. Kesempatan ini digunakan oleh kawanan Mursali untuk memfitnah Rhoma dengan rombongan gadis berjilbabnya di depan polisi, namun anggota "Soneta Group" berhasil melacak Jaja yang ternyata bersembunyi di pabrik garmennya Samir. 

Rhoma dan kawan-kawannya yang memburu buronan tersebut terpaksa harus berbaku hantam lebih dulu dengan anak buah Samir. Ditengah perkelahian, Latifah menelpon polisi Komdak Metro Jaya. Maka Samir dan semua kaki tangannya pun diringkus oleh yang berwajib. 

SINETRON SEBUAH PERMINTAN

 


SEBUH PERMINTAAN adalah sinetron produksi Multivision plus yang dibintangi oleh Onky Alexander, Devi Permatasari, Dona Harun, Pangky Suwito, Henidar Amroe dan lain-lain yang pernah di tayangkan di SCTV pada tahun 1997 yang tayang perdana pada 27 Agustus 1997 setiap Rabu jam 19.30.

Sinetron garapan Christi Maharsi sebanyak 15 episode, menurut produser Raam Punjabi di persiapkan untuk tayangan SCTV. Bagi Devi Permatasari pemeran Silvia, bermain di Sinetron Sebuah Permintaan punya tantangan tersendiri, karena harus bermain sebagai wartawati peran yang belum pernah diterimanya selama ini. "Tapi pada dasarnya peran yang berkarakter sudah langganan saya. Paling tidak saya sudah punya pengalaman dalam memerankan tokoh-tokoh yang berkarakter, " tutur Devi. "Saya tidak sempat observasi tentang sosok wartawati. Saya cukup melihat penampilan teman-teman wartawan dan skenario aja, " lanjutnya. 

Lain lagi dengan Henidar Amroe. Wanita cantik berkulit putih mulus ini harus rela menerima nasib karena mendapat peran Saraswati , Sosok wanita yang lebih tua ketimbang usia sebenarnya. "Semula saya agak ragu sih, Apa ia pantas jadi orangtua. Tapi kata Christi, sutradaranya, itu hal yang mudah. Maka wajah saya penuh tempelan make up sana sini. Ternyata sifat saya keseharian yang agak kalem sangat mendukung karakter Saraswati," kata Henidar Amroe. 

Sebuah Permintaan skenarionya di tulis oleh Deddy Armand didukung pemain-pemain top lainnya seperti Raynold Surbakti, Roy Karyadi, Cynthia Maramis, Pong Harjatmo, Aldona, Jamil Reza, Dana Christina, CHrist Michael, Sony Dewantara, Fanny Bauty dan Aldisar Syafar. 

Sebuah Permintaan bertutur tentang usaha Teddy untuk mendapatkan cinta Silvia, gadis yang selalu agu akan kesungguhan rasa cintanya. Juga upaya Silvia mencari keberadaan ayahnya, Harry yang meninggalkan dia dan ibunya saat berusia lima tahun. Dengan sengaja macam intrik khas produk Multivision, memperebutkan cinta, harta serta percobaan pembu nuhan menjadi kisah melodrama menarik, intrik selalu sukses mengaduk aduk emosi pemirsa. 


~sumber : MF 

Saturday, September 13, 2025

SUARA HATI PELAKU ADEGAN PANAS "SAYA TAKUT DAN CEMAS"


SUARA HATI PELAKU ADEGAN PANAS "SAYA TAKUT DAN CEMAS"
Pro dan Kontra terhadap adegan hot dalam sebuah film tampanya tak akan pudar. Ada yang setuju jika adegan birahi tersebut dibuat dengan simbolik, namun tak kalah banyak yang menghendaki agar adegan-adegan mesum seperti itu di tayangkan secara nyata dan transparan. Bagaimana perasaan artis film yang melakukan adegan birahi tersebut? dikutip dari MF No. 195/161/THX 18-31 Desember 1993, berikut beberapa  pengakuannya. 

Rio Thamrin, langganan untuk film-film laga serta sinetron anak-anak ini memang sering kebagian peran-peran sebagai pemuda berandalan. Tak luput tentunya, pria berwajah angker namun berhati lembut ini sering mendapat peran-peran vulgar. Adegan kekerasan yang di sertai perko saan sudah menjadi langganannya. 

"Saya selalu berdiskusi dulu dengan calon lawan main saya sebelum adegan dimulai. Biasanya saya gambarkan adegannya. Walaupun menggunakan trik, namun ada beberapa bagian adegan yang dilakukan sungguh-sungguh seperti meraba atau berciuman. Pokoknya saya gambarkan dulu adegan yang akan kami lakukan. Kalau bersedia, ya...." papar Rio Thamrin. 

Sebagai lelaki yang mengaku normal, Rio berterus terang bahwa ia sering tergoda pkiran jika melakukan adegan berbau syur. "Terangsang itu pasti dong... Tapi tidak sampai berlarut-larut seperti kebanyakan teman-teman. Kadang malah ada timbul rasa kasihan terhadap lawan main saya," tambah aktor yang mengaku tidak pernah belajar dalamhal adegan bergumul itu. 

Sedikit berbeda dengan apa yang di rasakan Rio, seorang aktor muda yang minta namanya di rahasiakan menyatakan bahwa ketika dia bermain dalam sebuah film horor (masih beredar di bioskop) (saat wawancara) sempat muncul birahinya yang begitu besar . "Saya sempat heran sama lawan main aya yang cantik itu. Dia begitu berani dan menantang. Saya terus terang sempat terangsang dan akhirnya...." ungkap pemain muda itu sambil menambahkan akhirnya berlanjut di luar lokasi .

Sri Agustin, sempat pula menolehkan perhatian penonton film karena adegannya dalam film Ajian Ratu Laut Kidul cukup mengandung resiko. Selain harus di per kosa oleh beberapa lelaki bertubuh tegap, wanita asal Jawa Timur ini juga harus merelakan rambutnya di plontos massa. 

Lebih dari itu, almarhum Sisworo Gautama sang Sutradara memvisualkan adegan Sri diperko sa dengan menyelipkan beberapa simbol di dalamnya. Penonton Ajian Ratu Laut Kidul harus membaangkan bahwa sakitnya Sri diper kosa dalam film tersebut adalah seperti kayu yang di gergaji, rel kereta yang digilas roda lokomotif serta "paku beton" yang sedang ditumbuk menghunjam bumi. 

Lalu bagaimana adegan perkosaan itu sendiri? "saya benar-benar merasa takut dan sedih waktu melakukan adegan itu. Bayangkan, sebelum di per kosa saya smpat di pimpong oleh tiga orang itu. Waktu saya teriak dan menangis ketika di per kosa itu saya lakukan dengan sendirinya. Bukan mengaada-ada. Saya benar-benar takut dan merasa cemas", tutur Sri yang main dalam film Masuk Kena Keluar Kena menggunakan kostum primitif ini. "Waktu itu saya belum berpengalaman di film," katanya beralasan mengapa ia sempat trauma setelah melakukan adegan tersebut. 

Dalam film yang sama, Ajian Ratu Laut Kidul, Yudhia Kartika salah satu pemainmuda turut kebagian  peran yang mengundang syur. Dalam cerita itu, tokoh Darmi yang di perankannya ini ditidurkan di sebuah altar sesaji dengan tubuh polos tanpa sehelai benangpun, benarkah itu tubuh Yudhia asli? 

"Sebenarnya sewaktu kontrak saya sudah diberi gambaran. Dan adegan itu memang benar ada di dalam skenario. Saya sempat mikir masak masak, tapi saya akui, saya tidak memikirkan dampaknya," ceritanya. 

Mulanya Yudhia mengaku cuek di lokasi suting. Tapi setelah adegan dimulai ia mengaku merasa takut, bimbang dan ada pula perasaan ingin memberontak. "Saya jadi serba salah. Mau mundur, sudah terlanjur teken kontrak. Bisa saja saya nekat membatalkan, tapi dampaknya 'kan saya bisa dibilang munafik," tambah cewek yang beraksi dalam film Issabella, Bukan Main, Babad Tanah Leluhur Bibir Mer, Gadis Metropolis serta sinetron Merapi dan Si Manis Jembatan Ancol. 

Suting akhirnya berjalan mulus. Tapi tahukah sang sutradara, kru serta penonton film Ajian Ratu Laut Kidul bagaimana sebenarnya gejolak yang terjadi dalam diri Yudhia kala itu? Bayangkan saja kalau gadis muda, cantik ini harus berakting tanpa busana kecuali selembar tisu yang menutupi bagian paling vitalnya serta stocking tipis yang sewarna kulit tubuhnya. 

"Saya mengaku bahwa akhirnya saya harus menyesal. Saya akui juga bahwa saya wkatu itu terlalu cepat dan bernafsu mengambil keputusan. Akhirnya saya harus tahan menghadapi teror keluarga serta teman-teman yang kebetulan menyaksikan film tersebut. Tapi semua itu akan saya ambil hikmahnya," ucap Yudhia dengan mimik penyesalan . 

Kiki Fatmala pada akhirnya sempat dimasukkan pada daftar peman filmyang tergolong berani beradegan vulgar. Itu karena memang film-film yang di perankannya banyak yang berkonotasi "panas". Namun dengan tegas Kiki menolak kalau ia digolongkan pada deretan aktris 'panas'. Saya enggak mau di bilang sebagai bintang panas! katanya dalam kesempatan dubbing film terbarunya yang berjudul "Panas" yakni Gairah yang Nakal.

"Itu kan cuma trik saja", tangkisnya ketika di sodorkan pertanyaan bagaimana perasaannya ketika melakukan adegan vulgar dalam sebuah film. 
 
Kiki juga menambahkan bahwa vulgar tidaknya sebuah adegan terkadang dipengaruhi oleh bahasa gambar. Ia mengaku bahwa untuk adegan-adegan yang kelewat "panas" biasanya ia serahkan kepada stand-in atau pemain pengganti. Tapi kalau cuma adegan berciu man saya enggak munafik, saya lihat dulu siapa lawan main saja. Kalau pemainnya oke menurut saya ya enggak masalah," ujar Kiki yang selalu berdialog dulu dengan sang sutradara sebelum menyetujui sebuah adegan. 

Tapi bagaimana perasaan Kiki sewaktu melakukan adegan peluk cum yang ia anggap ringan itu? Terangsangkah dia? "Enggak ada itu yang namanya terangsang sewaktu beradegan dalam sorot mata kru film. Saya jujur enggak ada rangsangan!".

Pada kesempatanlain, Maman Firmansyah seorang sutradara yang juga pernah menelorkan film-film bertema drama, komedi atau horor yang juga menyelipkan adegan-adegan "panas" mengaku punya sedikit beban dalam menggarap adegan seperti itu. 

"Itu memang berat buat saya, apalagi sebagai muslim saya tahu bahwa dari kacamata agama itu tidak ada ampunnya. Tapi ketika saya ingin meninggalkan itu semua, lagi-lagi tawaran yang datang pada saya tak beda seperti itu itu juga. Sementara kalau saya terlalu lama tidak bekerja nanti dibilang saya sudah tenggelam, " kata sutradara senior yang pernah menelorkan film bertema cukup panas pada masanya, yakni film Rahasia Perkawinan yang dibintangi Yati Octavia. 

Warkop DKI : Bagi Bagi Dong, Dono Punya Tikus Sakti

 


WARKOP DKI : BAGI BAGI DONG, DONO PUNYA TIKUS SAKTI

Dono yang punya hobi nomor satu, gemar menjahili orang, datang ke rumah dukung beken. Tertarik bualan si dukun tetang tikus putih sakti, ia tak segan membelinya dengan harga mahal. 

"Wuah, pendeknya tikus ini sakti sekali, " cipoa si dukun dengan gayan meyakinkan. "Kalau di lepas bebas berkeliaran dalam rumahmu, maka kamu akan mendapat keberuntungan".

Dono percaya seratus persen . Tapi hal ini dirahasiakan dari dua sobatnya, Kasino dan Indro. Diam-diam dilepaskannya tikus putih 'sakti' itu dalam rumah kontrakan mereka. 

Padahal rumah itu di kontrak secara bergotong-royong antara mereka dengan dua gadis cantik, Yuke dan Kristine. Berkeliarannya si tikus, membuat kedua gadis berjingkrakan ketakutan. Mereka tak bisa tidur tenang, takut kalau malam-malam tikus naik ke ranjang.

Yuke meminta pacarnya, Indro , sedangkan Kristin memanggil Kasino  untuk mengusir binatang kecil itu dari kamar mereka. Celakanya, dua bujang kolot ini juga paling geli pada tikus. Dono berlagak pilon, pura-pura tak tahu menahu soal tersebut. Sikapnya ini membuat Kasino dan Indro curiga. Ketika di desak, Dono malah mengajukan syarat. "Baik, baik, nanti gue tangkep tikus itu, tapi kalian pergi dulu yangjauh. Pulangnya nanti, kalau sudah lewat jam sembilan,".

Apa boleh buat, Kasino dan Indro main setuju saja. Ini meman gyang diharapkan Dono, karena ia sudah mengundang pacar barunya, si cantik Donna untuk datang. 

Ini kesempatan bagus, sendirian dirumah tanpa di recoki, begitu pikirnya. Mendadak muncul Bella, pacar lama Dono, karuan disambut hangat. Selagi asyik ngobrol, pulanglah Yuke. Melihat munculnya gadis lain, karuan Bella curiga campur cemburu. Tapi bukan Dono kalau tak bisa bersandiwara, Dengan lagak marah-marah, ia mengusir Yuke. 

"Siapa Dia Don?" heran Bella. 

"Ah biasa, itu tukang minta sumbangan", kilah Dono. 

Yuke pergi, gantian muncul Kristine. Seperti biasa, terus saja nyelonong masuk ke kamarnya. Melihat sikap bebas gadis yang belum dikenalnya ini, Bella heran tak kepalang. Sikap plintat plintut Dono makin membuat Bella geram. Saking tersinggung, ia menampar pipi Dono, dan pergi meninggalkannya. 

Dono serba salah, marah-marah pada Yuke dan Kristine yang mengacaukan kemesraannya. Sebaliknya kedua gadis juga menuduh Dono melanggar perjanjian, karena berani menyembunyikan perempuan dalam kamar. 

Nyaris Dono frustasi, untung Indro dan Kasino bisa membujuk Bella untuk berbaikan lagi dengan Dono. Bukan main girangnya Dono. Tapi kemesraannya dengan Bella cuma sekejap karena munculnya Yuke dan kristine membuat Bella ngambek lagi. Susah payah Dono menjelaskan, bahwa mereka adalah pacar Indro dan Kasino. Eh muncul si Donna, Kali ini Dono kehabisan kilah, tak berdaya di siram mi kuah bawaan Donna, ditambah tamparan Bella. 

Masih tetap dengan motto trademarknya, "Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang", Warkop Dono Kasino Indro berbagi tawa dengan penggemarnya di penghujung tahun 1993. 

Sutradara Tjut Djalil memasang dua bintang remaja cantik Kiki Fatmala dan Inneke Koesherawati ditambah Yulieta Kulit, Diana Khan, Corrie Constantia serta si gundul plontos Ozy Syahputra dan si tonggos Diding Seta atau Diding Boneng. Warkop DKI selain mengumbar tingkah kocak juga dibumbui dengan adegan cewek-cewek berbikini ria yagn asyik bersenam Syur di pantai. 


#warkopdki

Tuesday, September 9, 2025

SI KABAYAN SABA KOTA


SI KABAYAN SABA KOTA

SI KABAYAN TURUN KOTA

Nama Perusahaan : PT. Kharisma Jabar Film

Penanggungjawab : Ir. Chand Parwez Servia

Penulis Cerita  :Eddy D Iskandar

Penulis Skenario : Eddy D Iskandar

Sutradara : H. Maman Firmansyah

Penaa Kamera : Lukman Hakim Naim

Penata Artistik : S. Parya

Penyunting :  E Muksin Hamzah

Penata Suara : Zakaria Rasyid

Pemeran Utama Wanita : Nurul Arifin, Paramitha Rusady

Pemeran Utama Pria : Didi Petet

Pemeran Pembantu Wanita : Taty Saleh, Tetty Rodiah

Pemeran Pembantu Pria : Rachmat Hidayat, Aom Kusman S.H, Usman Effendy


Cerita : 

Si Kabayan adalah figur manusia cerdik. Cintanya terhadap alam lingkungan sendiri tidak perlu di ragukan lagi. Hanya karena kena pengaruh temannya yang datang dari kota, dan situasi yang memaksa dia untuk meyakinkan calon mertuanya bahwa diapun serba tahu tentang kota, maka Si Kabayan turun ke kota. 

Dengan niat untuk mencari temannya Joni Kemod di kota dia menjadi bingung sendiri. Ternyata di kota yang begitu besar nama Joni tidak hanya satu. Puluhan , bahkan mungkin ratusan. 

Untunglah si Kabayan mendapat bantuan dari keluarga Pak Raksa yang pernah di tolong Si Kabayan ketika di hadang perampok. Sementara itu Saribanon, anak perempuan Pak Raksa  diam-diam jatuh hati pada Si Kabayan. Selama tinggal di rumahnya kemana saja pergi selalu minta di antar oleh Si Kabayan. Bahkan pakaiannya diatru sebagaimana layaknya orang kota. Namun Si Kabayan kurang menanggapi isi hati Saribanon, bahkan akhirnya gadis itu menyadari siapa sebenarnya si Kabayan. 

Lelaki lugu itu begitu mencintai Nyi Iteung gadis pujaanya di kampung yang dia temui sewaktu sama-sama nonton wayang Golek. Baginya kota terlalu menyiksa hidupnya. Sebaliknya didesa lebih terasa damai, nyaman dan bahagia bersama Nyi Iteung. 


~~

SINETRON KISAH TIGA DUDA


 LAKON TIGA DUDA merupakan sinetron yang pernah tayang di SCTV pada tahun 1994. 

Cerita ini gagasan murni dari Tio Pakusadewo yang inspirasinya didapat dari sebuah lukisan Cina yang dilihatnya ketika jalan-jalan di Hongkong. Lukisan tersebut kira-kira mempertanyakan, Apa jadinya bila satu turunan yang terdiri dari Bapak, Anak dan Cucu punya probel yang sama, yaitu menjadi duda. 

Cerita ini berawal dari kehidupan tiga orang duda di bawah satu atap. secara kebetulan tiga-tiganya ada hubungan darah. Mereka adalah Opa Ben (Benyamin S), Papa yo (Priyo S Winardi) dan Si Tong (Tio Pakusadewo).

Opa Ben karena usianya yang lebih tua dari dua duda lain, terpaksa di jadikan penasihat sekaligus sesepuh di cerita ini. Sementara Papa Yo sebagai anak tunggal dari Opa Ben, berdiri sebagai orang yang serba tanggung. Terutama juga lantaran, hubungan Papa Yo tidak sedekat dengan Si Tong. Karena si Tong tumbuh di lingkungan kota besar, membuatnya asyik dengan dirinya sendiri dan kurangbisa akrab dengan keluarganya. 

Keasyikan Opa Ben yang hobi nonton film Kasandra agak terganggu dengan kehadiran Papa Yo yang  tiba-tiba mencari sesuatu yang tidak jelas dan langsung ngomel-ngomel. Belum selesai permasalahan yang dihadapi Papa Yo, persoalan lain muncul dengan deringan telepon yang berulang kali. Dan ternyata yang menelpon adalah Arimbi (Rina Hassim) mantan istri Papa Yo yang menanyakan barangnya yang hilang. 

Cerita yang di tamilkan secara komedi ini semakin lucu ketika tiba-tiba Bunga (Titi Dwijayati) mantan istri si Tong berkeluh kesah tentang hubungannya dengan Si Tong yang dirasakannya tidak seharomonis dulu. Bunga mengadukan hal itu kepada Opa Ben dengan mengatakan bahwa Si Tong telah berbuat serong dengan wanita yang tidak lain adalah teman Bunga sendiri. 

Kemudian juga menceritakan sewaktu mereka ribut masalah penyelewengan itu, Si Tong dengan entengnya mengatakan Talak Satu. 

Disnilah pesan moral mulai masuk. Opa Ben tidak hanya menjadi pendengar yang baik tapi juga bertindak sebagai penasehat. Karena yang menyampaikan bertitel Haji macam Benyamin S dan Muchsin Alatas, maka pesan-pesan moral yang di selipkan tidak terasa sebagai nasehat yang memuakkan. 

Sinetron ini tayang di SCTV tahun 1994 tiap hari Minggu jam 20.30 - 21.00WIB, tak hanya sebagai hiburan segar dan ingin tertawa lebar tapi juga penting bagi mereka yang membutuhkan siraman rohani. Toh status duda dengan persoalannya memang dekat dengan masyarakat kita. 

Ada yang pernah mengikutinya dulu?

~ sumber : MF