Monday, February 12, 2024

10 PENDEKAR PILIHAN DALAM FILM INDONESIA


Pendekar. Apa yang terbayang dalam fikiran kita ketika di sebut dengan kata pendekar? Sebutan pendekar biasanya mengacu kepada tokoh jagoan dalam yang bertema silat, terutama silat silat klasik. Adakah pendekar yang menjadi jagoan dalam film-film yang pernah di tonton? 

berikut ada 10 pilihan pendekar dalam Film Indonesia yang sering ada di film-film.




1
. Barry Prima

Humbertus Knoch atau lebih di kenal dengan Barry Prima adalah pemain film yang lahir 19 Agustus 1954. Barry Prima menjadi ikon pemain film silat Indonesia hingga saat ini. Memulai karirnya di film Primitif pada tahun 1979 sebagai film pertamanya. Kemudian pada tahun 1981 Jaka Sembung sebuah film bertema kepahlawanan melawan penjajahan Belanda, Barry Prima menjadi tokoh sentralnya sebagai Parmin atau lebih di kenal dengan Jaka Sembung. Dari Film Jaka Sembung yang di angkat dari komik karya Djair inilah nama Barry Prima mulai di kenal luas oleh masyarakat dan tawaran-demi tawaran kian membanjiri dengan tema-tema film silat klasik maupun Modern. 

Kerap bermain sebagai pendekar dalam film-filmnya dengan watak protagonis, Barry Prima menjadi pemenang, meskipun dalam beberapa film sosok Barry Prima bukanlah sebagai aktor laga terus namn daya tariknya tetap menjadi nilai jual tersendiri. Pendekar watak putih, demikian lah yang sering di perankan oleh Barry Prima. Sebutlah film-film Barry Prima seperti Jaka Sembung, Mandala dari Sungai Ular, Pendekar Ksatria, Golok Setan, Malaikat Bayangan, Jurus Dewa Naga, Siluman Srigala Putih dan Kamandaka, dan banyak Lagi meskipun ia juga kalah dan tewas dalam film seperti Menentang Maut, Perhitungan Terakhir, dan Srigala. 

Barry Prima sangat pas sekali berpasangan dengan Eva Arnaz yang juga sempat mejadi istrinya. Dalam beberapa film, Barry Prima kerap sekali bermain dengan lawan antagonis seperti Advent Bangun, maupun Joseph Hungan. Advent Bangun dan Joseph Hungan kerap menjadi musuh bebuyutan dalam film. Sebagai bintang film laga, Barry Prima boleh di bilang menjadi aktor laga Nomor 1 di Indonesia karena hingga saat ini belum menemukan aktor sekaliber Barry Prima dengan tema film-film laganya yang melekat. Sehingga tidak berlebihan kalau Barry Prima merupakan salah satu aktor Legend tanah air. 

Barry Prima masih aktif bermain film maupun sinetron hingga sekarang. 



2. Advent Bangun

    Thomas Advent Perangin angin Bangun atau lebih di kenal sebagai Advent Bangun adalah seorang karateka yang kemudian terjun ke dunia film. Peran-peran Advent bangun cukup bervariasi tidak hanya sebagai orang baik saja namun sebagai orang jahat. Namun demikian, Advent Bangun lebih melekat sebagai tokoh antagonis di bandingkan dengan tokoh protagonis. Pria Kelahiran Kaban Jahe 12 Oktober 1952 ini berperan aktif dalam perfilman Indonesia sebagai aktor yang memerankan baik pendekar maupun bukan. 

Advent Bangun merupakan salah satu aktor laga yang legend, kiprahnya dalam dunia perfilman cukup di perhitungkan dengan kepiawaiannya dalam berakting dengan peran-peran silat/laga. Dalam beberapa film laga, advent Bangun berperan sebagai pendekar baik melawan bangsanya sendiri maupun bersama-sama bangsanya sendiri . Advent bangun juga sering beradu akting dengan Barry Prima seperti dalam film Pendekar Ksatria dan Pendekar Bukit Tengkorak keduanya beradu akting untuk menjadi musuh. Namun demikian selain bermain sebagai tokoh jahat, ia juga berperan sebagai pendekar baik seperti dalam film Satria Bambu Kuning, Buronan Gembong Wulung, Bang Somat Tangan satu dan lainnya. Selain sebagai aktor, di akhir hidupnya Advent Bangun juga di kenal sebagai pendeta. 

Sehingga Advent Bangun layak di sebut sebagai pendekar film Indonesia karena berbagai akting filmnya. Advent Bangun Meninggal dunia pada 10 Februari 2018. 


3. George Rudy

Tjwan Hien (lahir 30 Oktober 1954), lebih dikenal sebagai George Rudy atau lengkapnya George Rudy Abdulhady adalah salah satu aktor Indonesia yang lebih di kenal sebagai aktor spesialis laga. 

Kerap bermain sebagai Pendekar dalam sebuah film menjadikan nama George Rudy atau kalau di kampung-kampung nama George lebih di kenal sebagai Gege Rudy oleh para penonton Layar tancap maupun video yang sering di putar di hajatan-hajatan. Meski beberapa kali bermain sebagai tokoh jahat namun nama George Rudy di kenal sebagai pemain protagonis, sebagai pendekar baik yang akan menolong terhadap yang lemah. 

Georgeo rudy merupakan salah s atu pendekar yang juga bermain dalam film-film silat klasik maupun modern. Meskipun George Rudy juga bermain dalam film-film drama, namun namanya menjadi salah satu dari deretan pendekar yang ada di Indonesia. 



4. Ratno Timoer

Ahmad Suratno atau lebih di kenal sebagai Ratno Timoer merupakan salah satu pemain film yang layak di sebut sebagai pendekar film Indonesia. Pria Kelahiran 18 Maret 1942 memulai kiprahnya dalam perfilman Indonesia dalam film Si Pendek dan Sri Panggung. Ratno Timur banyak sekali membintangi film-film drama, namun kiprahnya lebih di kenal sebagai Si Buta Dari Gua hantu setelah ia memerankan tokoh Si buta sejak tahun 1970. Barda Mandrawata alias Si Buta menjadi sebuah nama yang ikonik bagi Ratno Timur, karena begitu di sebut Si Buta maka akan terbayang sosok Ratno Timur dengan pakaian khasnya seperti kulit ular. 

Selain sebagai Bintang Film, Ratno Timoer juga di kenal sebagai Produser dan Sutradara Indonesia. Ratno Timoer meninggal Dunia pada 22 Desember 2002.



5. Teddy Purba

Sosok Pendekar yang ke 5 adalah Teddy Purba. Aktor Kelahiran 20 Mei 1956 memulai debutnya pada tahun 1979 melalui film Antara aku dan Dia, kemudian di susul film Benci tapi Rindu dan film ketiganya adalah Manusia berilmu gaib. Dalam film pertama dan ke3 Teddy berperan sebagai pemuda yang buruk rupa.  Nama Teddy kian melambung setelah membintangi film Gundala Putra Petir 1981. 

Namun demikian Teddy Purba juga bermain dalam-film silat klasik seperti Jaka Tingkir, Jaka Umbaran, Ajian Macan Putih, Tendangan Iblis dan Juga Banteng Mataram. Sehingga kehadiran Teddy dalam perfilman Nasional sebagai pendekar-pendekar yang di sukai para penonton. 

Karena minimnya informasi tentang Teddy Purba, tidak di ketahui apakah beliau masih hidup atau sudah meninggal. 


 


6. Willy Dozan

Billy Chong atau lebih di kenal dengan nama Willy Dozan merupakan pendekar ke 6 yang patut di acungi jempol. Aktor kelahiran 10 Februari 1957 memiliki darah Tionghoa ini lebih banyak bermain dalam fim-film Silat modern, namun demikian tidak berlebihan kalau Willy Dozan menjadi salah satu pendekar kebanggaan Indonesia. 

Karate Sabut Hitam merupakan debut dari Willy Dozan dalam perfilman Indonesia. Selain bermain dalam film-film Indonesia, Willy Dozan juga merupakan salah satu bintang kelas dunia dengan membintangi beberapa film Hongkong. Willy Dozan masih aktif dalam perfilman Indonesia hingga sekarang. 



7. Johan Saimima

Pendekar yang ke 7 adalah Johan Saimima. Aktor kelahiran 8 Agustus 1956 ini merupakan aktor spesialis laga, baik laga klasik maupun modern. Titik balik dari Johan Saimima adalah dalam film Ganesha 1983 yang ia bintangi. Sekaligus setelah memerankan film Ganesha nama Johan kian di perhitungkan. Johan Saimima banyak sekali membintangi film-film yang di produksi oleh Inem film. 

Lutung Kasarung dan Keris kalamujeng merupakan dua film Johan dengan pakaian klasih ala pendekar yang kita kenal dalam film-film. Pernah aktif bermain dalam sinetron-sinetron laga tanah air seperti Mahkota mayangkara, Singgasana Brama Kumbara dll. 



8. Tony Hidayat

Tony Hidayat merupakan salah satu pendekar dalam perfilman Indonesia. Sosoknya di kenal setelah bermain dalam film Wiro Sableng. Sehingga Sosok Tony Hidayat begitu ikonik sebagai pemeran Wiro Sableng. Meskipun Tony hidayat juga bermain dalam beberapa film drama seperti Istana Kecantikan yang beradu akting dengan Mathias Muchus dan Nurul Arifin. Namun imej yang melekat sebagai Wiro Sableng tetaplah Tony Hidayat. 

Tidak banyak informasi yang di dapat tentang Tony Hidayat namun demikian namanya akan tetap di kenang sebagai Wiro Sableng. 



9. Fendy Pradana

Pendekar ke 9 jatuh pada Fendy Pradana.  Slamet Effendy atau lebih di kenal dengan Fendy Pradana kelahiran 13 Februari 1965 merupakan aktor yang di dapatkan dari penjaringan untuk casting film Saur Sepuh pada tahun 1988 hingga akhirnya Fendy terpilih sebagai salah satu pemeran Saur Sepuh sebagai Brama Kumbara. 

Sosok Brama Kumbara merupakan sosok raja Madangkara yang terkenal arif dan bijaksana.Sehingga tidak berlebihan ketika nama Fendy Pradana sososknya sangat melekat sebagai Brama Kumbara. Selain membintangi Saur Sepuh, Fendy juga berperan sebagai Sembara dalam film Misteri Gunung merapi yang diangkat dari serial sandiwara Radio, namun pamor Sembara kalah dibandingkan sebagai Brama Kumbara. Film-film yang dibintangi oleh Fendy kebanyakan merupakan film dengan tema klasik sehingga tidak berlebihan kalau ia menjadi Salah satu pendekar dalam perfilman Indonesia. 



10. Benny G Rahardja

Pendekar ke 10 adalah Benny G Rahardja. Kerap bermain dalam film-film silat klasik, Benny G Rahardja sangat cocok di nobatkan sebagai Pendekar dalam perfilman Indonesia. Sebut saja Film-film yang pernah di bintanginya seperti Lara Jonggrang sebagai Bandung Bondowoso, Tutur Tinular 1 dan 4 sebagai Arya Kamandanu, Aji Pamungkas, Damarwulan Minakjinggo, Jaka Sembung dan Bergola Ijo semuanya merupakan film-film bertema silat klasik yang ia bintangi. 

Selain juga dalam film Sang Pembela , Benny juga berbaku hantam dengan lawan-lawannya. Sosok Arya Kamandanu merupakan sosok yang pas ketika di perankan oleh Benny G Rahardja. 

Namun Sayangnya minim sekali informasi tentang Benny G Rahardja pasca tidak bermain film.



Demikian kesepuluh Pendekar dalam film Indonesia yang perlu untuk diketahui meskipun banyak pemeran lain yang juga pantas di sebut sebagai pendekar, seperti avent Baron Hermanto, Avent Christie, Harry Capri, Chairil JM dan lain-lain. Beda orang beda pula pandangannya tapi paling tidak membuat kita kembali teringat akan sosok pendekar dalam perfilman nasional.  Semoga terhibur.

Saturday, February 10, 2024

SAUR SEPUH 1 SATRIA MADANGKARA

 


JUDUL FILM                        : SAUR SEPUH SATRIA MADANGKARA

SUTRADARA                       : IMAM TANTOWI

SKENARIO                           : IMAM TANTOWI

CERITA                                  : NIKI KOSASIH

PRODUSER                          : HANDI MULYONO

PRODUKSI                           : PT. KANTA INDAH FILM

TAHUN                                 : 1988

JENIS                                     : SILAT

PEMAIN                               : FENDY PRADANA, ELLY ERMAWATIE, MURTISARIDEWI, ANNEKE PUTRI, BARON HERMANTO,  HENGKY TORNANDO, CHITRA DEWI, LAMTING, ATIN MARTINO, YOSEPH HUNGAN, RUDI WAHAB, SIRJON DE GOUT, ATUT AGUSTINANTO

SINOPSIS :

Kerajaan Majapahit di landa kemelut. Sang Prabu Wikramawardana bermuram durja. Berembuk dengan Patih Gajah lembana, Narapati Raden Gajah dan senopati-senopati lainnya.

“Bre Wirabhumi mau melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit karena dia sebagai putera Ramanda Hayam Wuruk merasa lebih berhak dari aku yang  hanya seorang menantu,” Keluh sang Prabu. “Seharusnya dia memahami, isteriku adalah puteri Permaisuri, sedang dia terlahir dari seorang selir!”.

Raden Gajah melaporkan bahwa utusan Kiasar Yung Lo dari Cina, sudah memberikan pengakuan kepada Bre Wirabhumi yang mendirikan kerajaan Pamotan.  Maka Bre Wirabhumi dengan tekebur meminta dukungan dari negeri-negeri tetangga seperti kerajaan Pajajaran, Tanjung Singguruh, Sumedang Larang dan  juga sebuah kerajaan kecil nan makmur, Madangkara.

Hulubalang Rowi dan Pamotan, berpapasan dengan Hulubalang Ludaka dari Majapahit, di perbatasan Madngkara. Nyaris kedua utusan itu bentrok kalau tak di cegah oleh Senopati  Ringkin yang membawa kedua pihak ke keratin Madangkara.

Prabu Brama Kumbara sedang bersama permaisurinya, Harnum dan adiknya Dewi Mantili, disertai suami sang  adik , Patih Gutawa.

Menerima surat dari kedua utusan itu, sang Prabu tak bisa segera memberikan keputusan. Dengan bijaksan.

Prabu Brama kumbara menugaskan Tumenggung Adiguna membawa surat ke Pamotan, menghimbau Adiguna di cegat Tumenggung Bayan. Perselisihan berlanjut dengan adu kedigdayaan. Dengan Aji Cadas Ngamparnya, Tumenggung Bayan menghancurkan tubuh Adiguna.

Perbuatan Tumenggung Bayan membuat  Prabu Brama Kumbara sangat tersinggung. Ia Menugaskan Patih Gutawa dan Mantili membawa suratnya ke Majapahit. Lalu ia sendiri menyamar menjadi Satria Madangkara untuk menuntut balas kepada Bayan. Harnum juga menyamar sebagai pendekar kelana untuk mengikuti perjalanan Satria Madangkara. Mereka berangkat menunggang rajawali raksasa.

Patih Gutawa dan Mantili di sambut baik oleh Prabu Wikramawardana. “Aku mengerti sikap rajamu, sangat bijaksana kalau Prabu Brama Kumbara  memilih kerajaan Majapahit, bukan memihak aku atau siapa. Raja bisa berganti siapa saja, tapi Majapahit tetap Majapahit,”.

Satria Madangkara menantang Tumenggung Bayan bertarung satu lawan satu. Tolak Balik Aji Cakar Geni membuat sekujur tubuh Bayan terbakar hangus. Ternyata perkara tak berakhir sampai di sini, tunangan Bayan, pendekar wanita Lasmini yang menjadi guru silat di padepokan Bukit Kalam, bersumpah menuntut balas.

Tapi saat bertemu muka, dendam Lasmini berubah menjadi kekaguman seorang wanita terhadap seorang lelaki jantan. Apalagi setelah bergebrak, Satria Madangkara bisa merobohkannya dengan mudah.

“Kamu terlalu mempesona untuk menjadi musuhku, “ rayu Lasmini yang mulai kasmaran.

“Jangan!” Kamu harus tetap membenciku karena aku telah membunuh tunanganmu!” cegah Satria Madangkara.

Harnum dan Mantili menjadi sangat murka, dan mencari maki Lasmini.


Merasa tak mampu menandingi, Lasmini meminta bantuan gurunya, Si Mata Setan. Namun Satria Madangkara yang menguasai Ajian Serat Jiwa mampu mengusir si Mata Setan.

Peperangan Majapahit dengan Pamotan tak terelakkan lagi. Angkatan perang Majapahit di pimpin Patih Gajah Lembana yang menunggangi Gajah menyerbu Pamotan.

Lasmini bergabung dengan dua saudara seperguruan Bayan, Yakni Jasta dan Wangwa, serta guru mereka Jagadnata, mencegat rombongan Satria Madangkara. Dalam  pertarungan seru, Lasmini merapal ajian Sirep Megananda untuk menawan Patih Gutawa, Mantili dan Harnum. Sedangkan Satria Madangkara terpaksa menggunakan Ajian Serat Jiwa tingkat tinggi untuk menghancurkan Jagadnata yang kelewat berbahaya.

Serbuan Angkatan Perang Majapahit menghancurkan keraton Pamotan. Bre Wirabhumi melarikan diri naik perahu. Tapi Patih Gajah Lembana tak sudi melepaskannya. Dalam pertempuran, Patih Gajah Lembana berhasil memenggal kepala Bre Wirabhumi.

Prabu Wikramawardana tertunduk haru menerima persembahan kepala Bre Wirabhumi. “Kuburkan di desa Lung, dan dirikan diatasnya sebuah Candi, sebagai peringatan pada anak cucuku, betapa menyakitkan sebuah perang”.

Peperangan Majapahit  Pamotan telah berakhir, tapi justru Brama Kumbara menghadapi persoalan baru. Ia harus mencari Harnum, Mantili dan Gutawa yang di tawan dan di sembunyikan oleh Lasmini entah dimana.  Satria Madangkara bersuit memanggil burung rajawali raksasanya. Dengan menunggang burung rajawali itu, Brama Kumbara memulai perjalanan untuk mencari orang-orang kesayangannya hingga akhirnya dapat kembali bersama.

 

 

 

Monday, February 5, 2024

SUTING "SAUR SEPUH III" DAN KERBAU LASMINI PUN MENGAMUK


Kali ini saya akan menyadur ulang artikel dari majalah film No. 089/57 Th VI 25 Nov - 8 Des 1989 tentang Saur Sepuh 3 semoga bermanfaat buat yang belum pernah membacanya atau tidak tahu informasinya. 

Berikut kutipan lengkapnya. 

Kalau Murtisaridewi mengamuk di saat suting, itu biasa karena perannya sebagai Lasmini menuntut begitu. Tapi kalau kerbau yang mengamuk? Tak urung Imam Tantowi sendiri ikut repot. Dan itulah yang terjadi ketika suting "Saur Sepuh III" Kembang Gunung Lawu " berlangsung di Pangandaran - Jawa Barat. 

Pasalnya ketika gerobak yang di tarik kerbau sebagai kendaraan Lasmini di hadang anak buah juragan Basra, terjadilah perkelahian satu lawan lima. Perkelahian itu rupanya tak cuma membuat pengiring Lasmini Kabur karena takut tapi juga membuat sang kerbau kalang kabut. Akibatnya kerbau tersebut ingin  ngacir juga. Ia berontak dari tali yang melingkari lehernya. Dan itu sudah cukup membuat kayu kemudi grobak patah dan Tantowi teriak , Cut!.


Suting berhenti, sang kerbau di tenangkan. Tapi, nah ini begitu kerbau di keluarkan, Tantowi tiba-tiba berteriak. Rupanya ada yang salah, "Mana orang-orang art?, teriaknya. Buru-buru semua orang datang da mencoba memperbaiki kayu gerobak yang patah.  "Sial, lama-lama bisa mati saya, lambat sekali kerjanya. Bawa paku, kawat dan martil tidak?" tanya sutradara ini pada salah seorang kru art yang terpaksa diam membisu. Dan Tantowi pun segera mengambil alih martil lalu bekerja sendiri. 

Kemarahan-kemarahan seperti itu agaknya memang bukan mutlak milik Tantowi saban suting berlangsung. Beberapa sutradara lain juga pernah mengalami dan melakukannya. "Kesal sih, " Kilah Tantowi. Dan ketika gerobak sudah di perbaiki, suting di lanjutkan lagi. Tapi kali ini bukan sang kerbau yang bikin ulah, justru Lasmini yang tak konsentrasi. Adeganpun terpaksa di ulang-ulang hingga 12 take. 

Kenapa sampai begitu banyak di ulang?" Soalnya kita ingin menyajikan yang terbaik," jawab Tantowi. Dan yang terbaik itu, menurutnya tak cuma dalam soal penyajian adegan, tapi juga perlengkapan suting. "Untuk saur sepuh II ini kami pakai lighting H.M.I sebanyak 5 buah. Di Indonesia belum ada yang punya lighting seperti ini. Kalaupun ada baru Soraya Film. Itupun cuma dua boah. Soalnya harganya mahal. Rp. 10 Juta satu buah, "turut Tantowi. Menurutnya kegunaan lighting H.M.I ini cukup besar. "Lampu ini bisa mengatasi ketiadaan cahaya matahari. Jadi suting tidak terganggu kalau matahari tidak ada. Lagi pula bisa menembus tirai hingga menimbulkan bayang-bayang yang asli. "Jelasnya. 

Menurut Tantowi, lampu seperti itu pulalah yang digunakan ketika Soraya membuat  film "Pembalasan Ratu pantai selatan," Dan hasilnya k kata Tantowi, cukup menakjubkan. "Itu baru mereka pakai dua buah. Kami pakai lima sekaligus, katanya lagi . Soalnya lampu begini bisa menambah suasana gambar menjadi sesuai seperti yang kita ingini." tuturnya. 

Dengan peralatan yang seperti itu, Tantowi mengharapkan "Saur Sepuh III" bisa menjadi film dengan ilai lebi. Tapi sayang, ketika kemudian suting harus berlanjut sore hari, dimana Lasmini harus di gantung sungsang, Tantowi menghentikannya dn kita tak tahu sampai dimana kehandalan spotlight barunya. "Sudah sore. Saya harus kembali ke jakarta karena besok harus ke Surabaya," kilahnya. Dan di Surabaya Tantowi memang melakukan bargaining untuk film "10 November".

Tuesday, January 30, 2024

SUTING FILM SAUR SEPUH DI WAY KAMBAS, MALAM TERAKHIR KABEL DI PUTUS GAJAH LIAR

 


Balik lagi ya kali ini tentang saur sepuh Satria madangkara lagi saat suting di Way Kambas. Di ambil dari bonus Majalah Film No. 056/24 Tahun IV, 20 Agustus - 2 September 1988. berikut kutipannya.

Pertengahan Juli lalu (Tahun 1988), Majalah Film bersama 20 wartawan film Ibukota, selama tiga hari mengikuti Imam Tantowi ke Pusat Latihan Gajah (PLG), Karangsari Way Kambas, Lampung Tengah. Tantowi, Sutradara film aksi itu memang sedang merampungkan  pembuatan film kolosalnya "Saur Sepuh, Satria Madangkara," di daerah yang penduduknya mayoritas bersuku Jawa itu. 

Di Saat puluhan Kru dan para pemainnya, seperti Elly Ermawaty, Anneke Putri, Fendy Pradana, Lamting, Hengky Tornando, Atut Agustinanto, Atin Martino dan lain-lain, Tantowi berbaur  dengan puluhan figuran yang diambilnya dari penduduk setempat plus gajah-gajah yang mulai jinak di PLG itu. "Ini suting terakhir Saur Sepuh yang mengambil adegan peperangan antara pasukan Majapahit yang menunggang gajah dengan pasukan kerajaan Pamotan," ujar Tantowi.

Dan, adegan itulah yang selama tiga hari, dari pagi hingga malam, di sut kameramen Herman Soesilo di Way Kambas. Ada tembok tinggi kerajaan Majapahit yang panjangnya 26 meter dan tingginya 8 meter, terbuat dari lukisan triplek, lalu ada belasan ekor kuda dan lima ekor gajah serta puluhan figuran. 

Mengambil adegan yang serba kolosal itu, tak kurung Tantowi naik pitam. betapa tidak, puluhan orang di harapkannya menuruti komandonya. Tapi dasar para figuran itu awam terhadap dunia film, begitu Tantowi teriak "Cut!" mereka masih saja berkelahi dengan pasangannya. Atau belum lagi Tantowi teriak "Action,!", mereka sudah mendahului berakting. Tak heran kalau tantowi sambil melap keningnya yang penuh keringat karena cuaca emmang sangat  panas , harus berkali-kali mengulang adegan. 

Belum lagi kuda-kuda yang ketakutan ketika bertemu dengan gajah-gajah pasukan Majapahit. Begitu Tantowi teriak action dan camera mulai bekerja, eh kuda-kuda tunggangan para ksatria Madangkara malah lari ketakutan saat di depannya terlintas gajah-gajah itu. Terpaksa Tantowi pakai cara lain, kuda-kuda di pegangi para pemiliknya. 

Suting film sampai selesainya memakan waktu hingga 5 bulan itu, di lampung agaknya merupakan film merupakan suting punyaknya setelah di Sumba. Pangandaran dan Jakarta malam terakhir suting, seluruh kru dan Tantowi sendiri jadi kalangkabut karena munculnya seekor gajah liar yang sempat memutuskan kabel diesel. 

Rupanya, baik Tantowi maupun paawang-pawang gajah yang ada di way Kambas, tidak lebih dulu kompromi dengan 3000 ekor gajah liar yang masih berkeliaran di lokasi suting.

Syukur, Sanga Noppharwan, seorang pawang gajah asal thailan, berhasil menghalau gajah liar itu, jika tidak?" Bisa bisa suting di Way Kambas ditambah waktunya", tutur seorang kru Tantowi. 

Selain Tantowi selama tiga hari ini juga yang cukup repot, Elly dan Annake karena terpaksa memenuhi permintaan foto bersama dari penduduk setempat. Kerjaan yang menyenangkan tentunya. 

Tuesday, January 23, 2024

FILM PERTAMA LAMTING PERAIH MEDALI EMAS SEAGAMES 1987


Bagi penggemar Saur sepuh dan sinetron tutur tinular pasti mengenal nama "Lamting" . Dalam Saur Sepuh ia lebih dikenal saat berpasangan dengan Joseph Hungan sebagai Kijara dan Lugina, sementara kalau di Tutur Tinular Lamting berperan sebagai pendekar Lou Shi Shan. Ternyata nih ya Lamting sebelum terjun ke dunia film merupakan atlet Taekwondo yang sudah membawa harum nama bangsa Indonesia. 

Dan Film Saur Sepuh merupakan film pertama yang dia bintangi. Seperti apa sosok Lamting itu. Berikut cuplikan berita yang di ambil dari Bonus Majalah Film No. 056/24 Tahun IV tanggal 20 Agustus - 2 September 1988.

Lelaki 24 tahun kelahiran Bandung ini memang di kenal pendiam. Mulutnya tidak akan bicara kalau orang lain tidak lebih dulu memulai. Ia berkesan dingin. Dan ketika ia kemudian di minta berperan sebagai Patih Lodaya, dari kerajaan Pamotan dalam film "Saur Sepuh Satria Madangkara" yang sedang di garap Imam Tantowi, peran itu memang pas untuknya. Sebab kesan itulah yagn agaknya di harapkan sutradara. 

"Ini film pertama saya. Sebelumnya cuma jadi instruktur (pelatih silat) para pemain saja," ujar Lamting. Taekwondoin DAN II berkulit putih dan bertubuh tinggi ini. Lantas bagaimana rasanya main film?" Lebih ringan dari latihan Tae Kwon Do. Di Taekwondo lebih berat. Capek, karena memutuhkan stamina yang cukup besar. Cuma di film capek menunggu waktu suting. Ia yang membuat saya suka enggak sabar," tutur lelaki yang lahir 17 April 1964 ini. 

Anak bungsu dari 4 bersaudara pasangan Bapak salam dan nyonya Lise ini, ngakunya enggak tahu kenapa ia diminta main film. "Memang sebelum "Saur Sepuh" saya sudah diminta banyak produser untuk main film. Tapi kesibukan saya di Tae Kwon Do tidak memungkinkan", ujarnya. Di Saur sepuh inipun karena ada waktu lowong. Kalau tidak ya enggak bakalan main film," katanya. 

Sebagai Taekwondoin, Lamting sendiri sudah berkali-kali ikut kejuaraan dan menjadi juara. Tahun 1984,1985 dan 1987 ia keluar sebagai juara nasional di kelasnya. Sedangkan tahun 1986 ia meraih medali perak pada Asian Games di Seoul dan tahun 1987 tampil sebagai juara di Sea Games Jakarta dan meraih Emas. "Sekarang saya sedang menunggu hasil kerjurnas taekwondo. Juaranya nanti akan bertanding dengan saya untuk seleksi ke Olimpiade," ujarnya. "Saya memang tinggal menunggu juara di kelas saya,! katanya lagi. 

"Kalau memungkinkan saya memang akan terus menggeluti dunia film," Ujar Lamting serius.
"Tapi saya tidak akan berhenti jadi Taekwondoin"; tambahnya. 

Perihal namanya sendiri, Lamting mengaku tidak punya nama lain. "Itu nama saya yang asli. Bukan singkatan dan enggak ada embel-embel lainnya. Itu nama saja sejak lahir kok," katanya lagi. 

Cowok pendiam yang suka sendiri ini, ketika disinggung tentang pacar hanya tersenyum. "Belum ada, saya memang belum mau pacaran kok," jawabnya. "Sungguh kalau sekedar teman wanita sih ada, Tapi yang seiur belum, " katanya lagi. 

Monday, January 22, 2024

DIBALIK TERPILIHNYA PT KANTA INDAH FILM YANG MEMPRODUKSI "SAUR SEPUH" SATRIA MADANGKARA

 


Ada apa di balik terpilihnya PT. Kanta Indah Film sebagai rumah produksi yang memproduksi film Saur Sepuh? ternyata sebelum PT. Kanta Indah film ada tiga rumah produksi yang sedianya akan membuat film Saur sepuh. 

Mari Simak petikan artikel Bonus Majalah Film No. 056/24 Tahun IV, 20 Agustus - 2 September 1988 dengan judul "Akhirnya, Inilah Saur Sepuh Itu".

Kesempatan memang menjadi milik orang yang gesit. 

Drama radio "Saur Sepuh" yang di udarakan lewat 250 stasiun radio di berbagai wilayah di Indonesia tiba-tiba seperti melahirkan fenomena tersendiri. 

Para Pendukung sandiwara ini, yang cuma suaranya saja yang di kenal, lalu lebi di dekatkan dengan penggemarnya yang selalu membludag lewat hiburan panggung. Lalu muncul nama-nama populer macam Elly Ermawatie, Ferry Fadly atau Novia Kolopaking, 'dinasti' Saur Sepuh perdana. 

Kepopuleran drama "Saur Sepuh" yang di udarakan ulai Februari 1984 ini, tercium juga bau komersilnya oleh orang film. Syahdan beberapa produser tanpa kencanpun, mulai mengontak Kalbe Farma, perusahaan farmasi yang punya hak milik "Saur Sepuh". Ada Tobali Film, Garuda Film serta Inem Film. 

Dari penjajagan dengan mereka, pihak Kalbe nampaknya lebih condong memilih Garuda Film . Tapi menghubungi produser Garuda tak mudah. Apalagi waktu itu Hendrick Gozali pergi ke Hongkong. Sejak itu putus kontak Kalbe dan Garuda. 

Produser Lain, Kanta Indah Film adu nasib hubungi Kalbe atas desakan Sutradara Imam Tantowi yagn tergiur memfilmkan "Saur Sepuh" yang bisa kolosal. Kanta mulai membujuk Kalbe dengan memutarkan film-film silat yang pernah di produksi macam "Kelabang Seribu", "Mandala", "Pendekar Ksatria", dan lainnya. Kalbe berubah pikiran melihat kesungguhan Kanta dan Imam. "Baik, Kalbe setuju asal yang menyutradarai Imam Tantowi", ujar pihak Kalbe. 

Tobali Film tak mau kalah, Ia tawarkan uang "beli" Saur Sepuh sebanyak Rp. 50 Juta. Tapi mana Kalbe, yang telah di keluarkan duit Rp. 5 Milyard untuk radio Saur Sepuh itu, menganggap uang segitu berharga. 

Bahkan kepada Kanta Film, Kalbe menjanjikan kalau film Saur Sepuh nanti jadi dibuat dan Kanta Kekurangan duit, Kalbe akan bantu. "Dari kami syaratnya cuma satu, bikin film Saur Sepuh sebagus mungkin." ujar A.O Hndriyono, Asisten Manajer Marketing Kalbe Farma di mobil pribadinya saat suting di Lampung kepada Majalah Film. 

Semula Kanta menganggarkan film ini kelak cuma menghabiskan Rp. 70," tut0 juta. Tapi sampai suting terakhir di Pusat Latihan Gajah Way Kambas, Lampung, telah menghabiskan  Rp. 800 juta.

Dan ini tak jadi masalah, sebab menurut orang terpercayadi Kalbe ini, pihaknya juga membantu finansial pada Kanta Indah Film. "Soal besarnya itu rahasia perusahaan," ucapnya. Bagi kami keuntungan dari film ini tak jadi masalah besar. Kalau Masyarakat puas,kami pun cukup puas," tuturnya dalam gaya dipropmasi seorang bisnis. 

Maka Kantapun lalu menghubungi para pemain Saur Sepuh diantaranya Ferry Fadly dan Elly Ermawati. Namun Ferry Fadly yang sudah di kontrak Kanta, Menurut Fadly, sengaja di permainkan pihak Kanta, lantaran Saur Sepuh belum mulai juga saat Ferry di kontrak 4 bulan lalu. 

Dan Tobali Film masuk mencoba membujuk Ferry agar menyeberang ke pihaknya untuk bikin film Saur Sepuh. Maka muncul Saur Sepuh lain kalau mau di sebut "palsu". Gembor-gemborpun mulai. Orang bingun Saur Sepuh model apa ini. Pihak Kalbe perlu turun tangan. Lewat Iklan di koran mereka memberitahu, bahwa hak pemfilman Saur Sepuh hanya di berikan pada Kanta Indah Film. Sejak itu Tobali nyerah lalu merombak skenario Saur Sepuh menjadi Brahmana Manggala. 

Tobali ngebut produksi, bahkan sebelum Saur Sepuh selesai suting pada 25 Juli ini, film Brahmana Manggala sudah beredar. Celakanya beberapa distributor dan pihak gedung bioskop mulai nakal dengan menyebut inilah film Saur Sepuh. 

Tentu Saja Kanta atau sutradara Imam Tantowi yang namanya di bawa-bawa jadi kheki, meski tak mau berbuat banyak. "Akhirnya toh orang tahu bahwa film itu bukan Saur Sepuh," ujar Tantowi. Hal ini juga di akui oleh Kalbe sendiri yang melihat iklan menyesatkan tentang film Brahmana Manggala di beberapa daerah. 

Sebuah kesempatan telah terlewati sudah. Dan Kanta film plus Imam Tantowi telah menyergapnya. Tinggal kini menguji sejauh mana kesempatan kolosal ini dimanfaatkan dan di olah untuk di uji oleh masyarakat yang kadung demen sama Saur Sepuh. Dan ini benar-benar tantangan seharga Rp. 1,2 milyard. Sebab pihak Kalbe juga memberi syarat bahwa film ini harus di promosikan secara besar-besaran dengan pesan sponsor perusahaan obat ini, tentu saja.

Dan kesempatan ini terjadi setelah nanti film Saur sepuh dengan Elly Ermawati diedarkan serentak dengan 80 kopi pada 1 September 1988 dan di lanjutkan Saur Sepuh jilid II (yang belum di buat) dan direncanakan beredar 25 Desember. Itupun kalau jadi lho!.

Thursday, January 11, 2024

SAUR SEPUH : DARI RADIO KE LAYAR PERAK


Saur Sepuh sebuah serial sandiwara radio yang fenomenal pada era 80an yang diangkat ke layar lebar. Kali ini saya akan menuliskan tentang Saur Sepuh yang diangkat ke layar perak dari Majalah Sarinah Nomor 156/29 Agustus sd 11 September 1988. Meski beritanya sudah basi namun agar para pembaca dapat kembali mengingatnya dan membaca kisahnya. 

Berikut petikannya.

 Cerita Saur Sepuh yang meminjam latar sejarah Majapahit di gemari jutaan pendengar sekitar 250 pemancar radio. Lalu diangkat ke layar perak. Dapatkah gambar yang tampil di film Saur Sepuh sesuai dengan imajinasi pendengar drama tersohor itu?

Gerbang benteng Majapahit terbuka. Pasukan gajah yang di pimpin Raden Gajah berderap di iringi pasukan berkuda dan prajurit yang meluap seperti bah dan perang tandingpun berkobar. Pekik kesakitan baur dengan denting beradunya bermacam senjata. Pedang dan tombak bercuatan diantara kibaran umbul-umbul. Pasukan gajah terus merangsek maju, menggilas prajurit kerajaan Pamotan yang memberontak. 

Sementara kedua prajurit kerajaan itu berperang, Imam Tantowi terus menyimak jalannya pertempuran. Imam Tantowi, kita tahu adalah salah seorang sutradara film action yang selama ini mampu menyuguhkan adegan-adegan menegangkan namun juga artistik. Di tangan Imam Tantowi, film action bukan sekedar gambar hidup yang menyuguhkan orang berkelahi atau baku bacok, "Carok" umpamanya. Film "Carok" yang berlatar tradisi Madura, di tangan Imam Tantowi, hadir sebagai film berbobot. Setidaknya El Manik menyabet PIala Citra melalui film "Carok" itu. Dan kini Imam Tantowi kembali menggarap film action Saur Sepuh seri pertama berjudul "Satria Madangkara".

Film yang konon menghabiskan biaya sekitar satu milyar rupiah ini, "Ceritanya, sebagai drama radio, sudah demikian populer. Bagi saya, hal itu justru menyulitkan. Sebab,saya di batasi oleh Imaginasi mereka yang selama ini menggemari drama radio Saur Sepuh. Maka, dalam pengadegan dan visualisasi, yang dapat saya lakukan hanyalah mencoba mendekatkannya dengan bayangan yang selama ini ada di dalam imajinasi penggemar Saur Sepuh," kata Imam Tantowi dalam nada rendah. 


Perahu Raden Gajah

Brama, Mantili, 

Latar Sejarah

Saur sepuh seri "Satria Madangkara" ini meminjam latar sejarah kerajaan Majapahit yang sedang dilanda kemelut. Alkisah, Bre Wirabhumi putra Prabu Hayam Wuruk dari istri selir, berniat menuntut hak sebagai raja Majapahit yang ketika itu di perintah oleh Prabu Wikramawardana, menantu Prabu Hayam Wuruk. 

Bre Wirabhumi berusaha menandingi kekuasaan Majapahit dengan mendirikan kerajaan Pamotan. Dan ia meminta pengesahan pada Kaisar Yung Lo di Negeri Cina. Selain itu, ia juga mencari dukungan dari negeri tetangga antara lain Pajajaran, Tanjung Singguruh, Sumedang Larang dan kerajaan kecil Madangkara. 

Hingga disini, latar sejarah yang di pinjam pembuat cerita Saur Sepuh, yakni Niki Kosasih, mulai bergeser pada fiksi. Syahdan Brama Kumbara, raja Madangkara, enggan membantu Pamotan, Sebab Brama Kumbara menganggap pertikaian Bre Wirabhumi dengan raja Majapahit itu sebagai perselisihan keluarga. Ia tak hendak memihak, dan bahkan mengirim surat berisi imbauan agar kedua belah pihak menghentikan pertikaian dengan musyawarah. 

Akan tetapi, utusam Brama Kumbara terbunuh oleh Tumenggung Bayan, punggawa kerajaan Pamotan. Hal itu tentu saja membuat Prabu Brama Kumbara kurang berkenan. Ia meminta kepada Bre Wirabhumi agar Tumenggung Bayan di serahkan untuk di hukum. Tatkala meminta penyerahan itu, Brama Kumbara menyamar sebagai Satria Madangkara, dan mengaku sebagai utusan raja Madangkara. 

Jalinan cerita perebutan tahta Majapahit itu , lantar bergeser lagi ke dalam alur pengembaraan Satria Madangkara serta tokoh-tokoh Saur Sepuh yang selama ini di kagumi penggemar drama radio. Yakni Mantili, Gutawa, dan tokoh wanita antagonis Lasmini.  Selain perang kolosal, Satria Madangkara juga menyuguhkan duel dan sekaligus memvisualisasikan kehebatan tokoh-tokoh Saur Sepuh.

"Jika di dalam drama radio, imaginasi pendengar di bangkitkan dengan narasi, maka saya mencoba menggambarkan secara visual, " kata Imam Tanowi. 

Namun itu bukan hal mudah, Jika dalam drama radi kesaktian Mantili diutarakan dengan kata-kata umpamanya saat berperang, narator dengan leluasa mengisahkan kesaktiannya. Dan Mantili dalam imaginasi pendengar radio, mampu meloncat-loncat dari pucuk pohon ke pucuk pohon tanpa pernah terjatuh. 

"Hal semacam itu tentu sulit di capai dalam film," kata Imam tersenyum. Akan tetapi  dalam usahanya mendekati imaginasi yang sudah terlanjur terbentuk itu, Imam Tantowi tampak bersungguh-sungguh. Ia misalnya, bersusah payah menggambarkan kesaktian Mantili mampu berdiri diatas tombak yang dilemparkan kepadanya. Dan sambil tetap beridri di batang tombak itu. Mantili pun berputar arah mengejar dan kemudian menikam musuhnya. 

Atau juga visualisasi Brma kumbara yang menungang garuda mampu di ambarkan Imam Tantowi secara cerdik. Meskipun, "Dengan teknologi sederhana, saya berusaha untuk tidak mewujudkan gambaranyang terlalu jauh dari apa yang selama ini dibayangkan penggemar Saur Sepuh," kata Imam lagi. 

Adegan lain yang juga merupakan upaya berdamai dengan bayangan Saur sepuh yang terlanjur terbentuk lewat drama radio, adalah visualisasi kolosal pertempuran prajurit Pamotan dan Majapahit. Untuk itu Imam Tantowi memboyong peralatan dan crew film  ke pulau Sumba. Selama lima belas hari, Imam Tantowi menyewa sekitar dua ribu penduduk setempat yang mahir berkuda. 

Sutradara Saur Sepuh

Artikel dari Majalah Sarinah


Di Buka dengan Iklan

Saur Sepuh yang meminjam latar sejarah sesungguhnya dapat menjanjikanbanyak hal. Untuk menyelami kedalaman hati manusia, misalnya, seperti yang pernah di lakukan Rendra dengan dramanya "Panembahan Reso", yang juga meminjam latar sejarah kerajaan. Namun membaca skenario yang juga di tulis Imam Tantowi, sulit menemukan usaha pendalaman ke arah itu. 

Memang ada, umpamanya, usaha untuk mrelevansikan Saur Sepuh dengan situasi mas akini. Namun itu cuma terbatas pada dialog verbal seperti "Perang hanya akan menyengsarakan, mematikan perdagangan dan memiskinkan rakyat, baik yang menang maupun yang kalah."

Akan tetapi kita tahu, Imam Tantowi adalah seorang sutradara muda berbakat. Darinya lahir film-film yang enak ditonton. Dan Imam Tantowi pula yang mampu membuat film action layak di perhitungkan dalam Festival Film Indonesia. Padahal selama ini film-film action cuma di pandang sebelah mata oleh para kritisi. 

Sutradara yang mengawali karirnya di film sebagai penata artistik itu, sungguh dapat di harapkan. Dan ia telah membuktikannya lewat film "Carok" yang menyabet piala Citra. "Carok" yang sebagai film nyari sempurna, skenarionya di tulis Arifin Sempurna, Skenario di tulis Arifin C Noor. Bagi saya sebetulnya, lebih enak membuat film yang skenarionya di tulis oleh orang lain. Sebab dengan begitu saya masih punya kesempata mengembangkannya. Itu tentu berbeda dengan jika saya membuat film yang skenarionya saya tulis sendiri. Imaginasi saya sudah tercurap pada skenario, sehingga ketika suting, tak banyak lagi yang berkembang," kata Imam Tantowi yang dalam soal teknis tampak sudah melampaui. 

Selain itu, Imam Tantowi sesungguhnya juga "Ingin memnggarap film yang  bukan action, lama-lama tentu jenuh dan kering Tetapi cerita yang di sodorkan produser pada saya, sampai sekarang saya yang action melulu'" kata Imam Tantowi ayah enam anak-anak yang kabarnyajuga akan menyutradarai "Senopati Pamungkas diangkat dari novel laris Arswendo Atmowiloto.

Adegan Perang Tanding

Pasukan Gajah


Film Saur Sepuh di dukung oleh muka-muka baru," Mengingat ceritana sendiri sudah begitu populer, saya kira pemeran baru itu tidak akan berpengaruh. Malah menurut saya ini merupakan kesempatan untuk melakukan regerenrasi , menghadirkan sosok baru di pentas film nasional", kilah Imam Tantowi. 

Sebagai tontonan, Saur sepuh boleh jadi akan di banjiri pengunjung. Terutama dari kalangan menengah ke bawah," kata Imam. Yang agak aneh mungkin adanya iklan sponsor di awal film. Produk Kalbe Farma yang empunya hak cipta cerita, akan mengawali kiprah Brama kumbara dan Mantili. Agak lucu, tentunya, melihat kedua tokoh dari kerajaan masalampau itumempromosikan produk jaman modern. 

Demikian di tuliskan di Majalah Sarinah. Salam buat penggemar Saur Sepuh. 

Saturday, January 6, 2024

LOKASI SYUTING SAUR SEPUH 1 SATRIA MADANGKARA DAN CERITA DI BALIKNYA - BAGIAN 2 (SELESAI)

 

Syuting di Pangandaran

Dalam tulisan sebelumnya Klik Disini, lokasi suting Saur sepuh berada di Sumba, selanjutnya adalah liputan syuting di tempat lain. 

2. Lokasi Syuting Saur Sepuh di Pangandaran, Dari Peperangan di Laut Sampai Pembakaran Mayat

Syuting di Pangandaran tak kalah serunya dengan di Sumba. Sebab di kawasan Hutan Lindung dan Areal Pariwisata ini, seluruh pemeran utama dan pembantu tampil. Adegan-adegan penuh trik (tipuan) pun merupakan tontonan tersendiri. 

Adegan yang paling menarik adalah perang tanding antara dua putri cantik, Mantili dan Lasmini (diperankan oleh Murtisaridewi). Uniknya, Elly Ermawati pemeran Mantili sama sekali tak mau digantikan oleh stand in (pemeran pengganti) walaupun dia harus melakukan adegan-adegan berbahaya. Untuk adegan terbang ke atas pohon misalnya, tubuh Elly di ikat dengan kawat baja sedemikian rupa, lantas dikerek keatas pohon. Bahkan dia juga diayun-ayunkan keberbagai jurusan sesuai dengan arah gerak silatnya. Adegan berbahaya itu perlu di ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik. 

"Elly memang berani dan cepat menguasai keadaan," bisik Tantowi. "Padahal saya sendiri mungkin takut melakukan adegan itu", lanjutnya tertawa.

Peristiwa lucu terjadi ketika Mantili dan Lasmini bertempur menggunakan pedang. Baru saja pedang diambil Lasmini, langsung patah. Dua pemain yang sudah pasang aksi serius itu jadi terpana, lantas tawa pun meledak. Syuting terpaksa break sebentar menunggu diambilnya pedang pengganti yang lebih canggih. 

Adegan perang tanding antara Brama Kumbara melawan si Mata Setan pun tak kalah serunya. Ada kilatan cahaya ledakan mercon, asap berwarna warni, pohon-pohon tumbang dan sebagainya. Semua itu dikerjakan dengan trik-trik yang dirancang oleh ahlinya yakni El Badrun dan kawan-kawan. 

Ada kecelakaan kecil ketika berlangsung adegan perang tanding antara Brama dan Jagatnata. Brama mengeluarkan ajian andalannya "Serat Jiwa", lantas meremas tubuh Jagatnata sampai hancur jadi debu. Untuk itu telah di persiapkan boneka yang dibuat persis dengan tubuh Jagatnata. Bahannya fiberglass. Ketika Brama meremas tubuh buatan itu, Fendy (Pemeran Brama) meringis kesakitan. Tangannya berdarah terkena goresan fiberglass. Awak filmpun panik sebentar merawat tangan yang terluka. Ketika akhirnya Fendy tersenyum sambil bilang "Nggak apa-apa kok, Kita teruskan,", semuanya pun lega. 

Yang lucu mungkin adegan Lasmini berpacaran dengan Tumenggung Bayan. Akting Baron Hermanto yang memerankan Bayan tak ada masalah. Yang repot justru mengatur Murti pemeran Lasmini. Dia tampak kaku, kikuk dan berkesan dingin. Tokoh Lasmini harusnya agresif, sensual. Padahal ketika melakukan adegan perang tanding, Lasmini tampak gagah perkasa. Usut punya usut, Murti akhirnya mengaku.

"Habis saya kan nggak pernah pacaran. Jadi, belum tahu bagaimana caranya," katanya lirih. Tentu saja jawaban itu membuat sutradara dan awak film lainnya tertawa geli. Setelah latihan berulang kali Murti akhirnya dianggap bisa melakukan adegan mesra. Uniknya selama latihan sampai pengambilan gambar, kedua sejoli itu tetap berpelukan. Bukan karena bandel, alasan mereka "Kalau kami melepaskan diri, buyarlah konsentrasi." Yang terang sejak itu, Murti dan Baron sering di goda oleh rekan-rekan mereka. Lebih-lebih ketika adegan Lasmini mencium Brama di batalkan. Fendy tentu saja menyesal.

"Mas Towi, Adegan ciuman di jadiin dong. Kalau nggak, ya latihan saja cukup deh, " ujar Fendy dengan maksud menggoda Murti. Memang diantara ketegangan seringkali canda ria mewarnai suasana Syuting.

Di Pangandaran penduduk setempat pun mendapat bagian menjadi figuran. Terutama untuk adegan peperangan di laut. Untuk itu, di kerahkan puluhan perahu yang di hias menjadi kapal perang. Itu artinya, para nelayan setempatlah yang mendapat prioritas menjadi prajurit-prajurit pengemudi kapal tersebut. 

Adegan lain yang membutuhkan banyak figuran adalah saat pembakaran mayat Tumenggung Bayan. Enam puluh orang penduduk setempat di kerahkan menjadi prajurit dan penduduk kerajaan Pamotan. Mayat Tumenggung Bayan yang di buat dari boneka di bakar diatas api unggun yang besar. Istri Tumenggung Bayan ikut "mati labuh geni" terjun dari panggung setinggi 7 meter, ke dalam kobaran api. Tentu saja yang masuk ke dalam api cuma boneka buatan. Adegan yang mencekam ini menjadi perhatian besar masyarakat setempat. Mereka berduyun-duyun datang. Suasana pun seperti Pasar Malam. Banyak pedagang berjualan makanan di sekitar lokasi syuting. Apalagi malam itu udara cerah di terangi sinar bulan. 

Memang selama syuting di Pangandaran penonton tak pernah sepi. Mereka berteriak kaget bila terdengar ledakan mercon atau melihat kepulan asap yang mewarnai udara. Merekapun bertepuk tangan riuh bila adegan-adegan berbahaya terselesaikan dengan selamat. Para pedagang makanan dan jurufoto amatirpun laris. Sebab penduduk beramai-ramai minta foto bersama artis-artis pendukung film, lewat kamera polaroid sekali jepret langsung jadi. Kalau nasib lagi baik, para pedagang atau tukang foto itu juga kebagian peran figuran. Honor Rp. 5.000,00 sehari dianggap cukup lumayan. Turis-turis asing yang berkeliaran di arena wisata pun terheran-heran melihat keriuhan syuting. Mungkin baru kali itu mereka menonton orang Indonesia bikin film. 

Syuting film selama 10 hari di Pangandara, diakhiri dengan "pesta perpisahan" antara pemain utama dan kru film dengan para figuran. Pestanya ramai-ramai makan kambing guling diteruskan dengan ajojing sampai pagi. 



3. Lokasi Syuting di Lampung : Lima Ekor Gajah tapi berkesan Ratusan

Syuting selama 3hari dilakukan di Sekolah Gajah Way Kambas, Lampung Tengah. Maksud di pilihnya lokasi itu jelas, agar bis amenggunakan gajah-gajah yang sudah terlatih. Di Sini ingin di gambarkan kebesaran kerajaan Majapahit denga pasukan gajah dan kudanya. Karena pasukan berkuda sudah diambil gambarnya di Sumba, di Lampung hanya belasan ekor kuda yang di gunakan. Padahal mencari kuda di Lampung termasuk sulit. Maka, apa boleh buat diangkutlah kuda-kuda yang pernah di gunakan di Pangandaran, termasuk para penunggang kuda sekaligus pemilik kuda itu. 

Sebenarnya sekolah Gajah Way Kambas memberi keluasan menggunakan gajah-gajah yang sudah jinak sebanyak 48 ekor. Tapi, Tantowi cuma meminjam 5 ekor. Alasanya jumlah kuda yang ada tak memadai bila disandingkan dengan pasukan gajah. Kalau jumlah gajah terlalu banyak, akan kelihatan timpang. Namun dengan trik tertentu pasukan gajah dan pasukan kuda tampak ratusan jumlahnya. Caranya, kuda dan gajah yang sudah di tembak kamera, berputar lagi lewat di depan kamera secara berkseinambungan . Kesannya jumlah kuda dan gajah itu banyak sekali. 

Dalam show of force tentara Majapahit itu tentu harus di sertau set atau latar belakang bangunan kerajaan. Untuk itu bagian artistik film membangun dinding yang merupakan pintu gerbang kerajaan. Dinding buatan setinggi 8 meter denga panjang30 meter itu berhasil memberi kesan kemegahan Majapahit. Padahal bahan untuk dinding itu sederhana. Terbuat dari styro foam (bahan yang biasa untuk mengepak alat-alat elektronik). Bahan-bahan itu di potong-potong seukuran bata merah, lalu di lekatkan pada papan penyangga kemudian di cat sewarna dengan bata merah. Dari balik dinding itulah pasukan Majapahit keluar di saksikan oleh Brama Kumbara, Mantili, Patih Gutawa dan Harnum.

Mencoba naik gajah menjadi kesibukan tersendiri diluar syuting. Para artis ramai-ramai minta diajari naik gajah. Elly Ermawati termasuk yang paling nafsu. Pelatih gajah asal Thailand dengan sabar meladeninya. "Naik gajah kecil rasanya seperti naik mobil Honda, Paling enak naik gajah besar serasa naik Baby Benz," ujar Elly yang centil itu. 

Namun di hari lain, awak film dan pemain pun sempat panik ketika mendengar kabar bahwa sekawanan gajah liar mendatangi lokasi syuting. Memang di sekitar Way Kambas masih berkeliaran gajah-gajah liar. Suasana semakin mencekam ketika malam harnya lampu harus di padamkan karena terjadi kebakaran kecil pada generator listrik. Suasana tetap mencekam meskipun polisi khusus telah di datangkan dan paa pawang gajah membesarkan hati semua orang. Ketika rombongan meninggalkan tempat keesokan harinya, tetap dalam pengawalan ketat para polsus. Siapa Tahu gajah-gajah liar mencegat di tengah jalan. Untungnya tak terjadi apapun. "Pasukan" Saur sepuh sampai di Jakarta lagi dengan Selamat. 

4. Lokasi Syuting di Studio Cengkareng : Naik Rajawali Raksasa

Sebenarnya, awal syuting telah di mulai di studio milik PT. Kanta Indah Film yang berlokasi di daerah Cengkareng Jakarta Barat. Di studio tersebut di buat set-set yang menggambarkan kerajaan Pamotan, Madangkara dan Majapahit. Jelasnya semua adegan interior di lakukan di studio ini. Misalnya adegan Prabu Bre Wirabumi sedang pesta pora bersama para punggawa kerajaan. Atau adegan Prabu Brama Kumbara bersama istrinya Dewi Harnum dan adiknya Mantili, menerima tamu di Istana Madangkara. 

Namun demikian, ada pula adegan eksterior yagn di lakukan di studio. Yakni adegan rajawali terbang. Rajawali raksasa itu adalah kendaraan milik Brama Kumbara. 

Seekor Rajawali raksasadi tenggerkan di ruang studio. Badan Rajawali yang di buat dari kerangka besi baja itu, di balut dengan bulu burung sungguhan. Kepala burung itu pun bis adi gerakkan, menoleh ke kiri dan kekanan. Dengan teknis tertentu, sayap burung raksasa itu juga bisa di gerakkan ke atas dan ke bawah menyerupai burung yang mengepakkan sayapnya. 

Ketika syuting di mulai, setelah Brama naik keatasnya, burungpun di gerakkan. Sementara latar belakang yagn berwarna putih disorotkan gambar-gambar yang di geserkan ke samping, Gambar-gambar ituantara lain pemandangan sawah gunung, hutan juga kerajaan-kerajaan. Gambar yang ditangkap kamera secara keseluruhan adalah Brama naik burung rajawali terbang, melintasi sawah, gunung, sungai dan sebagainya.

Tekhnik yang di sebut Front Projection ini termasuk teknologo tinggi  yang memerlukan ketrampilan khusus bagi pelaksananya. Dalam hal ini tim artistik dan ahli efek khusus bekerja keras berbulan-bulan sebelumnya. 

Tak terasa syuting yang keseluruhannya berlangsung 5bulan itupun usai.Syuting yang hiruk pikuk dan gegap gempita, merupakan tontonantersendiri . Sekarang tinggal bagimana filmnya setelah di Mampukan film Saur Sepuh, Satria Madangkara menandingi popularitas sandiwara radionya?

Demikian Liputan tentang syuting saur sepuh Satria Madangkara.