Sunday, October 20, 2024

SI KABAYAN DAN ANAK JIN, REKOMENDASI NAMA PARAMITHA YANG SUTING NIKE ARDILLA


 Artis Paramitha Rusady yang telah bermain gemilang lewat film "Si Kabayan Saba Kota" dan Si Kabayan dan Gadis Kota" terpaksa harus menelan pil pahit. Tidak saja gagal meraup sekitar 25 juta rupiah dari honornya, tapi juga kehilangan kesempatan untuk tampil dalam film "Si Kabayan dan Anak Jin" yang sedang suting di Bandung Jawa Barat. Peranannya sebagai Nyi Iteung digantikan oleh Nike Ardilla dengan alasan yang tidak jelas. 

Sesuai rekomendasi yang di keluarkan oleh Parfi maupun Surat Izin Produksi dari Deppen RI, kalau pemean Nyi Iteng dalam "Si Kabayan dan Anak Jin" itu adalah Paramitha Rusady. Tapi yang kini suting di Bandung untuk memerankan Nyi Iteung adalah artis belia Nike Ardilla untuk mendampingi Didi "Kabayan" Petet. Saat tulisan ini diturunkan Senin 18/2 1991 lalu, film produksi PT. Kharisma Jabar Film telah merampungkan sekitar 50 persen sejak suting tanggal 9 Februari 1991 lalu . 

Tapi ketika di cek ke sekretariat Parfi di pusat Perfilman Kuningan Jakarta Selatan, belum menerima surat dari produser tentang perubahan pemeran Nyi Iteung tersebut. Malah pihak sekretariat Parfi merasa berterima kasih kepada MF yang telah menyampaikan informasi penggantian tersebut. 

Sementara dari pihak produser, belum didapat keterangan rinci tentang penggantian itu. Karena seluruh staf produksi maupun Hatoek Soebroto yang punya wewenang sedang berada di Bandung. Dari sumber MF di peroleh penjelasan digantinya Paramitha Rusady dengan Nike Ardilla bermula dari kurang luwesnya artis yang sedang naik daun ini dalam menghadapi produser. 

Kata sumber adi, Paramitha menuntut agar produser Hatoek Soebroto menyelesaikan dulu dua kontra sebelumnya yang belum sempat terealiasi namun telah over date (hangus) karena filmnya belum di buat. Malah Paramtiha bersedia di bayar 50 persen saja dari nilai kontraknya asal dua kontrak yang telah hangus itu di selesaikan. Ya nggak mungkin dong, mana mau sih produser bayar tiga kontrak untuk satu film. Biar juga dia minta cuma setengahnya yang satu ini", kata sumber MF. 

Dikutip dari MF No. 122/90 tanggal 2 Maret - 15 Maret 1991

Thursday, October 3, 2024

MARISSA GRACE HAQUE


 Langit di atas kota Balikpapan sore itu begitu cerah memerah oleh semburatnya mentari yang akan tenggelam di ufuk barat. Di keheningan sore itu lahirlah aku - Marissa Grace Haque. Sebuah nama yang agak aneh barangkali. Memang ayahku Allan Haque adalah lelaki ganteng asal Pakistan asli yang menjadi konsul di Indonesia. Sedang mamaku Raden Roro Mieke Suhariyah adalah wanita Jawa Asli. Dari percintaan dan persahabatan dua bangsa itulah akhirnya membuahkan aku. Hari itu tepat 15 Oktober 1962. Dan soal nama itu?

Dulu papa tergila-gila sekali pada bintang film bernama Marissa Paffan saudarinya artis terkenal Pier Angeli. Saking senangnya sama wajah artis cantik itu papa berjanji akan memberikan nama Marissa kalau punya anak perempuan. Sementara mama juga tergila gila pada kecantikan artis Grace Kelly, Mama seperti papa juga intin memberi nama Grace pada anak perempuannya kelak. Jadi begitu lahir aku, mereka segera memberi nama artis-artis yang dikagumi. Marussa dan Grace. Sedang untuk lengkapnya namaku di tambah Haque yang merupakan nama marga papa. 

Selain itu Marissa Haque juga pernah masuk kelompok Swara Mahardika pimpinan Guruh Soekarno Putra atas saran dari Ibu Fatmawati istri Bung Karno saat bertemu di Semarang bersama papanya. DiSwara Mahardika Marissa dan juga adiknya Soraya Haque bisa latihan tarian-tarian bagus, cara berorganisasi cara mandiri serta dekat dengan bintang top seperti Chrisye dan Achmad Albar. Ia juga pernah mengejar-ngejar bintang terkenal seperti Titik Sandhora, Andi Meriem Matalatta untuk meminta tanda tangan (sesuatu yang dirasakan geli sendiri ketika sekarang sudah menjadi artis ingat penggemarnya minta tandatangan). 

Saya mulai main film pertama "kembang semusim" Dikontrak selama 3 film. Dan tiba-tiba saya menemukan keasyikan tersendiri. Kebanggaan lain, kebanggaan itu semakin bertambah ketika saya hadir pada Festival Film Indonesia di Surabaya, saya menjadi wakil Mieke Widjaya untuk menerima Piala Citra atas nama Mieke Widjaya sebagai pemeran utama wanita terbaik dalam film Kembang Semusim dimana saya bermain disitu. Ketika sya naik panggung dan menerima Citra saya mengangkat piala kebanggaan itu tinggi tinggi seakan sayalah yang memperolehnya. 

Dan ketika nama saya di sebut dalam nominasi Festival Film Indonesia 1985 di Bandung saya benar-benar sudah merasa saatnya tiba. Dan akhirnya pada tahun 1985 Marissa meraih Piala Citra sebagai Peran Pembantu Wanita Terbaik dalam film Tinggal Landas Buat Kekasih. 

Pendalaman akting bagi Marissa Haque tidak lagi perlu  tapi sudah semacam keharusan seperti contoh di film Matahari Matahari garapan Arifin C Noer. Berminggu-minggu saya bergaul dengan orang bisu tuli bukan sekedar mengetahui cara mereka berkomunikasi tapi juga mengetahui perasaan mereka, jiwa mereka serta gejolak sosial yang mereka rasakan. Dan saya merasa bahagia ketika semua itu saya peroleh..

Demikian di kutip dari Majalah Bulanan Film No. 012 Oktober 1985.

Marissa Grace Haque meninggal pada 2 Oktober 2024, 

Berikut filmmografi Marissa Haque 

1980Kembang Semusim
1981Bawalah Aku Pergi
IQ Jongkok
1982Hukum Karma
Tangkuban Perahu
1983Kamp Tawanan Wanita
Pandawa Lima
1984Jejak Pengantin
Kontraktor
Merindukan Kasih Sayang
Tinggal Landas buat Kekasih
Asmara di Balik Pintu
Gawang Gawat
Saat-Saat yang Indah
Seandainya Aku Boleh Memilih
1985Serpihan Mutiara Retak
Sebening Kaca
Yang Kukuh, Yang Runtuh
Matahari-Matahari
Melintas Badai
1986Biarkan Bulan Itu
Pesona Natalia
1987Penginapan Bu Broto
1988Dia Bukan Bayiku
1989Cinta yang Berlabuh
1990Perasaan Perempuan
Sepondok Dua Cinta

1991Yang Tercinta

HABIS KONTRAK DENGAN SORAYA, SUZANNA SIAP SEDIA JADI PETANI


 Dengan selesainya pembuatan film "Ajian Ratu Laut Kidul" berarti habis pulalah kontrak panjang antara Suzanna dengan PT. Soraya Intercine Films. Produser Raam Soraya berdiplomasi "Kontrak dengan Suzzy memang tidak kami buat lagi, tapi ini sama sekali tak menutup kemungkinan kita akan bekerjasama ladi dimasa mendatang untuk pembuatan film-film lain. 

Ditambahkan kalau pada medio 1992, perusahaannya akan melakukan joint production dengan perusahaan film independent dari Amerika untuk menggarap dua buah film full action. Karena ingin lebih mencurahkan seluruh perhatiannya pada pembuatan film-film tersebut, maka Raam melepas Suzzy. 

Sekitar delapan tahun belakangan ini, diakui Suzzy memang merupakan bintang andalan utama untuk film-film bertema horor mistik. Hampir semua filmnya mendapatkan sambutan memuaskan. Untuk menyebutkan beberapa judul, antaranya adalah "Petualangan Cinta Nyi Blorong", "Ratu Sakti Calon Arang", "Bangunnya Nyi Roro Kidul", "Telaga Angker", "Samson dan Delilah", "Malam Satu Suro", "Malam Jumat Kliwon", "Pusaka Penyebar Maut", dan "Perjanjian di Malam Keramat".

Karena terikat sistem kontrak dan pembuatan film yang berkesinambungan, rata-rata dua judul pertahun inilah , Suzzy tak mungkin bermain dalam produksi perusahaan selain Soraya. Kini apakah ia merasa bebas dan bersedia menerima  tawaran main untuk perusahaan lain? 

"Ndak ah, Mbak Suzzy pikir kepingin istirahat dulu," elak Suzzy seperti ditirukan karyawanuntuk mengundurkan diri dari dunia film nan glamour. Diam-diam merancang kehidupan baru sebagai petani di kawasan adem ayem di Malang. Seperti diketahui, Suzzy memang berasal dari Magelang, di pedalaman jateng. Namun rupanya ia memilih kota dingin yang terkenal dengan apelnya di Jatim itu untuk masa mendatang. 

Bertani tentu saja bukan berarti harus terjun ke sawah berlumpur. Mungkin lebih tepat di sebut berkebun, karena kabarnya Suzzy dan Clift Sangra telah membeli sekian hektar lahan untuk di jadikan proyek perkebunan dan sayur mayur.


Demikian di kutip dari MF No. 155/122 tanggal 13 Juni - 26 Juni 1992


Sunday, September 22, 2024

PERJANJIAN DI MALAM KERAMAT, 75% Suting di Malam Hari


 Asap...!" teriak Sisworo Gautama. Mendengar suara sutradara itu, kontan kru efek mengipas-ngipas bara kayu campur solar di dalam kaleng. Seperti jual sate, tradisional memang, tapi efek asap untuk suasana angker tercapai. Setelah asap terkumpul dan kamera siap "on" pemain belum siap. Pengambilan gambar tertunda lagi. Lawan main Suzanna, Yongky DP masih memperbaiki efek luka di siku tangannya. 

Kameramen F.E.S Tarigan rewel. Ogah dengan tata lampu sembarangan. Dengan teriakan kecil dia menyentakkan penata lampu, " Lampunya Yang benar dong!". Richard Tarigan segera mengarahkan lampu untuk mencapai keinginan kameramen. "Aduh!" Melamuri minyak saja harus disuruh. Pakai inisatif dong, " ujar kameramen setelah mengintip kameranya. Asisten Juru Make Up yang melakukan pekerjaan itu jadi grogi. "Kru kita selalu menunggu perintah. Kayaknya ndak ada inisatif," bisiknya . 

"Film ini tidak hanya mengandalkan cerita, tapi juga trik. Akibatnya kamu harus teliti supaya mengena dan dapat membuat penonton takut, "Kilah Kameramen.

"Kemaren aja untuk trik menghabiskan waktu tiga jam untuk satu shot," ujar Suzanna menambahkan. Untuk menghemat waktu tidak ada jam tersia sia. Begitu selesai shot, langsung siap dengan shot lain. Untuk break makan waktu hanya disediakan setengah jam, menu bubur-buburan serta kopi dengan persediaan sampai pagi. 

Secara keseluruhan suting malam itu berjalan lancar dan mulus meski malam-malam sebelumnya  nyaris setiap hari begadang di lokasi. Wajah artis dan kru kuyu, tapi semangat masih menyala-nyala. Malam semakin larut, embun dini hari turun, membuat suasana begitu dingin. Untuk menghindari rasa kantuk, Suzanna banyak becanda, atau sesekali rebahan di dalam mobil jeep di dampingi Clieft Sangra. 

Suasana tanah kosong milik Pemda DKI, di persimpangan Halim dan DI Panjaitan Jakarta Timur masih semarak, meski warga Jakarta lelap dalam tidurnya. Dari kejauhan nyala lampu kelihatan indah, terkadang secara tak sengaja ingin membelah angkasa. Di pojok lain, sekelompok penata artistik beratap tenda plastik, sejak sore bekerja membuat boneka dan lain-lain keperluan suting. Dengan derap yang sama semua kru ingin segera menyelesaikan tugak secepatnya. 

Sisworo sebagai panglima suting, cekatan mengkomandoi. Ada rasa terburu-buru, boleh jadi juga jadwal suting telah diatur oleh produser. Sutradara yang baik harus punya kiat, idealis film perlu. Kedua unsur itu agaknya membuat sutradara film Perjanjian di malam keramat ini kerja mati-matian.

Produksi Soraya Intercine Film ini tidaklah begitu baru dalam ide. Karena penggarapannya serius, boboleh jadi film ini akan menjadi tontonan menarik. Dan pihak sutradara ada usaha, di samping pelakon dalam film ini merupakan artis handal untuk tema horor. Suzanna, Piet Pagau, Clift Sangra, Yenny Farida, Tino Karno, Rengga Takengon, Alex Bernard, Anita Anjani, Yongky DP dan Syarif Friyan. - Demikian di kutip dari MF No. 131/98 tanggal 6 Juli sd 19 Juli 1991

TUTUR TINULAR II, Etnik Jawa Bergaya Mandarin


Hadirnya tenaga asing dalam pembuatan Film di Indonesia di satu sisi memang berdampak positif, tapi disisi lain juga sangat merugikan. Mekanisme kerja, ketrampilan dan pengenalan peralatan suting yang lebih modern, merupakan dampak positif yang kita peroleh. 

Sisi lain, biasanya, tenaga asing itu memperoleh bayaran dan fasilitas lebih baik dibandingkan  karyawan film dalam negeri sendiri. Hal semacam ini sering menimbulkan iri hati. Akibatnya hasil kerja maksimal tidak tercapai. 

Contoh film buata Indonesia yang banyak melibatkan tenaga asing antara lain Babad Tanah Leluhur, tutur Tinular I dan Tutur Tinular II, yang merupakan produksi PT. Kanta Indah Film. Film tersebut melibatkan tenaga asing dari Hongkong. 

Dengan Wewenangnya sebagai penata kelahi (fighting director), karyawan impor itu dapat leluasa menjejalkan gaya (budaya) negerinya. Kalau sebalam ini masyarakat mungkin terpengaruh dari film Mandarin yang dimainkan orang Hongkong, tapi sekarang budaya tersebut  orang kita sendiri yang menampilkannya. Akibatnya lebih mudah di serap masyarakat (anak-anak) kita.

Tutur Tinular II yang seluruh lokasi sutingnya di kota Gudeng Yogyakarta, contoh etnik Jawa yang bergaya Mandarin. Kenapa? karena film tersebut penata kelahinya diperjayakan pada Lo Hua Keung, tenaga impor dari Hongkong. 

Menurut beberapa karyawan yang terlibat dalam produksi tersebut, da kecenderungan pekerjaan - tugas sutradara kita dirampas tenaga asing itu. Namun demikian kata mereka pula, Abdul Kadir Sutradara Tutur Tinular II cukup bersabar menghadapi Lam Chitai (Stunt asisten fighting), Yu Kiutung (sling supervisor), Ho Hon Chow (special effect) Lo Hua Keung, Tong Puiching (lighting animasi supervisor) dan Cheng Yee (fighting Supervisor) yang akan merampas wewenangnya. 

Kadir yang mengawali profesinya sebagai sutradara dengan film laga Pendekar Cabe Rawit, tetap berusaha menempatkan dirinya sebagai Komandan. Toleransi begitu menurutnya, kadang memang diberikan. Sebab para tenaga asing itu bekerja di bayar mahal oleh produser. 

Sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas apa yang muncul di layar perak nanti, Abdul Kadir tetap berusha menampilkan cerita secara utuh dengan etnik Jawa sebagai latar belakangnya. Namun demikian, iapun sadar kehadiran tenaga-tenaga asing tersebut akan mengurangi keutuhannya. - demikian dikutip dari MF No. 131/98 tanggal 6 Juli s/d 19 Juli 1991.

Thursday, September 12, 2024

DIBALIK GEMPITA, AKHIRNYA INILAH SAUR SEPUH ITU


 Kesempatan memang menjadi milik orang yang gesit. Drama radio "Saur Sepuh" yang diudarakan lewat 250 stasiun radi di berbagai wilayah di Indonesia tiba-tiba seperti melahirkan fenomena tersendiri. 

Para pendukung sandiwara ini, yang cuma suaranya saja yang dikenal, lalu lebih didekatkan dengan penggemar yang selalu membludag lewat hiburan panggung. Lalu muncul nama-nama populer macam Elly Ermawati, Ferry Fadly, atau Novia Kolopaking, "dinasti" saur sepuh perdana. Kepopuleran drama "Saur Sepuh" yang diudarakan mulai Februari 1984 ini, tercium juga bau komersialnya oleh orang film. 

Syahdan beberapa produser, tanpa kencanpun mulai mengontak Kalbe Farma, perusahaan farmasi yang punya hak milik "Saur Sepuh". Ada Tobali Film, Garuda Film serta Inem Film. Dari penjajagan dengan mereka, pihak Kalbe nampaknya lebih condong memilih Garuda Film. Tapi menghubungi produser Garuda tak mudah. Apalagi waktu itu Hendrick Gozali (Pemilik garuda film) pergi ke Hongkong. Sejak itu putus kontak Kalbe dan Garuda.

Produser lain, Kanta Indah Film adu nasib, menghubungi Kalbe dengan memutarkan film-film silat yang pernah di produksi macam "Kelabang Seribu", "Mandala", "Pendekar Ksatria" dan lainnya. Kalbe berubah pikiran melihat kesungguhan Kanta dan Imam. "Baik, Kalbe setuju asal yang menyutradarai Imam Tantowi", ujar pihak Kalbe. 

Tobali Film tak mau kalah. Ia tawarkan uang "beli" Saur Sepuh sebanyak Rp . 50 juga. Tapi mana Kalbe, yang telah keluarkan duit Rp. 5 Milyar untuk radio Saur Sepuh, menganggap uang segitu berharga. 

Bahkan kepada Kanta Film, Kalbe menjanjikan kalau film Saur Sepuh nanti jadi dibuat dan Kanta kekurangan duit, Kalbe akan bantu. "Dari kami  syaratnya cuma satu, bikin film Saur Sepuh sebagus mungkin, " ujar A.O Handriyono, Asisten Manager Marketing Kalbe Farma di mobil pribadinya saat suting di Lampung kepada Majalah Film. 

Semula Kanta menganggarkan film ini kelak cuma menghabiskan Rp. 700juta. Tapi sampai suting terakhir di Pusat Latihan Gajah Way Kambas Lampung, telah menghabiskan Rp. 800 juta.Dan ini tak jadi masalah. Sebab menurut orang terpercaya Kalbe, pihaknya juga membantu finansial pada Kanta Film. 

"Soal besarnya itu rahasia perusahaan," ucapnya. Bagi kami keuntungan dari film ini tak jadi masalah benar. Kalau masyarakat puas, kamu pun cukup puas," tuturnya dalam gaya di promasi seorang bisnis.

Maka Kantapun lalu menghubungi para pemain Saur Sepuh diantaranya Ferry Fadly, dan Elly Ermawati. Namun Ferry Fadly yang sudah dikontrak Kanta , menurut Fadly, sengaja dipermainkan pihak Kanta, Lantaran Saur Sepuh belum mulai juga saat Ferry dikontrak 4 bulan lalu. 

Dan Tobali Film masuk mencoba membujuk Ferry agar menyeberang ke pihaknya untuk bikin film Saur Sepuh. Maka muncul Saur Sepuh lain kalau tak mau di sebut "palsu". Gembar gemborpun mulai. Orang bingung Saur Sepuh model apa ini. Pihak Kalbe perlu turun tangan. Lewat iklan di koran, mereka memberitahu bahwa hak perfilman Saur Sepuh hanya diberikan pada Kanta Indah Film. Sejak itu Tobali nyerah lalu merombak skenario Saur Sepuh menjadi Brahmana Manggala.

Tobali ngebut produksi. Bahkan sebelum Saur Sepuh selesai suting pada 25 Juli ini, Film Brahmana Manggala sudah beredar. Celakanya beberapa distributor dan pihak gedung bioskop mulai nakal dengan menyebut inilah film Saur Sepuh. 

Tentu saja Kanta atau Sutradara Imam Tantowi yang namanya dibawa-bawa jadi keki, meski tak mau berbuat banyak.  "Akhirnya toh orang tahu bahwa film itu bukan Saur Sepuh," Ujar Tantowi. Hal ini juga diakui oleh Kalbe sendiri yang melihat iklan menyesatkan tentang film Brahmana Manggala di beberapa daerah. 

Sebuah kesempatan telah terlewati sudah. Dan Kanta Film plus Imam Tantowi telah menyergapnya. Tinggal kini menguji sejauh mana kesempatan kolosal ini dimanfaatkan dan diolah untuk diuji oleh masyarakat yang kadung demen sama Saur Sepuh. 

Dan ini benar-benar tantangan seharga Rp. 1,2 Milyar. Sebab pihak Kalbe juga memberi syarat bahwa film ini harus dipromosikan secara besar-besaran dengan pesan sponsor perusahaan obat ini, tentu saja. 

Dan kesempatan ini terjadi setelah nanti, Film Saur Sepuh dengan Elly Ermawati diedarkan serentak dengan 80 kopi pada 1 September 1988 untuk saru sepuh jilid I dan dilanjutkan Saur Sepuh jilid II (yang belum dibuat) dan direncanakan beredar 25 Desember, itupun kalau jadi lho ya!.


Demikian di tulis ulang dari artikel Sisipan Majalah Film No. 056/24 tanggal 20 Agustus sd 2 September 1988.



 


Tuesday, September 10, 2024

ALAM RENGGA SURAWIDJAYA, AKTOR DAN SUTRADARA FILM


 ALAM RENGGA SURAWIDJAYA atau lebih di kenal dengan Alam Surawidjaya memiliki nama lengkap Alam Rengga Rasiwan Kobar Surawidjaya, lahir di Sindang Laut Cirebon, 24 Desember 1924. Lepas dari sekolah Menengah Teknik Tinggi, ia belajar akting di "Cine Drama Institut" di Yogya pada masa revolusi. Sebelum ke film, Alam aktif main drama panggung dan menjadi sutradara grup "Reaksi Seni" Yogya disamping menyelenggarakan acara Sastra di RRI setempat. Sosoknya yang sederhana, namun siapa sangka karyanya banyak sekali baik sebagai pemain maupun sutradara film.


Terjun ke film sebagai Asisten Sutradara "Taufan" (1952) dan menjadi sutradara penuh untuk film "Manusia Suci" (1956). Ia di kenal sebagai sutradara spesialis pembuat film perang, walaupun ia menolak gelar itu dan mampu membuat film jenis lain seperti ia buktikan dengan "Nyi Ronggeng" (1970).

Alam di kenal sebagai sineas yang punya dedikasi tinggi dan gigih dalam berkarya. Ia sempat menjadi Anggota Dewan Film Nasional, Ketua Kine Klub DKJ, dan dengan istrinya Deliana Surawidjaya, ia pun membina anak-anak lewat perkumpulan sandiwara "Kak Yana".
Alam Surawidjaya tidak saja terkenal sebagai Sineas, tetapi ia pun sering tampil sebagai pemain seperti dalam film "Menyusuri Jejak berdarah" (1967), "Si Bongkok" (1972), "Cinta Pertama" (1973), Dimana Kau Ibu (1973), "Perkawinan Dalam Semusim" (1977), "Matinya Seorang Bidadari", "Perawan Buta" dan permainannya yang sangat menonjol dan mendapat sambutan dalam film "Si Buta Dari Goa Hantu".

Dalam menangani setiap filmnya, Alam selalu sungguh-sungguh dan sangat hati-hati, karena itulah ia tidak terlalu produktif. Hasil karyanya yang menarikyaitu "Daerah Tak Bertuan" (1963), "Perawan di Sektor Selatan" (1972), "Bandung Lautan Api " (1975) dan "Janur Kuning" (1979).

Anak Lurah yang punya saudara 13 orang ini, juga membuat film-film Dokumenter, antara lain : "Keluarga Berencana", "Wayang Golek", "Bursa Efek Efek", dll. Oleh karena Serangan penyakit jantung, Sutradara yang tak ada duanya dalam soal film perang ini menghembuskan nafas yang terakhir hari Senin dinihari tanggal 12 Mei 1980 di ruang ICCU RS Ciptomangunkusumo.

Sumber : Buku FFI 1985

Dikutip dari wikipedia, berikut film-film yang pernah di bintangi maupun yang di sutradarai oleh Alam Surawidjaya

SEBAGAI AKTOR
Taufan (1952)
Si Djimat (1960)
Suzie (1966)
Mendjusuri Djejak Berdarah (1967)
Si Buta dari Gua Hantu (1970)
awan Djingga (1970)
Perawan Buta (1971)
Banteng Betawai (1971)
Kabut Kintamani (1972)
Si Bongkok (1972)
Flamboyan (1972)
Pemburu Mayat (1972)
Anjing-Anjing Geladak (1972)
Tabah Sampai Akhir (1973)
Pencopet (1973)
Dimana Kau Ibu (1973)
Si Rano (1973)
Rio anaku (1973)
Si Mamad (1974)
Cinta Remaja (1974)
Lupa Daratan (1975)
Jinak Jinak Merpati (1975)
Wulan Di Sarang Penculik (1975)
Anak Emas (1976)
Perkawinan Dalam Semusim (1976)
Christina (1977)
Pembalasan Si Pitung (1977)
Istriku Sayang Istriku Malang (1977)
Ridho Allah (1977)
Pahitnya Cinta Manisnya Dosa (1978)

SEBAGAI SUTRADARA
Manusia Sutji (1955)
Detik detik Revolusi (1959)
Kenangan Revolusi (1960)
Sehelai Merah Putih (1960)
Sipendek dan Sri Panggung (1960)
Daerah Tak Bertuan (1963)
Ekspedisi Terakhir (1964)
Luka Tiga Kali (1965)
Cheque AA (1966)
Nyi Ronggeng (1969)
Perawan di Sektor Selatan (1971)
Bandung Lautan Api (1974)
Janur Kuning (1979)

SEPENGGAL KISAH ARIE HANGGARA


 SUATU siang di awal bulan November 1984, seorang lelaki berusia 36 tahun berdiri di dekat makam di daerah Jeruk Purut Jakarta. Lelaki itu nampak begitu pepat oleh duka penyesalan dalam seluruh sikap dan penampilannya. 

Lelaki itu adalah Tino Ridwan, yang dengan suara tersendat mengakui kesalahannya di makam Arieyanto, anaknya lelaki yang meninggal di tangannya sendiri, Penyesalan yang terlambat, yang membuat gondok tapi sekaligus juga menyadarkan akan bentuk pendidikan yang di tetapkan kepada anak-anaknya. Ia menghendaki anaknya hidup jujur, tidak berdusta, penurut, yang dalam pandangannya nanti akan membawa kepada kebahagiaan. Setidaknya bukan seperti yang dialami: tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya karena ditinggal bercerai, dan tak bisa menemukan pekerjaan tetap. Tino begitu menjunjung harga diri akan tetapi ia sendiri bukan contoh yang baik. Hidupnya tergantung kepada seorang perempuan yang menjadi istri keduanya , Yanti.

Yanti sendiri tak habis penyesalannya. Ia adalah ibu tiri yang turut membesarkan Arieyanto, dan kakak Arie yaitu Anggie serta adik Arie yaitu Andi. Ditangan ketiga bocak kecil inilah, Yanti yang belum pernah melahirkan anak kandung berusaha menempatkan diri sebagai ibu yang baik. Ia bekerja di suatu perusahaan yang cukup memberinya penghasilan, ia masih kursus untuk meningkatkan karir yang juga berarti penghidupan keluarganya yang lebih baik. Tapi ia juga disibukkan oleh pekerjaan harian dan masalah rumah tangga yang dibina dengan Tino. Satu-satunya restu yang di berikan oleh Ibu Tino belum terlaksana dalam bentuk pernikahaan resmi, ketika Ibunya Tino meninggal karena di tabrak vespa. 

Ia begitu getun menyesal, yang dalam, karena ketika penyiksaan Arieyanto, ia tak berusaha mencegah sekuat tenaganya. Ia sendiri menjadi jengkel justru karena Arieyanto seperti memperlihatkan sikap menentang ketika di temukan uang dalam tas sekolahnya. Penyesalan Yanti terutama karena justru sebagai seorang wanita yang mengenal anak-anaknya, pada saat yang kritis justru melupakan. 

Di makam itu pula Liana terguguk. Airmata ibu kandung Arieyanto ini seperti mengering karena semuanya telah tuntas mengalir. Ia sadar andai dulu Arieyanto masih bersamanya, hal itu tak akan terjadi. Tetapi ketika Arieyanto masih kecil, ia menyerahkan kepada bekas suaminya Tino Ridwan. Karena ia tak mampu menghidupi, karena tak tahan dengan tudingan keluarga dan masyarakat bahwa dirinya disia-siakan oleh Tino Ridwan.

Kisah Arieyanto adalah kisah tragis. Justru di saat kasih sayang ingin dicurahkan, justru ketika kecujuran ingin di tegakkan, yang terjadi adalah hasil buruk. Rumah tangga Liana - Tino Ridwan ruwet, Masalah ekonomi dan penyesuaian diri. 

itulah sepenggal kisah dari ARIE HANGGARA yang diangkat ke layar lebar melalui skenario Arswendo Atmowiloto dengan sutradara Frank Rorimpandey dan merupakan produksi PT. Manggala Perkasa Film. 


Sumber : Ria Film No. 615